Serba Serbi Touring: Toolkit Technical Officer

Back lagi ke Serba Serbi Touring. Kali ini saya akan membahas si tokoh Technical Officer alias si mekanik dalam rombongan. Technical Officer ini memiliki tugas yang cukup penting dalam setiap perjalanan touring, karena dia bertanggung jawab memberikan pertolongan pertama pada permasalahan kendaraan anggota team touringnya. Pastinya si Technical Officer ini harus memiliki beberapa kemampuan sebagai berikut:

  1. Memahami kinerja mesin secara general
  2. Memahami problem kendaraan secara general
  3. Mengetahui cara troubleshooting darurat
  4. Memiliki tangan yang tahan panas
  5. Memiliki kelengkapan tools yang cukup lengkap.

Kedengarannya semua orang bisa jadi Technical Officer, namun perlu disadari, ga semua orang mau mengotorkan tangannya demi membetulkan problem di motor anggota touring kan?

Sejatinya, dalam proses troubleshooting kendaraan yang bermasalah di jalan, perlu tools tools yang cukup lengkap. Ga cukup hanya dengan toolkit yang disediakan di motor standar saja. Apa aja sih yang sebaiknya dibawa oleh Technical Officer:

1. Kunci kunci lengkap

kunci standar

kunci standar

Senjata utama dari seorang Technical Officer adalah toolkit nya yang lengkap.

– Kunci ring (8-14)

– Obeng kembang dan obeng negatif

– Kunci L

– Tang dan tang potong

Semuanya sangat membantu dalam mengatasi masalah yang ada. At least yang perlu dipersiapkan adalah  tools untuk membuka body dan tools untuk penggantian part. Makanya tang potong diperlukan, kalau kalau perlu mengganti kabel kopling

2. Kabel kopling cadangan

Kabel kopling vespa untuk saat darurat

Kabel kopling vespa untuk saat darurat

Yang satu ini adalah penyelamat saat terjadi kopling putus. Sederhana aja tinggal beli kabel kopling vespa dan nipple nya. Paling mahal 10rb. Kabel kopling punya vespa memiliki kelebihan dibanding membawa kabel kopling standar, terutama karena kabel dan rumah kabel koplingnya terpisah. Jadi kita bisa bawa kabelnya aja. Selain itu panjang kabel kopling vespa sungguh amat panjang dan juga tebal. Dijamin kuat untuk keadaan darurat walau tak enak dipandang.

3. Tambal ban kit

Tambel ban tubeless

Tambal ban tubeless

Alat penambal ban tubless ini sekarang sudah cukup mudah untuk dibeli. Di supermarket aja ada kok, kisaran harga 25rb. Sangat membantu jika ditengah perjalanan in the middle of somewhere terjadi ban bocor. Tinggal tambal sendiri. Mungkin juga kalau kehabisan biaya perjalanan bisa membuka jasa tambal ban dipinggir jalan untuk menambah nambah isi dompet. Oh ya jangan lupa bawa pompanya ya.

4. Sikring

sikring 10A

sikring 10A

Nah alat yang satu ini kecil kecil tapi pasti ga kepikiran dibawa. Kadang motor perserta mungkin ga punya cadangan sikringnya. Apalagi era injeksi, komponen kelistrikan menjadi urat nadi dari kinerja mesin. So bawa aja banyakan, murah kok 1-2rb perbuah.

5. Pisau lipat

pisau lipat

pisau lipat

Masih ingetkan jamannya film McGayver. Pisau lipat ini senjata utama si McGayver dalam aksi aksinya. Lihat saja kelengkapannya. Selain pisau ada gergaji kecil, gunting kecil, pembuka botol. Dan wow ada kompasnya… siapa tau tersesat kan, mau gak mau ya andalkan gps mekanik ini.

Nah gak sedikit kan? Jadi jangan heran kalau si Technical Officer ini bawaannya paling berat. Ya iya lah toolskitnya paling banyak. Atau bisa jadi si Technical Officer ini bawaan bajunya paling sedikit. Jadi jangan diceng cengin ya kalo doi jarang ganti baju.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s