Review Lampu LED RTD 3 Sisi di Mio M3

Selamat malam. Setelah 1 tahunan akhirnya lampu LED saya bermasalah dan harus diganti. Kebetulan saat baca baca blog yang dulu saya pernah post, dulu ada pembaca yang memberi tahu tipe lampu terbaru dari LED RTD yang disinyalir lebih terang dari led 6 sisi yang pernah saya post itu disini.

Led RTD 3 sisi M 02G tipe terbaru

Led RTD 3 sisi M 02G tipe terbaru

Langsung saja saya beli seharga 185rb rupiah di bukalapak.com. Memang sekilas watt yang dibutuhkan lebih besar. Asumsinya memang lebih terang.

perbandingan tipe led

perbandingan tipe led

Perbandingan fisik sih terlihat jelas bahwa lampu yang 3 sisi ini lebih slim, terdapat 2 buah led di satu sisi permukaannya, yang kotak dan yang bulat. Yang bulat itu warnanya merah saat menyala. Kenapa musti merah? Biar meriah kali ya

perbandingan fan

perbandingan fan

Untuk fan lampu di seri yang terbaru (led 3 sisi) lebih rapih dan tertutup. Sebelumnya (led 6 sisi) berbahan logam untuk casing fan nya, kalau yang baru sih full plastik.  Untuk pemasangan tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya (led 6 sisi), tinggal disesuaikan kabelnya, lalu diganti terminalnya ke kabel lampu yang baru. Kali ini saya foto jadi biar lebih jelas..socket-lampu terminal-lampu

Jangan lupa sambungan dibikin patent, untuk hal ini saya solder bagian kabel dengan terminal agar sambungannya kuat. Hal ini untuk mencegah kabel putus nyambung juga dengan terminal sih.

setelan lampu juga masih ada

setelan lampu juga masih ada

Oh ya, setelan lampu juga masih ada lho. Tapi untuk Mio M3 gak perlu disetel setel lagi, karena cahaya sudah fokus dengan setelan standardnya. Tinggal dipasang deh.tinggal-pasang dilihat-dari-depan

Tinggal ceplok saja ke rumah lampu. Kali ini per penahannya pun juga bisa terpasang. Untuk driver lednya karena lebih panjang dibanding sebelumnya, akhirnya saya lem saja menggunakan lem tembak biar paten

dilem tembak

dilem tembak

hasilnya seperti ini nih

tinggal dirakit aja

tinggal dirakit aja

Maklumin ya agak berantakan hehe. Setelah dirakit dan dites, terangnya memang lebih terang dibanding lampu led RTD 6 sisi. Gak nyesel deh masangnyawhatsapp-image-2016-08-13-at-7-23-34-pm whatsapp-image-2016-08-13-at-7-23-22-pm

sekian dulu ah

DIY: MODIF EXTERNAL MIC SJCAM SJ5000 WIFI – PART 2

Oke, hari ini kita bahas lanjutan artikel sebelumnnya ya. Setelah semuanya terlepas, ada 2 hal yang kita musti perhatikan untuk memasang external mic pada SJCAM ini. Yang pertama adalah jack untuk external mic & internal mic. Yang kedua adalah lokasi lubang untuk jack external mic ini. Bahan bahan yang saya gunakan adalah dari bekas head set handphone yang murah murah.

pilihan socket jack untuk mic

pilihan socket jack untuk mic

Sebenarnya kalau tidak punya bekas headset handphone sih bisa menggunakan socket jack 3.5mm biasa, namun pastikan ukurannya kecil ya

ukurannya yang kecil karena spacenya sedikit

ukurannya yang kecil karena spacenya sedikit

IMG_5195

Nah selanjutnya adalah mencari posisi lubang yang ideal. Setelah yakin posisinya, tinggal ditandai dan dilubangi menggunakan solder

lubangi body untuk mic

lubangi body untuk mic

jangan lupa untuk melepaskan semua elektronik yang ada sebelum melubangi body ya. Sudah selesai melubangi, tinggal mencopot bagian mic pada mainboard sjcam sj5000 lalu meninstall socket mic & mic bawaan dari copotan headset handphone tadi.

