DIY: Servis Kecil Kecilan Ninja 250 Injeksimu

Tanggal 20an, gaji belum turun, si ninin tarikannya udah ga enak. Yuk mari bawa ke bengkel resmi untuk di service. Pas dateng ke bengkel resmi tanya tanya biaya service ringannya ternyata 150rb… kesan pertama “mahal bener Malih”. Sejatinya motor injeksi minim perawatan, dan mudah diservice. Ya wong apa sih yg mau di service mesinnya? Bersihin karburator? Karburatornya aja gak ada, hahahaha, karena sudah digantikan fungsinya dengan throttle dan injektor. Jadi harusnya yang dibersihkan throttle nya dan injektornya dong? Logis!

throttle body ninja 250 by ecotrons.com

Sayangnya saat ini masih sedikit bengkel yang bisa melakukan pembersihan injector, bahkan kayanya bengkel resmi pun belum support. Lagian ngebersihin injector kayanya butuh sampai puluhan ribu km baru perlu dibersihin, kayaknya lho ya. Ya yang paling bisa dilakukan untuk membersihkan injector ya menggunakan aditive di bahan bakar yang diclaim bisa membersihkan injector.

Balik lagi soal service kecil kawasaki ninja 250 fi yang seharga 150rb. Setelah saya amati hal yang dilakukan cuma 3 step yaitu : ganti oli, bersihin filter karburator, cek sensor menggunakan Kawasaki diagnostic tools. Cuma gitu doang nih? Eces! Bongkar sendiri juga bisa lah hahaha. Pantesan mekaniknya pada seneng kalo Ninja 250 Injection yang dateng buat service, dibanding versi karburator yang harus membersihkan karburator segala. Sebenernya langkah langkah ini bisa dilakukan sendiri di rumah (kecuali cek sensor, tidak berlaku kalau sudah punya Kawasaki diagnostic Tools nya).

Step 1: Ganti oli

Siapin oli 2 liter, kunci 17, penampungan oli buangan. Bro-sis bisa membuka lubang buangan oli yang berada di bawah dengan kunci 17, sebelumnya diletakan dulu penampung oli buangannya ya biar oli dari mesin tersalur kesana.

baut pembuangan oli
baut pembuangan oli

Hati hati ada ring bautnya yang terkadang jatuh saat proses pembuanga oli. Kalau punya kompresor lebih bagus kalau disemprot semprot agar sisa oli keluar semua, kalau tidak punya ya ditunggu saja sampai tetesannya berhenti. Next step tinggal ditutup lagi (pastikan jangan over pas ngencenginnya)  lalu isi oli dengan oli yang baru. Cukup dengan 2 liter aja, oli yang recomended ukuran 10w-40.  Oh iya biasakan untuk melakukan prosedur ini saat  mesin dingin disinyalir oli sedang berkumpul di bawah dan mengurangi resiko baut slek untuk baut olinya.

Step 2: Membersihkan filter udara

Oke step ini cukup gampang, tinggal siapin obeng plus, kunci L nomor 4, dan bensin secukupnya + oli baru sedikit. Oke mari kita buka penutup box filternya. Lokasinya ada di sebelah kanan motor. Pertama copot dulu body di bawah jok dengan kunci L nomor 4, lalu kita akan menemukan 3 baut yang dapat dibuka dengan obeng plus

box filter
box filter

Di dalamnya ada filter, kalau filter udara standar bahannya dari busa (spons), kalau punya saya merk Ferrox, tarik aja keluar.

filter dikeluarkan
filter dikeluarkan

Selanjutnya  membersihkan filternya, untuk filter standar siapkan bensin untuk merendam busanya lalu diperas-peras hingga kering. Selanjutnya oleskan sedikit oli baru di permukaannya di 1 sisi (sisi yang bersih dari oli diletakan menghadap lubang filterbox ke throttle), jangan kebanyakan ya. Kalau ferrox tinggal semprot semprot aja dengan air sampai kotorannya bersih, lalu dikeringin deh.

Mumpung lagi buka box filter sekalian saja bersihkan throttle , langsung ambil engine conditioner ataupun throttle cleaner(ada merk AHRS, Engine DCS, STP) trus nyalakan mesin. Harga cleaner bervariasi 30-50rb-an, namun bisa digunakan berkali kali. Saran saya sih cari merk yang lazim dikenal saja biar hasilnya gak mengecewakan (mudah mudahan). Semportkan engine conditioner ke dalam box (ke lubang lubang yang kearah throttle) sambil digas gas motornya hingga 6000-7000rpm.

semprot sambil di gas
semprot sambil di gas

Apabila motor agak ngebrebet ataupun mati saat di semprot sambil digas-gas itu wajar. Hentikan penyemprotan trus coba nyalakan lagi saja. Nanti juga bener lagi putaran gasnya. Hal ini karena senyawa throttle cleaner masuk ke ruang bakar. Nah karakter cairan ini berbeda dengan bensin sehingga umumnya terjadi gejala gas brebet, kadang muncul asap putih juga dari knalpot. Menurut claim produk produk tersebut sih bisa merontokan kerak karbon di kepala piston. Ya percaya aja deh, males buka head untuk memastikannya lebih jauh. 😛

Sip beres rakit kembali box filter dan filternya dan selesai.

