Atasi Fairing Mangap Ninja 250 Fi

Pemilik Ninja 250 Fi pasti tau motornya jauh berbeda dengan Ninja 250R (versi karbu), terutama dibagian body. Baut baut pun beda, untuk Ninja 250 Fi lebih ribet. Tapi ada sesuatu yang khas dari Ninja 250 Fi, mungkin juga lebih tepat disebut sebagai penyakit, yaitu fairing bagian depan suka mangap. Oalah apa kurang dikasi makan? Nyebelin sih suer.

fairing menganga.. :(
fairing menganga.. 😦

Hal sepele memang, namun tidak sedap aja dipandang. Pasti beberapa rekan juga mengalaminya. Ya memang penyakitnya bawaan Ninja 250 Fi. Bisa diperbaikikah? Mudah-mudahan. Setelah berbulan-bulan akhirnya berhasil juga untuk diperbaiki deh si Ocha. Hm..hmm… Mari kita bahas mengenai akar permasalahannya. Kebetulan sisi fairing Ocha sebelah kanan itu rapet dan tidak mangap.

Fairing kanan rapet
Fairing kanan rapet

Bila dibandingkan dengan fairing sebelah kiri sih terdapat perbedaan dibagian sambungan. Tampak seperti patah, tidak selaras dengan garis body depan.

Agak patah 2mm
Agak patah 2mm

Analisa awal sih hal ini menyebabkan plastik tonjolan body fairing yang di depan kurang ngegigit dengan lubang karet yang berada pada body depan.

lubang karet body depan
lubang karet body depan

Mau tidak mau harus diakali supaya posisi body depan sebelah kiri ini agar lebih maju ke depan posisinya. Ada 2 cara yang dapat dilakukan. Cara pertama adalah memperbesar lubang baut 10 yang mengikat body depan, lalu menggeser body depan agar lebih maju saat dikencangkan. Hal ini perlu kikir atau cutter untuk memperbesar lubang yang ada.

Cara kedua adalah menggeser posisi dudukan baut 10 (besi tempat nempel lampu juga) menggunakan kunci inggris dengan target yang sama, yaitu agar tidak terjadi patahan pada body depan dan samping, ataupun agar lubang karet lebih benar posisinya.

siapin kunci inggris
siapin kunci inggris

 

tarik keluar kira kira 3mm
tarik keluar kira kira 3mm

Sip saya pilih cara ke 2… udah di foto.. tapi memang cara kedua ini lebih susah dibanding cara pertama sih :P. Setelah itu saya ganti karet yang di dekat baut 10 itu dengan karet yang sama dari tempat lain. Dengan harapan masih gigit

karet sejenis
karet sejenis

Alhasil berhasil rapet lagi normal. Saat dibawa jalan pun, keluar komplek sampai ke tebet, tidak mangap lagi.

rapet lagi, ocha sembuh
rapet lagi, ocha sembuh

Syukurlah si Ocha sudah sembuh.. Selamat mencoba

Advertisements

9 comments

  1. Mas har…apa saja sih perbedaan abs dan non abs…
    Saya soalnya mau beli mas….
    Minta tlong infonya…

  2. Wah. Bener2 terbantu berkat blog ini.. ninja 250 fi saya udah mangap 2 tahun dari baru. Ke beres complain tetep mangap..
    barusan saya coba. Langsung rapet. Mantaaapp.. thanks bro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s