Review Knalpot Custom Ninja 250 HR-1 exhaust by om Hariew

Kalau boleh jujur, keunggulan Ninja 250 dibanding CBR 250 R salah satunya adalah konfigurasi 2 silindernya. Dengan konfigurasi 2 silinder itu memiliki keuntungan suara yang dihasilkan oleh knalpot lebih khas… kata orang “Stereo”. Namun knalpot standar pabrikan kurang mengekspose suara raungan besin 2 silinder ini. Mau tidak mau knalpot aftermarket menjadi incaran para penunggang ninja 250. Harganya bervariasi dari ratusan ribu hingga belasan juta. Umumnya ada 2 pilihan, slip-on atau full system. Slip-on artinya pipa header masih menggunakan pipa knalpot standar, hanya mufflernya saja yang diganti. Sedangkan Full system lengkap dari muffler hingga header.

Sebenarnya saya tidak begitu suka dengan suara knalpot yang berisik. Mengganggu sebenarnya. Berisiknya luar biasa namun lari motor gak kenceng ya malu dong. Namun ya kalau ninja 250  suara kalem itu rasanya ada yang kurang gitu. Mau tak mau coba lihat lihat knalpot aftermarket, plus lihat kantong, “duitnya ada gak ya?”. Setelah mencari-cari agaknya saya cukup putus asa.. paling murah yang saya temukan saat itu ya Slip On buatan lokal yang bentuknya menyerupai Yoshimura. Harganya 500rban untuk slip on, tapi apa daya dana cekak. Akhirnya searching searching lagi nemu knalpot custom lokal yang cukup memuaskan.

HR-1 Exhaust

Berasal dari link ini akhirnya berani untuk mencoba knalpot yang satu ini tipe slip-on. Murah memang. Ada banyak model replika yang ditawarkan, tinggal pilih sesuai selera.

model knalpot yang ditawarkan

kebetulan saya pesan model yoshimura. Dengan waktu pengerjaan 5 hari akhirnya 1 minggu setelah pemesanan barang pun tiba di rumah. Kirim dari bandung hanya butuh waktu 1 hari hingga bekasi.

Dengan harga yang terjangkau cukup lah saya puas, bahan knalpot sesuai yang dijanjikan yaitu dari pelat galvanis. Enteng bro.. selain itu dibagian muffler ditempeli dengan sticker carbon look lalu dilapisi lagi dengan lapisan plastik. Hebatnya muffler ini gak panas lho saat digunakan.

Suaranya gimana? Jujur sih bulet banget, memang tidak terlalu keras dan tidak terlalu kecil juga suaranya. Cukup lah menurut saya. Untuk lewat di gang malem malem masih berani kok asal dibawa pelan.

Slip on HR-1
Slip on HR-1

So far so good lah dengan harga yang ditawarkan. Kenaikan performa jujur sih saya gak ngitungin. Setelah dipasang langsung saja dicoba oleh adik saya.

Agak ngetril ya mufflernya
Agak ngetrill ya mufflernya

Memang model Yoshimura ninja karbu agak ngetrill apabila dipasang di ninja FI. Namun yang pasti untuk ninja FI knalpot ini agak nembak apabila kita lepas gas di kisaran 3000-4000 rpm. Demikian reviewnya. Apabila tertarik boleh menghubungi om Hariew langsung cp :089655454440/untuk lebih lengkapnya add aja lsng pin bb 2851DEF0 

Advertisements

8 comments

    • oit..salam kenal jg bro.. hahaha knalpotnya ratusan ribu piginya jutaan… jebol dah kantong 😛 tenang2 masih bisa diakali sepertinya biar ga nembak2

  1. Bro, memang lebih ekonomis, problemnya dg custom itu bbrp Bro
    1. Bukan hasil riset oleh produsen menggunakan dynotest.
    Sehingga utk performa dan riding style itu belum tentu ada peningkatan seperti yg diharapkan.
    2. Sering nembak.
    3. Suara saat RPM naik bisa berubah total, engga lagi bulet tapi pecah.

    semoga itu bukan yg terjadi dg Bro ya

    • betul.. tentu saja ada harga ada kualitas… sementara saya masih mengidam ngidamkan prospeed yg blue series seperti milik om, pokoknya nabung dulu deeh 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s