Step 3: Cek Sensor menggunakan Kawasaki Diagnostic Tools

Nah kalau ini sih saya ga punya toolsnya. Bisa samperin ke bengkel kawasaki terdekat :P. Tapi sebagai informasi untuk mengecek sensor ini dan harga service harganya sama aja. Mahal bok. Jadi kalo bro bro sekalian mau ngecek sensor memang mendingan sekalian service aja deh di kawasaki.

Menurut saya sih kemahalan memang. Harusnya bisa lebih murah lagi ya, orang fungsinya cuma hanya bisa membaca sensor, masa ngecek doang 150rb.

Ya setelah melakukan langkah langkah tersebut biasanya sih tarikan motor jadi enteng kembali. Selamat mencoba 🙂

55 comments

  1. kemaren saya ganti oli + filter diberes. saya perhatikan dia mengisi oli 2.4L, lalu saya tanya, bukannya ganti filter cuma 2.2L. kata mekaniknya ada perubahan dalam pengisian oli yang dia dapet lewat email dari KMI. pengisian tanpa ganti filter 2.2L, ganti filter 2.4L. tapi saya lupa minta liat email itu.
    mungkin ada info lain??

  2. di kawak surapita malang cm 35 ribu om. saya servis km 5000 kmrn, bersihin filter sama cek pake kawak diagnostic, oli kata mekaniknya masih bagus jdnya gk ganti,, jg d kasih tau cara buat bersihin filter sendiri 🙂

  3. Mantapp…

    Nambahin dikit, oom…

    – Kalo mau semprot pake kompresor angin, pastikan di kompresornya ga ada air di tabungnya, jadi pas disemprot ga ngecrot juga airnya pas nyemprot angin… *Maklum tukang cuci, sering nguras kompresor angin biar joss

    – Kalo rajin (kalo kerajinan malah), bisa ditinggal semaleman dulu abis oli dikuras, sambil nunggu oli netes sampe abis.. Trus paginya tinggal pasang baut, filter, n isi olinya…

    cmiiw ya, kk Harley yang baik hati :*

  4. om engine conditioner tuh, sama gak ama carburator cleaner yg disemprot gitu?
    gw dah beli , tapi bingung mau semprotin dmnya hehehe
    thx bro

    • Mang kmahalan om biaya servisnya!
      Gila aja kmrn ane baru mau ganti oli. Bengkelnya bilang oli 69rb. Ganti oli jasanya 15rb! Ya ok lah ane ganti pikirnya oli ori.
      Trus ane liatin mekanikmya kerja
      Gataunya dia servis saringan dibuka bhkan disemprot pun tidak!. Karna sebelumnya ane bawa ke bengkel moge yg dia lakukan jg sama. Buka saringan disemprot trus posisi throttle body digoyang dikit biar ga terlalu nembak.
      Trus di bengkel kaoskakinya analisis enginenya pake tool diagnostik.
      Ane liatin smua tu. Softwarenya nga ngapa ngapain tu cuman bener bener melihat aja sensor sensornya tu jalan ngak. ada yg error atau pernah error tidak. Campuran udaranya. Trus posisi buka throtle nya. Useless!!! Nga bs remapping jg!
      Nga bisa reset atau apa kalau rusak. Kalo di mobil masi mending ada tombol reset. Tp klo sensornya ga diganti jg tetep si :p
      Waktu bonnya keluar tau nga biayanya brapa! 169rb. Asli ane rasanya kena tipu banget. Padahal cuman mau ganti oli. Tanya ke operatoenya jg cuman dikasi tau biaya ganti olis. Tapi betapa marahnya ane ketika tau biaya aslinya!
      Bukan masalah mahalnya loh. Kalau 1 jt juga ane bayar. Kalau servisnya memang ada.
      1. Ini cuman diagnostik! Ane nga peenah ngeluh ada masalah kok didiagnostik! Padahal mau ganti oli doank
      2. Oli nya masi semi sintetik harganya sintetik!
      3. Bengkelnya pandai menerka pikiran ane ! Kayak penerawang saja! Mau ganti oli ditanya biaya ganti oli. Setuju hanya ganti oli bisa berubah!????
      4. Mekanik kawasakinya malas! Filter aja nga di blow pake angin
      5. Ane merasa seperti kemalingan walaupun cuman 169rb. Beli oli mobil prima xp pertamina aja cuman 125rb 4 liter! Ini cm 2 liter. Sama sama semi sintetik!
      6. Ane nga bakal balik ke bengkel kawasaki lg !
      Just sharing kenyataan dan feeling ane ni..

