Mengatasi Knalpot Nembak Ninja 250 Fi

Ganti knalpot Ninja 250 Fi tidak semudah ganti knalpot di Ninja 250R yang masih mengusung karburator. Kenapa? Gejala nembak nembak pasti, kalau di Ninja 250R karburator umumnya tinggal setting main jet n pilot jet pada karburator untuk menyesuaikan debit bahan bakar agar sesuai dengan knalpot baru. Lah untuk Ninja 250 Fi bagaimana?

Intinya agar knalpot tidak nembak perlu dilakukan penyetingan debit bahan bakar ke mesin. Nah untuk sistem bahan bakar injeksi penyetingan ini dapat dilakukan oleh piggyback, yang fungsinya memanipulasi ECU agar dapat debit bahan bakar yang disemprot sesuai dengan settingan yang dikehendaki. Tapi permasalahannya harga piggyback itu mahal cuy (ato gw aja terlalu kere)! Minimal 2,5 jt-an.

Tapi jangan khawatir untuk kalangan-kalangan modifikasi budget minim seperti saya ada cara yang mudah untuk mengatasinya, dan tentu sangat mudah dicoba sendiri. Kebetulan kemarin sempat mendengar rumor, kalau dibengkel resmi sebenarnya bisa melakukan setting untuk meminimalisasikan gejala menembak. Yo wes kita bawa saja kebengkel resmi lah.

Kebetulan bengkel resmi yang dekat dengan rumah saya itu adalah bengkel kawasaki di jalan RS Sukamto, dan agaknya reputasinya baik untuk setting setting motor ninja. Yo wes lah kesana sekalian ganti oli. Sesampainya disana saya minta bantuan untuk sekalian service n setting agar tidak nembak. Kalau ga salah empunya om Denny mengatakan “Knalpot custom ya? waduh susah bos kalo mau ga nembak?”…. jiaah mengecilkan hati bener sih si pak bos. Tapi mekaniknya (ga tau namanya) bilang “Tenang bos dicoba dulu aja” haduuh jadi ademan deh. Yo sip lah dicoba aja dulu.

Hasil analisa sementara apabila digas-gas diatas 4000 rpm gejala nembak tidak terjadi. Tapi di bawah itu pasti nembak parah. Maka dilakukanlah setting oleh sang mekanik. Cukup dengan 30 menit alhasil benar, gejala menembak hilang. Ghoib juga ni mekanik.

Diutak-utik sang mekanik
Diutak-utik sang mekanik

Padahal sepengamatan saya dia ga utak utik bagian ECU lho. Karena komputer untuk setting Ecu nya tidak jadi dipakai. Hmn yang terlihat memang hanya membersihkan filter karburator dan menyemprotkan cairan throttle cleaner saja. Jadi diapain sih si ‘Ocha’?

Karena penasaran sesampainya di rumah saya buka fairingnya lagi. Mencoba mengamati apa yang sudah diubah oleh sang mekanik. Ternyata oh ternyata begini caranya.

Klep air flow tambahan disumbat
Klep air flow tambahan disumbat

Terlihat jelas bahwa ada bagian yang disumbat dengan busi di bagian cover silinder head dari sang ninja. Setau saya bagian tersebut sebenarnya lumrah untuk motor motor baru, kalo di Yamaha disebutnya AIS (Air Induction System), fungsinya adalah mensuplai udara tambahan ke lubang buang agar emisi yang dihasilkan lebih rendah. Niscaya hasil pembakaran yang belum sempurna dapat bereaksi dengan Oksigen (O2) sehinga semakin terbakar habis. Logis sih mengapa agak nembak-nembak. Ini karena klep ini masih berjalan sempurna. Memberikan efek afterburner, bleb bleb jder.

Lubang dibagian dilingkari ditutup
Lubang dibagian dilingkari ditutup

Ya so far sih gampang dilakukan sendiri, namun disarankan untuk melakukannya saat kondisi mesin dingin. Kenapa? ya panas lah tangannya nanti.

