ABS Ninja 250 Fi masih bisa rem blong?

Sempet kaget sebenarnya, seorang teman share tentang ninja 250 fi nya yang ABS. Ceritanya begini, teman saya, mas Gatot, pernah share di whatsapp group bahwa dia mengalami trouble pengereman saat perjalanan ke kawah putih. Dalam hati saya “ah biasa, pasti belum ganti selang rem braided..” tapi wait wait… setelah diperhatikan ternyata motornya ninja 250 fi yang abs. Kok bisa?

motornya om gatot

motornya om gatot

Berikut curhatnya

rem blong


wa2 wa3
rem blong

Well kok bisa ya? Sedangkan untuk di CBR250R versi ABS sepertinya tidak ada masalah. Riset punya riset baca dari blognya kang taufik sepertinya perbedaan mendasar berada pada combibrake pada ABS CBR250R, sedangkan untuk ABS Ninja 250 FI tidak menggunakan combibrake.

schema combi brake pada cbr 250r sumber tmcblog.com

Combi brake fungsinya mengkombinasikan pengereman depan dan belakang dengan hanya menekan tuas rem belakang saja (CMIIW).  Otomatis beban pengereman terbagi antara rem depan dan belakang, sehingga kerja rem belakang lebih ringan kerjanya. Hal ini meminimalisasikan panas berlebih pada sistem rem belakang sehingga tidak terjadi gejala ngeblong karena kepanasan.

Sayangnya di Ninja 250 ABS version tidak punya fitur seperti ini. Pertanyaannya…. bagaimana cara ganti selang rem untuk ABS? Bisa gak ya? Sekian dulu analisa ngawur versi saya :D

About these ads

4 responses to “ABS Ninja 250 Fi masih bisa rem blong?

  1. itu kemungkinan karena overheat, sehingga sifat fisik oli rem berubah dan rem menjadi blong. Tiap kali touring apalagi medannya naik turun saya mesti ngeliat ada saja temen yang ngalami.
    Salah satu penyebabnya adalah posisi kaki kanan yang sering tidak sengaja menyentuh rem saat bermanuver terutama kalau sudah ganti footpeg.
    Cara mengatasinya salah satunya adalah membiasakan memparkir kaki kanan diatas footpeg agak keluar.
    Ganti selang rem bisa saja, tapi kebiasaan tersentuh pedal rem tetap beresiko.

  2. bisa bro,qlu maw ganti selang rem ninja abs beli yg khusus ninja abs,tp qlu uda merek hel apa wr 3 tinggal pasang cuma harus beli 4 biji,2 dpn,2 blkng,itu setau saya,karena sya ganti :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s