Oleh-oleh Khas Touring: Velg Speleng dan Penyok

Menyambung artikel kemarin mengenai touring perdana Ocha ke Jogja, ternyata pulang membawa oleh-oleh. Ya… ternyata velg depan speleng dan penyok sedikit. Alasannya klasik, ban depan menghajar lobang. Sebenarnya tidak cukup parah karena lepas tangan pun stang motor masih tetap lurus. Namun ya  apa yang sudah tidak sesuai standar harus diperbaiki tentunya demi safety.

Bagaimana cara ceknya sih? Gampang saja… Bibir velg kita raba melingkar, apakah ada jendolan yang terasa? Kalau ada, selamat kawan, selamat menangis maksudnya hahahaha LOL. Resek memang, tapi mau bagaimana lagi nasi sudah menjadi bubur. Lalu bagaimana dong?

Setelah dilakukan konsultasi dengan para sesepuh, velg racing yang speleng ato penyok dapat diobati dengan cara press. Banyak tipe press yang beredar di masyarakat. Namun ada yang cukup menarik sih, yaitu yang menggunakan alat JBB Press. Apa itu JBB Press? merupakan alat yang didesain oleh JBB Pressindo yang dapat digunakan untuk mempress berbagai macam part, seperti velg, segitiga, bahkan rangka. Harga cukup variatif untuk mempress velg 100-150rb an untuk 1 velg.  Masih cukup terjangkau lah dibanding beli velg baru. Sistemnya tidak menggunakan ketok, ataupun bakar, namun menggunakan press hidrolik.

Pertama tama velg yang ingin “diobati” dicopot terlebih dahulu dari motor.

velg dicopot

velg dicopot

Selanjutnya cakram dan ban dicopot juga.

ban dan cakrap dicopot

ban dan cakram dicopot

 

Ban nya kena di press juga biar gampang copot

Ban nya kena di press juga biar gampang dicopot

Cuma disini yang disayangkan adalah alat copot bannya bukan menggunakan mesin, jadi masih manual. Gak apa-apa deh yang penting sembuh. Selanjutnya velg dipijit-pijit menggunakan alat JBB Press hingga posisinya kembali seperti semula.

Velg mulai dipress

Velg mulai dipress

Dengan waktu kurang lebih 45menit-1 jam velg sudah selesai “diobati” oleh “dukun-dukun” JBB tersebut. Benar saja gejala speleng sudah tidak ada dan bibir velg sudah menjadi normal lagi. Ya memang minusnya ya tadi.. ada beberapa lecet pada cat velg dikarenakan proses press itu sendiri dan buka pasang bannya.

Demikian hasil reportnya.. Ingat.. mencegah lebih baik daripada mengobati… 😛

 

Advertisements

7 thoughts on “Oleh-oleh Khas Touring: Velg Speleng dan Penyok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s