pasang ya

pasang ya

jangan lupa kabel yang dipasang mohon pastikan yang kecil sekecil kecilnya, dikarenakan  space yang tidak banyak. Kali ini saya menggunakan kabel bekas kabel jaringan haha.. Nextnya tinggal dirakit deh ke lubang socket mic yang tadi kita buat

soket mic dipasang di dudukan mic

soket mic dipasang di dudukan mic

Rakit kembali pasang dudukan baterai.

dudukan baterai dipasang

dudukan baterai dipasang

agar kuat perlu ditambahkan dengan gluegun diselah antara socket dan dudukan baterai. Karena si socket akan terkena gaya dorong dan tarik dari jack mic nantinya. Biar gak gampang copot.

tambahkan glue gun

tambahkan glue gun

IMG_5207

tunggu kering dan tinggal rakit lagi deh…untungnya socket tambahan ini tidak terlalu menonjol keluar, jadi casing underwaternya masih bisa dipakai. Oke lah sekian dulu

casing underwater masih bisa

casing underwater masih bisa

DIY: Modif External Mic SJCAM SJ5000 Wifi – Part 1

Selamat malam. Apa kabar? Kali ini saya ingin membahas tentang modif modif dikit action cam yang saya miliki yaitu SJCAM SJ5000 Wifi. Kebetulan memang juga ni kamera sudah sering banget nganggur gak ngapa ngapain. Mau dibikin helmet mount n motovlog sebenernya boleh juga. Tapi kalo motovlog biasanya orang orang sambil ngoceh dijalan pastinya perlu external mic. Karena alasan itulah saya mencoba untuk menambahkan external mic socket 3.5mm pada SJCAM SJ5000 Wifi saya hehe..

SJCAM SJ5000 Wifi

SJCAM SJ5000 Wifi

Step 1: keluarkan baterai dan microSD dari SJCAM yang mau dioprek.

kenapa sih musti dikeluarin? Nomor satu, kita menghindari kontak listrik yang tidak diharapkan. Nomor dua kita mau buka cover atasnya, lebih gampang baterainya dikeluarin dulu😀

Step 2: buka dan copot cover depan

cover depan tercopot

cover depan tercopot

Caranya tinggal menarik dengan perlahan cover depannya dari celah baterai yang kita keluarkan tadi. Bisa juga menggunakan obeng pipih kecil.

Step 3: copot cover LCD di bagian belakang

Gunakan obeng pipih kecil

Gunakan obeng pipih kecil

caranya gunakan obeng pipih kecil yang paling kecil. Tusuk di celah antara body dan cover LCD lalu cungkil dengan perlahan dan merata. Mohon melakukannya dengan gentle ya biar gak patah😀

cover LCD terlepas

cover LCD terlepas

Setelah terlepas, disimpan yah part part tersebut.

Step 4: copot LCD Screen

baut penahan kerangka LCD

baut penahan kerangka LCD

setelah kita copot cover LCD maka terlihat terdapat 2 baut dipojok dekat dengan colokan microSD. Lepaskan kedua baut dengan obeng pipih yang tadi, lalu disimpan ya bautnya.

LCD Screen terlihat

LCD Screen terlihat

Setelah baut dicopot, maka kita harus melepaskan kerangka LCD screen dengan mencungkil menggunakan obeng pipih kecil tadi. Lakukan dengan gentle juga agar tidak patah. Maklum ya bahannya plastik sih.

LCD terekspos

LCD Screen terekspos

Nah setelah itu, LCD Screen kita keluarkan dengan perlahan. Namun musti diingat LCD Screen menggunakan kabel flexible yang tersabung dengan mainboard SCJAM SJ5000 Wifi, oleh sebab itu konektornya harus dicopot terlebih dahulu.

konektor LCD Screen

konektor LCD Screen

Bagian sambungan yang berwarna hitam dan putih, dikedua ujungnya (kanan dan kiri) dicungkil hingga mekanisme pengunciannya melonggar. Setelah itukabel flexibel LCD Screen bisa dilepaskan.

setelah LCD Screen terlepas

setelah LCD Screen terlepas

Setelah kita melepas LCD Screen terlihat jelas prosesor untuk SJCAM SJ5000 Wifi ini, yaitu Novatech.

