Pilihan Ban Lokal untuk Ninja 250 di PRJ 2013

Akhirnya sempet juga saya pergi ke Pekan Raya Jakarta 2013. Pekan Raya Jakarta adalah (juga disebut Jakarta Fair) merupakan pameran di Jakarta dalam rangka perayaan ulang tahun kota Jakarta. Ada apa sih di sana? Banyak bro dari motor, baju, karpet, ban, makanan, plus orang orang. Tetapi stand yang berkaitan dengan motor tentu saja menarik untuk dilihat. Siapa tahu ada diskon (macem bawa duit aja).

Stand pertama yang dilihat adalah stand ban IRC. Yuk mari sekalian dibahas aja, kira kira ada pilihan ban baru apa aja sih untuk ninja 250 di PRJ? Di stand IRC ternyata ada ban yang tampaknya sporty banget.. hmm ban baru kayanya

IRC Exato
IRC Exato

Keren yah kembangannya. Ukuran 150/60 tersedia dengan range harga kisaran 500ribuan rupiah. Saat ditanya ke mbak mbak SPGnya sih dia kurang tahu spek komponnya soft hard ato medium (ya maklum ya) tapi katanya kembangan model baru ini performanya sangat baik untuk kondisi basah, kering, dan jalanan bergelombang. Ah masa sih mbak?

Selanjutnya jalan jalan lagi ke standnya Zeneos. Kalau tidak salah sih Zeneos juga satu pabrikan dengan IRC ya. Disini dipamerkan 2 jenis ban yang ada sampai ukuran 150/60 yaitu ZN91 dan ZN62.

ZN 91 (kiri) dan ZN 62 (kanan)
ZN 91 (kiri) dan ZN 62 (kanan)

Sebenarnya sih untuk ZN62 sudah dari tahun lalu saya mengetahuinya. Kesannya sih saat melihat sangat sporty. Sekilas seperti Michelin pilot power. Harga juga tidak terlalu mahal, masih dibawah 500rb. Tapi memang jenis compoundnya bukan soft sepertinya. Review beberapa teman yang sudah memakai sih bervariasi. Ada yang bilang enak gripnya, ada yang bilang licin. Hmmm… sepertinya musti cobain sendiri nih..

Next jalan jalan lagi ke stand yang lain. Akhirnya ke stand Achilles, ternyata ada stand ban Corsa. Ya memang ban Corsa terkenal untuk ban yang harganya cukup murah meriah mantab. Yang cukup menarik ternyata ada juga ban ukuran 150/60 yang baru.

R46
R46

Tipenya R46, dijelaskan oleh SPG nya bahwa ini adalah ban spesifikasi balap sehingga menggunakan soft compound. Hmn menarik. Namun sayang belum ada price listnya. Menurut SPG tersebut kisaran harga 700-800rb. Lumayan juga ya. Namun katanya ban ini sudah digunakan untuk ajang balap di Malaysia. Hehehe… jujur sih bakal menarik banget kalau ban ini sudah dijual bebas. Terutama dengan embel embel soft compoundnya. Cornering makin asik lagi.

Kira kira pabrikan ada yang mau kasih sample gak ya? :p Ngarep.com dah hahahaha. Yang pasti ban baru tersebut akan meramaikan bursa ban lokal untuk pasar Ninja 250 dan teman temannya. Kalau punya duit lebih sih boleh pake merk luar seperti battlax, michelin, dsb. Kalau dana sedang cekak boleh lah cari yang lokalan. Tapi jangan mengharap performanya sebagus merk luar yang mahal mahal ya 😀

Advertisements

4 comments

    • nah..anak2 cbr club banyak yg pake memang. Ada yg bilang licin, ada juga yg kemarin pake di sentul corneringnya sampe ga ada sisa bannya (chicken stripnya sampe ujung bibir ban)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s