Frame Sliders CBR 250 R, Penting kah?

Frame slider… bagi pengguna motor sport berfairing, umumnya sudah tidak asing lagi mengenai kegunaan dari benda ini. Fungsinya simple, ya menjaga agar fairing tidak langsung terkena aspal saat motor jatuh. Tujuannya ya tentu saja untuk meminimalisasikan kerusakan fairing. Tapi benar kah?

Frame slider

Beberapa bulan setelah peluncuran CBR 250R banyak variasi dan aksesori untuk motor ini yang beredar, salah satunya frame sliders ini. Harga cukup beragam, ada yang > 1 juta rupiah, biasanya bermerk, dan ada pula produk lokal < 1 juta yang sebenarnya merupakan duplikat dari produk yang bermerek juga. Karena kantong tipis mau tak mau saya cari paket hemat saja lah. Akhirnya beli dari salah satu seller di kaskus dengan ID penjual dut2_markodut didapatkan lah harga yang cukup murah yaitu 400rb rupiah.

Untuk kualitas barang saya rasa sama dengan yang mahalan (menghibur diri) namun lebih baik mereview desainnya. Untuk desain slider yang saya pasang, slider diikat pada rangka motor dibagian persilangaan pertama dari mesin (lingkaran merah)Cross-sectional view of cylinder headfoto dari http://motorcycles.about.com

Sehingga cukup kokoh dan posisinya pas. Namun ada kelemahan dari frame slider ini. Dari beberapa pengalaman rekan-rekan club yang sudah memasang slider seperti ini dan terjatuh saat berkendara, diketahui bahwa frame selamat aman sentosa dari goresan. Bagus dong? Tapi… setelah dilakukan pengecekan lebih lanjut, pipa frame tempat dudukan tersebut mengalami kebengkokan dikarenakan hantaman yang keras. Apakah sebanding? Ya tidak sih memang. Tetapi mau bagaimana lagi?

Kesimpulannya tidak ada yang menjamin bahwa tidak akan ada kerusakan apabila terjadi insiden pada saat berkendara. Hal yang paling efektif adalah berkendara dengan hati-hati agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Namun saya pribadi tetap memakai frame slider tersebut, lumayan buat gantungan barang kalau berbelanja LOL.

Sekian dulu.

Advertisements

2 comments

  1. persis banget dengan kegalauan saya, mau pasang ini apa enggak. hehehe
    katanya kalo merk b*ker/ replikamodel b*ker gitu gabikin bengkok rangka sih, soalnya dudukannya pada 2 anak rangka, jadi kokoh (kayaknya yang ente sebutin memang yang itu yaa hehe)
    tapi ga tahu juga :bingung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s