Step 5: buka cover logam bagian depan

bagian depan

cover logam

Cukup lepaskan 5 baut yang tertera dicover logam tersebut. Lalu lepaskan perlahan dengan mendorong dari tempat baterai, seperti gambar di bawah

lepaskan perlahan dari tempat baterai

lepaskan perlahan dari tempat baterai

Harus dengan perlahan ya, karena ada kabel yang tak bisa kita lepas.IMG_5174Step 6: Lepaskan tempat baterai

Nah ini cukup tricky part, ada 3 baut yang dipakai untuk tempat baterai, namun yang terlihat umumnya hanya 2.

dua baut dibawah

dua baut dibawah

baut ketiga posisinya di atas, seperti foto di bawah ini

baut ke tiga

baut ke tiga

Nah setelah ketiga baut tersebut dikendurkan, tinggal dicabut tempat baterainya dengan perlahan dikarenakan adanya pcb tombol dan speaker di dalamnya.

ada pcb tombol

ada pcb tombol

untuk pcb tombol dan speaker tidak dicopot ya.

Step 7:  Copot pcb lensaIMG_5183

Lensa SJCAM SJ5000 Wifi ini ada di pcb tersendiri, dan diikat dengan 2 baut dipojok kanan. Tinggal dilepas aja bautnya lalu ditarik dengan perlahan untuk melepas PCB Lensa nya.

lensa terlepas

lensa terlepas

Step 8:  Copot pcb mainboard

Nah setelah itu tinggal pcb mainboard saja dilepaskan dengan dorongan perlahan.

terlepas semua

terlepas semua

Nah berikutnya adalah kita akan mengganti mic yang terinstall dengan model socket.

mic di pcb mainboard

mic di pcb mainboard

Namun pembahasannya nanti dilanjutkan di part 2 ya

Review Epyon Gundam Dragon Momoko Master Grade – Part 1

Namanya juga liburan lebaran. Tahun ini liburan lebarannya memang agak agak panjang. Hampir semingguan lebih lho, asik kan? Tapi berhubung saya tidak kemana mana karena kehadiran sang buah hati, akhirnya saya buka juga lah simpanan gundam saya yaitu Epyon Gundam Dragon Momoko.

epyon gundam dragon momoko

epyon gundam dragon momoko

Kalau tidak salah sih si Epyon ini adalah musuh nya si gundam wing zero. Doi bisa bertransformasi dari bentuk robot Gundam, menjadi robot naga. Gak penting sih ya, tapi ya series Gundam Wing ini dulu sempet diputerin di Indosiar walaupun saya dulu pas kecil gak ngerti ngerti amat. Tapi ya keren aja gitu hahaha. Oke kita liat isinya

part part didalamnya + buku panduan

part part didalamnya + buku panduan

Kualitas plastik sih sepertinya lumayan ok, gak keliatan murahan banget, walaupun memang murah sih. Untuk warna juga tampak akur dengan gambarnya. Oke mari kita rakit.

bagian top up

bagian top up

Untuk perakitan sesuai standar perakitan Gunpla memang kita merakit tubuh bagian atas dulu. Bagian badan dan kepala, dilanjutkan dengan bagian tangan. Proses ini memakan waktu 1-2 jam santai. Kualitas plastik dan kepresisian modling saat perakitan memang menjadi faktor penting agar perakit tidak mengalami kesulitan saat menyambungkan part part plastik menjadi suatu bentuk tertentu.

bagian top down

bagian top down

Nah setelah itu kita diarahkan untuk membuat bagian bawah yaitu pinggang dan kaki. Kalau bagian bawah ini cenderung perakitannya lebih banyak repetisi 2x, dikarenakan yang dirakit kanan dan kiri. Proses ini memakan waktu kira kira 2-3 jam dikarenakan agak butuh konsentrasi yang tinggi saat merakit engsel kakinya. Setelah jadi kita bisa gabungkan keduanya menjadi satu bentuk yang terlihat gundam banget.