      • Pengalaman yang serupa. Gw pgn cek aki karna gw ngerasa aki Ninja FI gw mulai drop. Pgn tau apa masi bs dicharge atau harus ganti, jg pgn tau apa spool bermasalah sampe aki gw drop.

        Yang dilakukan ya lagi2 sambung motor gw ke tool diagnostic di laptop. Akhir kata gw kena charge 40rb! Aki gw gak dibongkar keq, apa dicharge keq, cm diliat di laptop doank, lepas, eces 40rb!

        Buat cek aki doank, di toko aki gratis keleeees!! Segitu butuh duitnya ya Kawasaki sampe gorok konsumen dengan playanan pas2an? Motornya bagus tp pelayanan beuuh ga berkelas

  5. Di Bali biaya service 200rb bro,,mhal bgt buat cuman cek ringan. Kemarin gw ganti kampas rem blkang harga 200rb jga blm biaya pasang 50rb jdinya 250 rb. Wih,, premium bgt nih kawasaki. Ga jdi beli beras gw… rncana mo ta jual bbrapa bln lagi, Mo ganti R25, srvice ringan cuma 60rn doang, motornya kenceng lgi.

  6. Wah, mahal jg y…
    Saya rencna mau beli z250sl ni bro harley buat krjaan bolak balik luar kota. Ap srvisny semahal 250f1 jg y? , info servis z250sl donk / rr mono jg gpp. Kn mesin ny kembar tu

  7. Bro harley, saya baru coba servis sendiri nih.. ane pake STP carb spray injector cleaner.. setelah selesai kok gt mesin dimatiin agak lama pas mau nyalain lagi jd agak susah yaa?
    tapi klo mesin ud nyaala gaada masalah sih…
    apakah ada step yang salah ketika saya semprot ke intake?

    • Ngga om, wajar…carb spraynya mmg agak lbh susah terbakar dibanding bensin, makanya saat disemprot sambil di gas RPM pasti turun… namun kerak2 di dalam ruang bakar sih biasanya rontok..
      Biasanya kl disemprot trs mesin jadi mati, pas nyalainnya agak susah dikit… tp kalo uda nyala tinggal di geber geber aja sampai langsam lagi

  8. newbie ni bos, kalau manasin ninja sebaik nya kondisi di di standarin atau di naikin, atau sama aja…trus kok ninja ane kalau angkatan pertama agak brebet gt bos..mohon pencerahan, makasih…

    • kalau manasin sih distandarin aja juga gapapa…kalo dinaikin ntr pegel hahaha….
      Tp gpp juga si dinaikin…kalau soal brebet banyak kemungkinan om… coba didiskusiin sama bengkel resmi, bisa dari bensin, atau bisa dari busi yg uda minra ganti

  9. om harleys mw nanya.. ninin ane pernah mati sendiri pas nurunin gigi ke 1 (pas mw mati ane geber dikit skitar rpm 2000.. maklum nurunin gigi) dimana letak masalahnya ya om? apa di filter udara? btw ane newbie.. masih SMA.. thanks..

  10. om harleys ane mw nanya.. ninin ane pernah mati 2x di hari yg sama.. matinya pas ane nuruin gigi ke gigi 1 (pas nurunin gigi agak digeber dikit skitar 2000 rpm) masalahnya dimana ya om? apa di filter udara? ninin ane udh smpe 9000km, mohon pencerahannya om.. ane msih newbie msih SMA.. thanks..

  11. Om harly… newbie nih.. mau nanya dong.. klo baut pembuangan oli ninfi bisa diganti ga ya? Pnya ane rembes nih.. #kyknya gara2 oknum ga bertanggung jawab. Klo bisa, dimana harus nyari gantinya? Apa ada ditoko lain slain beres. Cz g mgkin di tuntun motor segede gaban bgtu..^_^ dan Detail baut yg dipake ukuran apa ya om?

    • oit om sandi, untuk baut pembuangan biasanya jarang rusak sih, cuma kalau rembes, coba diganti ring plat yang tembaga..atau dicek ada keretakan gak untuk drat nya.. tapi kalau mau ganti bautnya kayanya sih itu baut 17 biasa kaya motor motor lain punya deh… kalo gak salah

  12. mau tanya?
    kalo pake saringan udara ferrox universal ada efek sampingnya g untuk ninja rr mono?
    mohon pencerahan

Leave a Reply