Sebenarnya banyak yang bertanya efeknya apa sih apabila air intake untuk AIS ditutup? Setahu saya AIS diaplikasikan untuk menekan emisi gas buang kendaraan. Berfungsi berdasarkan kevakuman dari manifold, sehingga saat idling atau rpm rendah gas buang mendapatkan pasokan udara lebih. Diharapkan dapat mengurai gas buang yang belum terbakar dengan sempurna. Kalau dinonaktifkan efeknya apa? Saat rpm rendah emisi gas buangnya memiliki kemungkinan tidak sesuai dengan standar emisi. Jadi agak bau bensin kalau di rpm rendah. Efek lebih lanjut? Seharusnya tidak significant.. paling paling kalau pengetesan emisi untuk perpanjangan STNK tidak lolos :P.

Wekekeke silahkan dicoba kalau mau mencoba πŸ˜€

Advertisements

42 comments

    • bisa jadi.. karena dia tidak ada sensor O2 nya jadi tidak bisa menganalisa hasil dari gas buang.. sehingga si ecu tidak bisa melakukan penyesuaian debit bahan bakar… kl di chibi pake piggyback diharuskan untuk mendapat hasil yang maksimal πŸ˜€ kalau ga pake juga gapapa kan? apa masih nembak juga kl pake knalpot after market bro?

  1. Ane pake two bros n koil ultraspeed, cm y masih nembak di rpm tengah & atas tp gk terlalu parah.. ane sdh 2x reset ecu ny di ahass gunung sahari, tp masih ada gejala nembakny bro.. y bgtulah klo injeksi.. tinggal dmn bro har leys?

    • ternyata masih nembak juga ya… kalo mengganggu sekali berarti mmg perlu piggyback ya.. kalau gak ya ga perlu hahaha… daerah bintara bro, perbatasan pondok kelapa dan bekasi barat

  2. Kl pengalaman saya, cara menutup ais itu bisa mengatasi sebagian nembak. Di motor saya masih sedikit nembak2 juga, akhirnya dibawa ke kawasaki fatmawati jkt, solusinya dibuatkan header depan oleh mereka (sy pake slip on) reset dan setting ecu. Hasik akhirnya nembak2 sudah hilang sama sekali. Menurut kepala mekaniknya konstruksi tekukan header knalpot yg pas akan menghilangkan efek nembak. Ga perlu pake piggyback kecuali mesin udh dikorek2 dan minta bensin lebih banyak dr maks yg bisa disupply ecu std. Headernya ga sampai 1jt lho, dan tendangan tenaganya juga naek ninin fi saya.

      • Udh terpasang bro susah fotoinnya. Bahan stainless harga dibawah 1jt,kl pesen ngomong aja ke mekaniknya, 2 hari jadi. Kemaren saya kena 900rb udh termasuk pasang, dan setting ecu stdnya.
        Efeknya sih pelintir gas gampang naek ke 11rb rpm, dibandingkan waktu knalpot std atau slip on.
        Rpm 6500 biasanya speedometer nunjuk 75km/jam gigi 6, sekarang jadi 85km/jam gigi 6. Mayan ada kenaikan 10km/jam

    • Salam kenal.wah berarti pake slip on pun masih nembak2 juga ya? Saya baru berfikir utk pake slip on utk ngindari itu. Maaf header depan itu maksudnya apa ya?