epyon... tapi belum sama sayap

epyon… tapi belum sama sayap

si Epyon akhirnya jadi juga setengah jalan. Nextnya adalah merakit bagian sayap..dan persenjataannya. Dibahas berikutnya ya…soalnya belum selesai untuk sayapnnya😛

DIY: Algae Turf Scrubber Sederhana – Part 1

Algae Turf Scrubber (ATS) merupakan salah satu metode penyaringan dalam aquarium. Maklum saja ekosistem di dalam aquarium perlu banget diperhatikan kualitas airnya. Unsur unsur tak terlihat, seperti phospate, nitrat, dan amonia jika berlebih akan membahayakan biota di dalam aquarium. Fungsi ATS ini adalah menciptakan environtment yang ditumbuhi algae untuk mengkonsumsi unsur unsur tak terlihat tersebut.

schema perakitan ATS

schema perakitan ATS

Konsepnya adalah kita harus memadukan antara cahaya, jaring jaring, dan turbulensi air dan udara di dalam suatu ruang tertutup. Sepertinya ribet ya dan harus niat banget bikinnya hahaha😛. Maklum saja karena saya orangnya pemalas, dan mau yang praktis praktis saja, akhirnya saya mencoba membuatnya dengan simple. Siapa tau kan bekerja.

Step 1: Cari wadah untuk ATS

Nah ATS yang saya ingin bangun rencananya akan berada diluar tank, agar tidak makan space di dalam aquarium saya sih. Paling logis adalah menggunakan hang on filter yang transparant, agar lamu dan kelistrikan nanti tidak mengganggu air yang ada.

filter hang on 703

filter hang on 703

Akhirnya pilihan dijatuhkan kepada filter hang on jebo 703, dikarenakan body nya yang semi transparant. Asumsinya cahaya dari luar body bisa masuk kedalam. Selain itu sudah dilengkapi pompa, untuk turbulensi air dan udara harusnya sih bisa terjawab ya. Plus media filter untuk tempat algae tumbuh pun tampaknya sudah mumpuni menggunakan filter standar untuk Jebo hang on 703 ini.

Step 2: Lighting lighting

Berhubung saya punya emergency lamp yang rusak dan tidak terpakai, saya coba utak utik pencahayaan menggunakan led emergency lamp itu. Dengan asumsi 6500K jenis cahayanya. Sebenarnya ini lebih cocok ke algae air tawar ya. Tapi coba dulu saja ah

pakai led ini sementara

pakai led ini sementara

Ya memang lampu tersebut dibongkar dan ditempelkan di luar filter hangonnya, hanya diambil pcb led nya saja. Untuk source daya saya gunakan bekas charger handphone lama hehe

filter + led di luar

filter + led di luar

tampilannya seperti foto di atas.

Nah setelah kedua step diatas dilakukan, selanjutnya adalah memasang filter untuk tempat tumbuhnya algae

filter masih polos

filter masih polos

dan tinggal ditunggu saja perkembangannya 1 bulan kemudian, dengan catatan, lampu tidak boleh dimatikan ya 24 jam

panen 1 bulan

panen 1 bulan

setelah sebulan, hasil panen algaenya adalah seperti ini. Lumayan juga…ya😀 Tapi masih ada yang bingung sih, kok algaenya modelnya jarum jarum gitu ya, bukan kaya lembaran lembaran kaya bule bule disana😛

Pasang Cakram Lebar Mio M3

Selamat siang. Cuaca hari ini panas banget ya. Hari ini saya mau update mengenai hasil keisengan saya beberapa minggu lalu. Cakram lebar sebenarnya memang sudah banyak diaplikasikan di sepeda motor ber cc kecil sejak beberapa tahun lalu. Alasan “biar tampilan keren kaya moge”, “biar pengereman makin ciet” adalah lumrah untuk jajan cakram lebar😛

cakram depan terkikis

cakram depan terkikis

Tapi kebetulan karena cakram depan saya mulai terkikis, mungkin memang saatnya untuk ganti cakram, sekalian aja cakram yang lebih besar hahaha. Tapi permasalahannya produk cakram besar khusus untuk Mio M3 yang pnp tampaknya belum dijual dipasaran. Alhasil saya mencoba dengan cakram lebar untuk Mio J yang notabene lubang dudukan baut cakramnya juga 3 lubang saja.

