Review: Lensbaby Composer Pro + Sweet 35mm: Lucu Juga

Kali ini saya mencoba membicarakan hal kesukaan saya yang lain selain otomotif. Ya fotografi. Semenjak 2005 saya sudah mulai mencoba memahami bagaimana caranya untuk bermain dengan hobby yang mahal ini. Kali ini saya mencoba mereview lensa “mainan” saya. Kenapa dibilangnya “mainan”? Ya karena lensa ini dibilang cukup nyeleneh. Beda dari lensa biasa, lebih cenderung lensa buat experimental.

Namanya Lensbaby Composer Pro + Sweet 35mm lens. Sebenarnya lensbaby itu nama merk. Mereka membuat lensa lensa “creative” untuk experiment-experiment fotografi. Umumnya mereka menjual body lensa, dengan optiknya terpisah. Harga bervariasi. Banyak pula variannya, ada Composer, Composer Pro, Muse dll. Kali ini kita bahas yang Composer Pro:

Composer Pro + Sweet 35mm

Composer Pro + Sweet 35mm

1. Body Lens: Composer Pro

Materialnya terbuat dari logam, memiliki ball joint yang halus gerakannya. Mungkin itu pula yang menjadi kelebihan dari materialnya yang logam. Perputaran pada ball joint jadi lebih flexible.  Untuk focusing ring cukup memuaskan anti slip dan gampang diputar karena dibalut dengan bahan karet. Kualitas karetnya cukup kuat, gak gampang getas sih.

2. Lens : Sweet 35mm

Sweet 35mm Optic lens

Sweet 35mm Optic lens

Lensa ini sih sebenernya asik. 35mm pas banget untuk kamera APSC. Potongannya seperti 50mm di full frame. Asik kan. Keunggulannya terutama adalah Aperture nya tidak perlu memasukan disk Aperture seperti seri lensa Lensbaby yang lain. Cukup diputar saja untuk mengubah diafragmanya. Simple, dan gak repot.

Berikut contoh foto dari lensa tersebut menggunakan eos 60D

result 4 result 1 result 2 result 3Efek blurnya memang terasa sekali. Terutama saat menggunakan F 2.5. Memberikan hasil blur yang agak nyeleneh untuk sesi foto modeling. Namun tentu saja memiliki tingkat kesulitan dalam memfokuskan objek fotonya. Alhasil banyak hasil jepretan yang kurang fokus, bahkan miss fokus ke tempat tempat yang salah.

miss fokus, harusnya ke bagian muka :P

miss fokus, harusnya ke bagian muka 😛

Ya overall cukup menyenangkan untuk bereksperimen dengan lensa ini. Namun perlu diperhatikan estetika dalam penggunaannya. Next saya akan coba untuk membuat foto landscape. Niscaya hasilnya akan membuat kesan seperti foto miniature mainan.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s