DIY: Tutup Lubang Air Flow Ninja 250

Post ini didedikasikan untuk seorang teman yang mengkontak saya mengenai artikel sebelumnya tentang mengatasi knalpot nembak ninja 250 fi. Namun perlu diingat ya mas bro, trik ini belum tentu berhasil mengatas 100% knalpot tidak nembak nembak. Tapi tak ada salahnya dicoba, wong gratis… ga perlu nambah apa-apa :P. Oke kita lanjut ke langkah langkahnya.

First step ya tentu saja buka dulu fairingnya :D. Kalau bingung boleh dilihat di post saya sebelumnya mengenai cara lepas fairing.  Setelah terlepas mohon diperhatikan posisi mesin dan posisi lubang air flow yang ingin ditutup.

Bagian tanda panah, yang warna silver itu bagian yang hendak ditutup nantinya
Bagian tanda panah, yang warna silver itu bagian yang hendak ditutup nantinya

Yuk bongkar yuk… Oh ya sebagai saran, lebih baik untuk melakukan hal ini dilakukan saat mesin dingin ya 😀 kalau habis mesin menyala ya musti hati hati karena bagian deket termostat cukup panas.

bagian yang dilingkari adalah target dan sasaran kita :P
bagian yang dilingkari adalah target dan sasaran kita 😛

Setelah itu kita zoom.. Maka bila diperhatikan bagian air flow tersambung dengan selang.

Bagian yang dilingkari mau kita sumpel
Bagian yang dilingkari mau kita sumpel

Nah bagian yang dilingkari mau kita tutup. Caranya kita harus mencabut dahulu selang itu, jangan lupa ada klemannya (yang kawat bulet) direnggangin dulu ya bro biar gampang dibukanya. Caranya dijepit pake tang trus dimundurin kebelakang. Setelah beres selang tercopot maka kita tutup selang tersebut dengan benda yang ukurannya sebesar lubang selang tersebut. Bisa gunakan baut ataupun busi bekas.

Klep air flow tambahan disumbat
Klep air flow tambahan disumbat

Selangnya bisa diputer puter mas bro secara perlahan sesuain ke arah yang enak aja buat dirogoh ya. Nah lalu pertanyaannya bagian ujung satunya tempat selang tadinya bertengger dibiarkan saja melongo? Sebenernya sih gapapa dibiarkan melongo. Kalau mau ditutup sih boleh juga. Bisa cari karet yang biasa buat tutup pipa besi (buat kaki kaki bangku besi).

karet tutup pipa
karet tutup pipa

Belinya dimana? hmn coba dicari di toko bangunan deh, saya juga nemunya ga sengaja di gudang. Okee selamat mencoba ya! Bro Aan.. kutepati janjiku.. ehehehe

Advertisements

11 comments

    • asep kenalpot agak bau bensin pas idle… tarikan bawah ngisi jadi tangan kanan musti disekolahin lagi biar ga boros ehehe.. efek jangka panjang ga ada kl ga salah

  1. Om. Ada efek samping ga kl AIS ini ditutup. Kl ada, apa aja ya?
    Om sampai skrg masih pake tutup busi apa sdh pake piggy back?

  2. Bos…. Abis disumbat.. Sekarang emang gak nembak lagi.. Cuma… Lampu air radiatot nyala terus.. Sama kipas gak mau nyala.. Apakah itu berbahaya bos… Mohon info nya…

    • sebenernya sih gak ada hubungannya antara nyumbat dan kipas gak mau nyala… coba dicek dulu dibengkel, kenapa kipasnya jadi gak nyala lagi pak, mungkin thermostatnya error

  3. Klo selang yang berada di dekat dudukan tangki belakang pas didepan dudukan tengah…apakah sama saja…
    Punya saya awalnya nembak, dan setelah diakalin oleh bengkel KWSK dan hilang sama sekali nembaknya… tapi tarikannya kurang gereget. Akhirnya saya minta dikembalikan ke awal namun mekaniknya bilang nanti jika mau pakai knalpot standar baru distel ulang. Setelah membaca2 dan browsing ingin tau bagian yg diubah tdk nemu yang disumbat… tp saya perhatikan di selang dibawah tangki ada yv disumbat kelereng tetapi tetap dicolok spt semula. Saat ini kelerengnya sdh saya lepas dan nembaknya tdk muncul…mgkin krn saya pakai DBkiller… sebelumnya tdk pakai dbkiller. Besok saya coba lepas dbkillernya apakah akan nembak… jika iya maka yang perlu disumbat bisa juga pada bagian selang yg di bawah tangki tersebut. Thanks.

  4. Dgn kita menututup lubang co2 pada motor.
    1. Kabel sensor co2 dari motor perlu kita biarkan atau di copot ?
    2. Lubang sensor co2 knalpot di non original di tutupa saja ya pak ?
    3. Effect nya apa dari penutupan lubang sensor co2 ini ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s