      • Header depan, ya pipa knalpot dari mesin ke slip on bro.
        Intinya ganti knalpot after market yg lebih plong akan mengacaukan AFR ninja fi. Efeknya yg paling kentara ya nembak2 itu,

  3. wah asyik juga ya diskusinya ttg Ninja 250 FI, saya jadi mikir lagi nih kalau mau ganti knalpot aftermarket, kebetulan saya baru beli Ninja kemarin, lokasi saya jauhhhhhh, Bontang Kaltim. Salam kenal< Luhur Wibowo

  4. mayan lah save me alot of money.. waktu ganti knalpot akra 12august langsung suruh dealer ngatasin nembak2 nya, yah mayan lah nggak hilang 100% cuma biaya piggyback bisa buat modif motor beli delkevic hahah, liat motor saya di indo4eva@gmail.com. caci maki nya ditunggu heheh. thanks for sharing om

  5. brooo koplak maksudnya header depan Header depan, ya pipa knalpot dari mesin ke slip on bro”. <—- ini maksudnya knalpot pake Full system ya broo, maaf nih nanya masih newbie… mohon penjelasann ya

      • bro ane agak sedikit bingung krn kmaren ane kebengkel resmi kawak di pekanbaru keluhan ane ya sama knalpot nembak singkat cerita ada satu slang yg ditutup dengan memasukan baut kedalamnya tapi itu bukan dibagian cover silinder head tapi dibawah tanki minyak,ane tanya itu slang apa.? katanya itu slang untuk merubah emisi gas buang jadi ramah lingkungan..apa itu bener bro..??kalau untuk suara nembaknya emang ilang..tapi ane ngerasa tarikan motor jd agak sedikit kurang bertenaga..apa itu pengaruh lobang slang ditutup..???mohon pencerahanya…

  6. Gan’ numpang sering nsy jg sama permslahannya abis ganti knalpot fulsistem mtr msh nembak. Jk ada yg berpengalaman apkah heder perlu diganti lg yg model apa mhn pencerahannya. Kira kira brp jk kirim ke sby bang

    • Kalo selama 1.5 thn share sama temen2 ninja dan motor motor injeksi lain yg 2 silinder sih kesimpulannya nembak itu pasti.. tinggal intensitasnya dan besar letupannya bs diakal2in tergantung banyak faktor

  7. Sekitar 2 taon lalu ane udah coba bro sumbat ais, direkomen mekanik..
    Efek yg ane rasain?
    Bner aja nembak ilang…
    Tapi tarikan malah jadi ngeden gitu, berat.. Akhirnya ane copot lagi dah sumbatnya..

    Sbenernya urusan nembak bukan gara” knalpot slip onnya.. Knalpot standar juga udah nembak kalo pada perhatiin..
    Bahkan sampai moge” juga yg baru” semua juga pasti nembak.. Dan itu gak masalah..

    • Nah betul om, knalpot std juga uda suka nembak nembak kalo rpm rendah

      Minta solusi dong om, abis ganti knalpot slip on custom…
      Masalah nya Nembak”, uda d bawa ke dealer trus setting throttle body nya sama di tutup lubang ais nya.

      Tapi masalah baru muncul lg, yaitu mtr mesin nya jadi berisik( jadi aga aneh aja denger mesin suaranya berisik padahal kalo di ganti pake knalpot std lg jadi halus tu suara mesin) dan lari di rpm bawah malah lemot banget dr stdr nya (padahal org bilang ganti knalpot bisa enak tarikan nya) tapi kalo untuk lari hi rpm memang lebih panjang nafas nya…

      Tolong masukan nya dong bro bro smua, antara memang harus pake knalpot std lagi atau bisa di akalin, atau mungkin pake piggyback yg harganya uwawwww hehehehe
      Gelang Confused dehh
      Trimakasi om om smua

  8. Sbenwr.a cara penyumbatan menurut sya pasti ada efek smping.a.. Nah cara yang tepat pasti seting cu.. Yang pas.. Knalpot juga berkualitas.. Slipon menurut sya juga udah bagus.. Justru pake leher besar bhan bkar juga harus besar.. Itu pengalaman sya…

  9. Mengenai bahan bakar.. Pertamax . Sell. Permium gak masalah.. Tapi ada ngaruh ke panas mesin.. Premium oktan rendah pembakaran kurang mkasimal.. Tapi ada bgus.a buat mesin karena tidak cepet panas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s