cakram lebar Mio J

cakram lebar Mio J

Merknya bermacam macam, namun jangan salah pilih ya. Cari yang brecketnya lebih mundur, karena kalo brecketnya kecil, kaliper gak bisa dipasang dengan benar nantinya. Ujung ujungnya kebeli dua deh.

brecketnya lebih mundur

brecketnya lebih mundur

“Brecketnya Mio J pnp memangnya dengan Mio M3 om?”, FYI tabung shock depan Mio J dan Mio M3 sama persis, namun kalipernya tampaknya berbeda. Oke lah kita tinggal copot aja disk brake lama dengan kunci L…. Kalau belum pernah dibuka, disarankan dibukanya di bengkel resmi saja, karena bautnya masih ada lemnya jadi susah dibuka

copot cakram lama

copot cakram lama

dan lansung saja pasang cakram baru ke velg nya beserta breket dll

terpasang

Cakram baru terpasang pnp

Nah jadi lebih keren tampilannya kan? Nextnya tinggal menyesuaikan kondisi kampas rem dllnya saja…

cakram lebar boleh juga

cakram lebar boleh juga

Tambah Akselerasi Mio M3 Part 3

Halo, selamat hari minggu. Kebetulan saya mau update sedikit informasi kembali mengenai yamaha Mio M3. Memang Yamaha Mio M3 ini termasuk kelas motor automatic yang paling murah diantara semua genre Blue Core automatic engine. Untuk kelas mesin yang sama, yang mesinnya beda beda tipis satu sama lain, sebenarnya ada beberapa jenis motor lain yang dikeluarkan Yamaha, yaitu All New Soul GT 125, Fino 125, dan Filano 125

Fino 125 Blue Core

Fino 125 Blue Core

All New Soul GT 125 Blue Core

All New Soul GT 125 Blue Core

Grand Filano 125 Blue Core

Grand Filano 125 Blue Core

Untuk mesin ketiganya benar benar mirip 11-12, jadi logikanya partnya bisa tuker tukeran kan?

engine blue core Filano

engine blue core Filano

Jadi tinggal cari pembedanya saja. Jika Mio M3 dibandingkan dengan All New Soul GT 125, memang terasa tarikan untuk All New Soul GT 125 masih lebih baik. Hal ini mungkin karena velg yang dipasang disana lebih lebar. Mungkin kalau per CVT nya dicoba di Mio M3 kondisinya lebih baik lagi ya.

Mio M3, Xeon, Vario CLD

Mio M3, Xeon, Vario CLD

Oke, sebelumnya saya sudah mencoba untuk per cvt Vario merk CLD, dan juga original yamaha Xeon karbu (23rb). Jika diperhatikan karakter per cvt nya memang lebih panjang dibanding bawaan mio M3. Akselerasi lebih cepat? tentunya. Namun kendala muncul di RPM tinggi mesin agak bergetar di bagian cvt, dan juga bensin jadi agak boros. Mungkin ini karena efek tinggi per cvt yang lebih tinggi dibandin standard punya Mio M3

All New Soul GT 125, Mio M3

All New Soul GT 125, Mio M3

Akhirnya saya coba beli per all new Soul GT 125 seharga 27rb. Jika dibandingkan dengan harga per cvt mio M3 jauh lebih murah lho, mio M3 punya 46rb. Dan agaknya per all new soul GT 125 lebih keras dibanding Mio M3. Tidak terlalu keras memang, tapi lebih keras. Jangan lupa dipadukan dengan roller punya xeon, biar sama 10gram sesuai konfigurasi All New Soul GT 125 yang memakai roller 10 gram. All hasil untuk RPM tinggi getaran cukup minim sih, tapi nanti updatenya saya akan informasikan lagi. Sekian