Sempet kaget sebenarnya, seorang teman share tentang ninja 250 fi nya yang ABS. Ceritanya begini, teman saya, mas Gatot, pernah share di whatsapp group bahwa dia mengalami trouble pengereman saat perjalanan ke kawah putih. Dalam hati saya “ah biasa, pasti belum ganti selang rem braided..” tapi wait wait… setelah diperhatikan ternyata motornya ninja 250 fi yang abs. Kok bisa?

motornya om gatot
motornya om gatot

Berikut curhatnya

rem blong

wa2 wa3
rem blong

Well kok bisa ya? Sedangkan untuk di CBR250R versi ABS sepertinya tidak ada masalah. Riset punya riset baca dari blognya kang taufik sepertinya perbedaan mendasar berada pada combibrake pada ABS CBR250R, sedangkan untuk ABS Ninja 250 FI tidak menggunakan combibrake.

schema combi brake pada cbr 250r sumber tmcblog.com

Combi brake fungsinya mengkombinasikan pengereman depan dan belakang dengan hanya menekan tuas rem belakang saja (CMIIW).  Otomatis beban pengereman terbagi antara rem depan dan belakang, sehingga kerja rem belakang lebih ringan kerjanya. Hal ini meminimalisasikan panas berlebih pada sistem rem belakang sehingga tidak terjadi gejala ngeblong karena kepanasan.

Sayangnya di Ninja 250 ABS version tidak punya fitur seperti ini. Pertanyaannya…. bagaimana cara ganti selang rem untuk ABS? Bisa gak ya? Sekian dulu analisa ngawur versi saya :D