DIY: Ganti Kampas Rem

Jadi ceritanya ada rekan saya si om Wisnu, nanya gimana sih caranya ganti kampas rem? Okey Om, begini caranya. Pertama-tama kita harus siapin dulu alat alatnya, yaitu kunci T 12, kunci L 4 dan 5 dan kunci T8.

tools yang musti disediakan
tools yang musti disediakan

Next kenali dahulu baut apa saja yang perlu dibuka

Baut baut yang perlu dipahami
Baut baut yang perlu dipahami

Sebenarnya gampang, yang pasti umumnya pasti ada 3(atau 2) tipe baut. Yang pertama adalah baut pengikat kaliper(2 panah ke kiri di sebelah kanan gambar), entah ke shockbreaker depan, atau pun breket kaliper di roda belakang,  yang pasti tempat kaliper duduk. Bentuknya bermacam macam, untuk Ninja 250 bagian depan berupa baut 12, bagian belakang berupa baut L, ukurannya saya lupa. Ada juga yang berbentuk baut L bintang. Ya tapi ini intinya sama saja fungsinya, untuk mengikat kaliper ke tempat dudukannya. Baut yang ke 2 adalah baut yang berada di kaliper itu sendiri (2 panah ke kanan di sebelah kiri gambar) yang berfungsi sebagai as untuk kampas rem. Jadi nanti kampas rem akan menggantung di situ. Baut ketiga adalah optional, terkadang ada terkadang juga tidak ada, yaitu baut untuk pegangan selang rem. Jadi sebenarnya itu baut biasa, tapi karena fungsinya untuk mengarahkan jalur selang rem terkadang kita perlu buka juga.

Okeh sip, sudah paham kan baut bautnya. Mari kita buka deh, pertama tama adalah mengendorkan dulu baut yang berada pada kaliper menggunakan kunci L nomor 5.

Copot baut pegangan kampas rem
Copot baut pegangan kampas rem

Inget ya bro, dikendorin doang lho, bukan dilepas. Fungsinya biar kita gampang ngebukanya kalau kaliper sudah copot dari shock, atau bracketnya. Next tinggal copotin baut pegangannya sampe copot. Beres deh, setelah itu baut yang dikaliper baru deh dicopotin.

kendorin baut pengikat kampas rem
kendorin baut pengikat kampas rem
baut kaliper dicopot menggunakan kunci 12
baut kaliper dicopot menggunakan kunci 12

Setelah kaliper copot dari dudukannya, jangan lupa merenggangkan jarak antara kampas rem dengan cara masukan obeng disela-sela kampas rem.

cek sela sela di antara kampas
cek sela sela di antara kampas

 

renggangkan sela sela antara kampas dengan kunci L
renggangkan sela sela antara kampas dengan kunci L

 

renggang
renggang

Tekan saja hingga piston calipernya terdorong penuh. Agak keras terkadang, namun ini perlu dilakukan agar kampas rem baru bisa masuk ke cakram dengan mudah. Selanjutnya tinggal ganti kampasnya dengan kampas baru deh dengan cara mencopot 2 baut pemegang kampas rem dengan kunci L4

baut pengikat kampas dilepas
baut pengikat kampas dilepas

 

 

copot kampas rem
copot kampas rem

Lalu ambil kampas rem baru

Kampas rem
Kampas rem

Cara pasangnya gimana?

kampas yang pendek di dalam
kampas yang pendek di dalam

 

kampas yang panjang di luar
kampas yang panjang di luar

disesuain aja dengan kampas yang sebelumnya terpasang. Sip tinggal dibaut lagi 2 baut pegangan kampasnya.

pasang lagi
pasang lagi

setelah itu kaliper nya dipasang lagi ke shockbreaker, atau dudukan lain. Beres dah.

pasang lagi bautnya
pasang lagi bautnya
bendix di rem depan
bendix di rem depan

Jangan lupa memompa kembali remnya sampai pakem sebelum berkendara, karena pasti rem akan terasa blong (karena proses penekanan piston di kaliper tadi).

pompa lagi
pompa lagi

Dan perlu diingat saat belum terpasang dengan benar jangan dipompa-pompa ya remnya. Kalo pistonnya copot sih berabe lho. Jangan lupa baut pengikat kampas rem (kunci L4) dikencengin secukupnya (jangan pakai tenaga herkules), dan baut pengikat kaliper (baut 12) dikencengin sekenceng kencengnya, biar ga copot.

Untuk kampas rem belakang sama saja, langkah pertama tetap mengendorkan baut pengikat kampas dengan kunci L4.

kendorin baut pengikat kampas pakai kunci L4
kendorin baut pengikat kampas pakai kunci L4

Namun untuk mencopot kalipernya gunakan kunci L 5, namun karena keras dapat menggunakan kunci T8 untuk membantu proses membuka baut.

copot baut pemegang kaliper belakang
copot baut pemegang kaliper belakang

Pesan saya, hati-hati saat proses pembukaan agar tidak slek, dan jangan lupa mengencangkan dengan benar.Selamat mencoba ya

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s