DIY Copot Tangki Ninja 250 Fi

Punya motor sport memang beda dengan motor bebek. Paling ketara saat mau ganti busi. Masalahnya ga semua motor sport lokasi businya dapat dijangkau mudah dengan tangan.  Apalagi yang bermesin DOHC, umumnya letak busi berada tepat diatas head. Alamat harus copot tangki nih? Kalau motor karburator sih gampang lah ya tinggal copot, selang tinggal dicabut, gimana dengan injeksi?

Ternyata copot tangki untuk Ninja 250 FI yang notabene sudah injeksi, tidak sesulit yang dibayangkan. Namun tentu saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Isi dalam Tangki

Ini hal yang paling awal di cek. Penuhkah isi tangkinya? Kalau penuh better sih besok besok aja lah copot tangkinya, soalnya berat bro. Tapi kalo punya otot kaya Masagung Hercules sih ya gapapa lah. Maklum 18 liter kira kira seberat 13.5kg. Lumayan apa lumanyun pas ngangkatnya?

2. Selang Bensin

Untuk motor Injeksi selang bensinnya agak sedikit berbeda dibanding dengan motor berkarburator, terlihat jelas ada “clip on” nya.

selang bensin setelah tangki dicopot

selang bensin setelah tangki dicopot

Nah di bagian yang berwarna merah itu adalah penjepit selang ke tangki. Jadi hal yang perlu dilakukan sebelum dicopot adalah mencungkil dahulu dengan obeng negatif agar clip nya terangkat sampai posisi seperti di gambar. Ingat ya mencungkilnya dengan gentle agar tidak rusak. Lalu ditarik deh perlahan saat tangki diangkat. Tenang, bensin tidak akan ngocor kok, soalnya mekanisme aliran bensin dari tangki diatur oleh fuel pump.

3. Soket Fuel Pump

Nah karena motor injeksi umumnya punya fuel pump, pasti adalah soket elektroniknya. Fungsinya untuk menghubungkan fuelpump dengan sumberdaya dan ECU. Teliti dengan seksama bentuknya kira kira seperti ini

soket kelistirkan fuel pump

soket kelistirkan fuel pump

soket satunya lagi

soket satunya lagi

Yang agak unik, cara cabutnya sih bagian clipernya ditekan keluar baru ditarik. Gampang lah kalo ini… Oh iya pastikan stop kontak tidak dalam keadaan menyala ya. Just in case agar tidak terjadi hubungan arus pendek.

4. Selang selang lainnya

Kebetulan di Ninja 250 Fi hanya menyisakan 1 selang lagi, yaitu selang lubang hawa tangki. Ini juga dilepas bro.

selang lubang hawa tangki

selang lubang hawa tangki

lubang hawa tangki

lubang hawa tangki

5. Punya Temen

Kalau bisa bro harus punya temen apabila mau ngerjain proses pencopotan tangki. Bukan kenapa, tapi punya temen itu enak bro. Bisa disuruh suruh ini itu, bisa nemenin disaat galau, bisa sambil ngobrol, pokoknya enak deh. Bayangin aja kalau bro ga punya temen. Hidup ini pasti sepi dan hampa. Halah

6. Jauhkan dari sumber api

Kalau hal ini ga perlu dijelasin lagi ya bro, dan ga boleh dilanggar. Kecuali kalau ente mau main bakar bakaran deh..

 

Jadi jangan lupa itu baru hal hal yang perlu diperhatikan. Nah stepnya yang pasti dilakukan adalah

1. Copot fairing dulu

2. Copot Jok tengah

3. Ambil kunci 10 untuk buka baut pengikat di tangki (dibawah jok adanya)

4. Copot soket

5. Copot selang Fuel Pump

6. Copot selang pernafasan tangki

beres deh bisa diangkat tangkinya. Untuk nomor 4-6 dapat dilakukan sembari diangkat tangkinya setengah, disini fungsi teman sungguh amat diperlukan. Hehehe

tangki tercopot deh

tangki tercopot deh

Oke tinggal utak atik deh businya, atau apanyalah atau dibersihin doang juga bole. Untuk pemasangan ya tinggal lakukan ulang dari step 6-1. Ingat untuk pemasangan selang fuel pump, masukan selangnya hingga mentok baru clip on nya di clip kan. Bahasanya deh.

Selamat mencoba

Advertisements

8 thoughts on “DIY Copot Tangki Ninja 250 Fi

  1. Ade Armand says:

    Bro.. Kenalkan nama saia ade dari aceh, saya tertarik setiap baca ulasan tentang ninin di blog ini, sangat membantu sgala mcam infonya utk pemakai ninin di daerah pinggiran spt saya, boleh kontak lebih lanjut bro? Itung2 dapat sodara dr ujung bro hehe.. Klw bole kmana saya pm biar dapat pin , nomor hp, dst.. Sorry ya bro..klw kurang berkenan..
    Salam satu aspal..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s