Upgrade Pengereman: Hel Brake Lines & Bendix Brake Pads

Pengereman yang paten itu penting banget bagi setiap kendaraan. Ini soal safety bro. Namun sayang, entah perasaan saya saja atau bukan, rem Ninja 250 Fi ini agaknya masih kurang pakem banget. Jujur sih agak ngeri ngebut-ngebut, takut gagal ngerem. Ya pelan pelan aja memang lebih safety pasti.

Tetapi, para bulan januari kemarin akhirnya kejadian juga. Dalam perjalanan dari rumah ke kantor , pondok kopi-semanggi, melewati jalur jalan casablanca, rem belakang bermasalah. Saat itu kondisi jalanan macet parah memang. Memaksa saya untuk mengunakan rem lebih banyak. Kebetulan saya memang lebih suka menggunakan rem belakang daripada rem depan. Tiba tiba saat masuk terowongan casablanca rem belakang mendadak “ngempos”, seperti kehilangan tekanan, diinjek tidak mau ngerem. Hoalah… untung rem depan tidak bermasalah dan saya juga berjalan pelan pelan. Keringet dingin sekaligus kepikiran deh, walaupun saya sampai kantor dengan selamat.

Memang gejala ini umumnya ditemui apabila perjalanan jauh. Hal ini disebabkan panas berlebihan pada sistem pengereman sehingga minyak rem berserta selang rem terjadi pemuaian.  Otomatis tekanan dari master rem ke kaliper berkurang. Ngempos deh.

Lalu bagaimana mengobatinya? Banyak yang bisa dicoba,misal: mengganti minyak rem dari spesifikasi DOT 3 ke DOT 4. Minyak rem DOT 4 memang mampu menghandle panas lebih daripada DOT 3. Wajar saja harganya berbeda 2-3 kali lipat dari DOT 3. Cara ini memang paling murah, tinggal beli minyak rem DOT 4 lalu bawa kebengkel. Ongkos kuras minyak rem paling sekitar 20-30rb.

Cara lain adalah mengganti selang rem dengan selang rem stainless. Maklum, selang rem standar berbahan karet, wajar mudah memuai saat panas. Banyak merk yang beredar untuk selang rem ini, kisaran harga pun bervariasi 100rb sepasang hingga jutaan rupiah. Lha apa bedanya? Tentu saja endurance dari selang rem tersebut. Sempat mikir mau beli yang murah, namun balik lagi.. ini masalah pengereman bro! Nyawa taruhannya. Mau gak mau pilih merk yang terpercaya deh. Hel Brake Lines. Beli sepasang depan belakang harga standar 600an-700an tergantung panjang selang.

selangnya selang stainless fittingnya stainless juga

selangnya selang stainless fittingnya stainless juga

Jadi paket pembeliannya dapet 2 selang berserta baut remnya dan ring tembaganya. Sebenarnya enaknya Hel brake lines itu memiliki pilihan warna yang cukup banyak. Namun saya pilih warna hitam kevlar saja. Tinggal pasang ini mah!  Saat terpasang seperti ini

kaliper depan

kaliper depan

kaliper belakang

kaliper belakang – sori kotor

Memang dibandingkan dengan selang standar, diameternya lebih kecil, namun panjangnya lebih panjang sedikit. Oh iya jangan lupa, karena berbahan stainless jangan sampai selang ketekuk sampai patah, karena bisa rusak. Alhasil liuk liuk nya tidak seperti selang standar

master depan

master depan

Setelah dipasang dilakukan tes pengereman, alhasil ciet nya lebih responsif. Sekarang tidak perlu lagi takut untuk gejala ngempos apabila melakukan pengereman extrem, apalagi sudah DOT 4 minyak remnya. Namun karena kampas rem standar yang terlalu empuk, maka kampasnya sudah habis aja tepat saat odometer menunjukan 2500km. Hadeeh kok cepet habis ya. Harga kampas ori 100rb kalau tidak salah untuk 1 set. Tapi kok cepet abis?

Mau ga mau cari lagi produk aftermarket yang lebih tahan lama dan paten ngeremnya. Searching searching ada kampas rem BENDIX yang katanya lumayan dari sisi harga namun kualitas pengereman sama dengan kampas rem original. Selain itu digembar gemborkan mengunakan teknologi keramik, sehingga tahan panas, awet, dan tidak merusak piringan disk. Ya sudah dicoba dulu saja deh, karena melihat riviewnya baik semua. Langsung pasang depan belakang.

bendix di rem depan

bendix di rem depan

Tipe yang digunakan adalah tipe MD2, untuk depan belakang sama tipenya. Ciri khasnya berwarna biru. Overall memang pengereman lebih pakem sedikit dari kampas bawaannya, tapi ga tau apakah itu efek selang rem dan minyak rem juga atau tidak. Pemakaian hingga 2500 km (termasuk touring ke jogja) berikutnya pun masih belum habis. Awet juga ya. Paten! Kalau mau cobain boleh juga gan hubungi sellernya disini (ini lapak ane sih :P).

Tapi tetep deh karakter ane yang suka maen rem belakang, kampas belakang saat ini lebih tipis daripada kampas depan.

kampas belakang

kampas belakang

Yang penting cietnya paten deh 😀

Advertisements

10 thoughts on “Upgrade Pengereman: Hel Brake Lines & Bendix Brake Pads

  1. tangara1987 says:

    Ngemeng2 ngeliat ban standar cbr 250r & ninja 250 fi gimana giiitu.. mungkin habis ganti hel Brake Lines & Bendix Brake Pads bisa di pertimbangkan pake battlax s20, wekekeke.. ban ajib itu bro, ane udh buktikan *racuun…

  2. Leopold S says:

    alternati lain, dirubah kebiasaan ngerem belakang. Ga safe. Meskipun sdg tidak ngempos ratio ngerem belakang harusnya 30-40% dibandingkan rem depan 60-70% Bro.

    • Har_leys says:

      bisa pakai merk F1zz, paling murah sekitar 200rban per kaliper, ada juga merk gold friend harga lebih mahal dibandin F1zz mirip mirip kaya harga ori, alternatif lain cari di aliexpress.com atau ebay kadang satu set komplit hanya 600rban

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s