Serba Serbi Touring: Petugas-petugas dalam Rombongan

Punya motor keren, suka kumpul sama temen-temen pasti seru. Pasti kegiatannya banyak macem, dari bongkar motor bareng, nonton motogp bareng, sampai mungkin gandengan bareng, eh gak kali ya, apapun dijabanin asal rame. Pastilah kalau sudah kumpul-kumpul gitu pernah riding rame rame beriringan. Biasanya sih disebutnya touring, kalau jaraknya lumayan jauh, nama kerennya sih Rally.

Kadang sebagai pendatang baru, kita pasti malu nanya tentang hal perintilan yang sebenernya harus diketahui sebelum berkendara iring-iringan. Iyalah anak baru, udah tampang keren, motor paling mantep, lulusan universitas terkemuka, masa gak tau soal berkendara iring-iringan, apatuh tadi namanya Rally ya? Gengsi bro! Nah biar ga keliatan beloon beloon banget, lebih baik baca artikel ini bro.

Sebenernya yang hal yang paling dasar yang musti kita ketahui pas mau berkendara iring iringan adalah petugas petugas yang berperan di rombongan itu. Apalagi kalau tugas kita cuma peserta, ga mau kan jadi pengacau dan bikin berantakan rombongan. Oke kita bahas saja ya beberapa petugas yang umumnya ada di setiap acara konvoi kendaraan.

1. Road Captain

Road Captain (disingkat RC) adalah pemimpin konvoi iring iringan kendaraan, yaitu pengendara yang paling depan dari rombongan iring iringan. Tugasnya simple, yaitu mimpin rombongan. RC ini punya kewajiban untuk mengetahui jalur yang ditempuh, ya masa mau konvoi tapi nyasar. Dan sebagai peserta iring iringan 1 hal yang perlu kita ingat, RC gak boleh disalip bro dan ga boleh ga diikutin. Kalo RC disalip jadinya terkudeta lah si RC sama elu bro (ngapain juga sih mengkudeta RC kaga ada gunanya).  Nah kalo gak diikutin itu namanya pembelot, mending ga usah ikut rombongan itu mah,  Tapi jangan khawatir bro, RC itu umumnya memikirkan rombongan yang mengikutinya. Jadi kalau kebelet pipis atau harus isi bensin, ada petugas lain yang tugasnya care sama anggota rombongan.

Trek lebih jauh tapi aspal lebih bagus

Dulu sempet jadi RC

2. Sweeper

Kalau dari artinya “penyapu”, tapi kalau di rombongan konvoi posisinya berada di paling belakang, jadi lo gak perlu takut untuk ketinggalan bro.  Sama seperti RC, umumnya sweeper juga harus tau jalan. Fungsi dari sweeper ini adalah memantau anggota rombongan, menghitung lengkap atau nggak, menginformasikan ke RC apabila terjadi permasalahan pada anggota konvoi. Jadi kalau misalnya saat berkendara trus bensin sudah mau abis, angkat tangan aja, nanti sweeper nyamperin, infoin ke dia kalau bensin lu mau abis bro, nanti si sweeper akan nyusul RC dan infoin bahwa anggota konvoi ada yang kehabisan bensin. Nah karena tugasnya mengharuskan si sweeper untuk mengejar RC, ya u know lah motornya sekenceng apa.

3. Technical Officer

Keren amat yah namanya, padahal tugasnya bawa toolkit yang kumplit untuk jaga jaga jika terjadi kendala teknis pada kendaraan anggota rombongan.  Umumnya sih orangnya asik, eh maksud saya, orangnya tau mengenai how to how how troubleshooting permasalahan motor, misal: motor mogok, ban gembos, tali kopling putus. Jadi ni orang bawaannya paling berat lah pastinya soalnya dia bawa kunci kunci. Mungkin kalau perjalanan jauh dia ngurangin perbekalan baju ganti kali demi membawa toolkitnya. Bagusnya sih si technical officer ini diletakin di depannya sweeper ya.

4. Dokumentasi

Inimah ga usah dijelasin lagi, disuru bawa kamera aja buat narsis narsis dah. Dan yang pasti si petugas dokumentasi ini fotonya paling sedikit diantara yang lainnya.

5. Petugas P3K

Petugas P3K wajib membawa peralatan P3K standar. Ya kalau terjadi apa apa pada saat berkendara, misal kecelakaan kecil, at least dia bertanggung jawab memberikan penanganan awal terhadap luka yang terjadi. Enaknya sih kalau dia itu cewek ya. Ngarep banget ya.

Oke sekian dulu, semoga informasinya bermanfaat

Advertisements

4 thoughts on “Serba Serbi Touring: Petugas-petugas dalam Rombongan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s