Motor ABS ga Bisa Modif Kaki-kaki?Siapa Bilang?

Kalau tidak salah motor pertama keluaran ATPM yang menggunakan teknologi ABS adalah CBR 250R. Sayapun terkesima teknologi canggih pengereman dipasang di motor. “Hmmm… pasti safety ya, tapi pasti mahal… jangan jangan ga bisa diubah ubah itu kaki-kaki?” pikir saya. Dan ternyata untuk CBR 250R ABS menurut rekan rekan yang pakai (dulu saya pakainya CBR 250R non ABS) ya memang tidak bisa ubah banyak untuk kaki-kaki. Bahkan kabarnya saja untuk ganti ukuran ban saja tidak recomended dikarenakan akan membuat ngaco pembacaaan sistem ABSnya. Yang bener?

Semenjak kemunculan motor premium ber ABS, lagi lagi KMI juga tidak mau kalah. Ninja 250 pun disediakan versi ABS nya. WOW… tapi balik lagi pertanyaannya sama seperti CBR 250R versi ABS.  “Hmmm… pasti safety ya, tapi pasti mahal… jangan jangan ga bisa diubah ubah itu kaki-kaki?”… dan jawabannya BISA!

Kebetulan punya kenalan anak Ninja Kaskus yang pakai Ninja 250 ABS.. si om Budi.. dia setahu saya yang pertama kali ngubah kaki-kaki Ninja 250 ABS pake satu set kaki-kaki Delkevic. Saat itu sempet masuk majalah kalau ga salah, sistem ABSnya 99.8% berfungsi normal. Dan racun pasti selalu bertebaran bagi orang orang yang mampu diracuni 😛

Benar saja.. tak lama teman se Ninjaan Kaskus saya si Audi (si juragan keset dan selimut) juga kepincut pasang kaki-kaki deklevic di motornya. Mari kita simak.

Bannya lebar sekali

Bannya lebar sekali

Ubahan kaki-kaki sebenernya biasa aja sih.. tapi disini coba kita lihat kenapa sistem ABS nya disinyalir masih bisa berjalan. Mari kita lihat.

cakram depan

cakram depan

cakram belakang

cakram belakang

Pada basicnya untuk sistem ABS, pada diskbrake memiliki piringan cakram khusus yang berfungsi untuk input bagi sensor ABS untuk melakukan perhitungan agar mencegah discbrake mengunci saat melakukan pengereman. Apabila melakukan modifikasi maka seharusnya posisi sensor dengan piringan tersebut tidak boleh berubah agar sistem ABSnya tetap berjalan.

Tapi ya untuk cakram depan terlihat jelas bahwa velg delkevic yang ada sebenarnya untuk velg ninja 250r yang lama. Makanya terlihat agak maksa walaupun cukup rapih pemasangannya. Kalau mau modif ya sebaiknya tunggu saja sampai ada yang PNP sama ninja 250 fi lah hehe… Kalau saya ganti kaki-kaki nanti dulu ah… mending ditabung dahulu duitnya 😛

Advertisements

15 thoughts on “Motor ABS ga Bisa Modif Kaki-kaki?Siapa Bilang?

    • Har_leys says:

      mungkin 0.2%nya hanya milik yang Mahakuasa bro… karena kesempurnaan cuma milik Nya… LOL waktu itu rasanya motor om budi pernah diulas di salah satu tabloid, itu angka 99.8% dari tabloid itu.. kebetulan katanya motornya sempet direcal karena masalah spido ngembun.. sepertinya ditest juga oleh beberapa pihak itu motor.. tapi hanya kabar saja sih itu.. saya ada printscreen tabloidnya tp ga saya upload di blog..

  1. asiahnaililmuna says:

    Kesimpulan nya berarti kawasaki ninja 250 SE ABS bisa ganti velg dan ban orisinil ke velg dan ban modivan….??????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s