Yamaha R25: Penantang Baru dari Garputala Biru

Hari ini 20 November 2013, pada acara Tokyo Motor Show 2013 akhirnya pihak Yamaha unjuk gigi memperkenal varian barunya si baby M1 Yamaha R25. Kebetulan di kantor iseng iseng lihat otomotifnet.com dan blognya om taufik tmcblog.com kesan pertama “Oh akhirnya keluar juga”. Ah gambarnya kurang detail, eh iseng deh liat blognya si om leo 7leopold7.com gambarnya ajib broo lengkap. Monggo cek blognya disini.

Gatel juga ni tangan mau komentarin si penantang baru yang agak cukup terlambat keluar. Ya gapapa lah daripada ga keluar sama skali. Om Leo pinjem ya fotonya :D.

R25 -7leopold7.com

R25 -7leopold7.com

1. Desain

Walau masih bisa dibilang prototype untuk yang racing version, tapi kira kira sih bisa dilihat jelas bahwa modelnya Yamaha M1 wanna be. Disini terlihat jelas bahwa motogp bukan hanya sekedar ajang untuk pembuktian mesin prototype dari tiap tiap pabrikan, tapi menjadi ajang untuk promosi dan jualan. Walau agak cukup berbeda dengan konsep WSBK, namun konsep yang ditawarkan cukup berani. Seolah olah mindsetnya adalah “Motor ini adalah genre turunan dari yamaha M1 yang Valentino Rossi tunggangi” . Keren aja kan kalau gue pake motor yang mirip sama motornya Rossi di motogp. Iya deh bang..

Yamaha M1 wanna be - gambar dari 7leopold7.com

Yamaha M1 wanna be – gambar dari 7leopold7.com

Cuma yang jadi agak lucunya adalah agaknya desainnya seperti familiar yang sering dilihat di jalan raya Indonesia. Mirip kaya vixion modif ala yamaha M1 ya. Secara memang aliran modif vixion selama ini banyak juga yang nyerempet nyerempet mengikuti model yamaha M1.

2. Mesin

Tuh kan 2 silinder. Secara logika kebaca strategi si Yamaha, mungkin memang Indonesia jadi negara yang menjadi inspirasi banget untuk desain mesin ini. Disini semahal mahalnya motor 250cc tetap saja dari Geng Ijo menang dibanding Sayap Kepak, cuma gara gara hal sepele. Seolah olah omongannya “yang penting suaranya merdu stereo”. Terlihatkan bangsa ini bosan dengan hal yang terlalu sering ditemui. Walau mahal tapi gapapa lah asal gak kaya orang kebanyakan.

R25 engine -7Leopold7.com

R25 engine -7Leopold7.com

Secara segment 250cc cukup mengiurkan dan sudah ketahuan jelas bahwa sayap kepak belum mampu melebarkan sayapnya lebih lebar, maka ini merupakan kesempatan yang cukup lumayan baik diambil oleh Yamaha apalagi kalau tidak menggunakan 2 silinder. Siapa sih yang bakal meragukan kualitas yamaha? Pricing gimana kah? Kalau memang R25 diproduksi di Indonesia maka geng ijo harus prepare berbagi market dengan Yamaha. Kenapa? Karena saya yakin ujung ujungnya duit, dalam arti siapa yang murah dan berkualitas dia yang menang.

3. Timing

Timing disini sih terus terang saja mengenai kapan si Yamaha ini keluar resmi untuk dipasarkan di Indonesia. Fenomena ini mungkin juga dapat mengganggu penjualan Ninja 250 seken. Semua orang pasti pada penasaran seperti apa R25 itu? Mending nunggu sebentar deh siapa tau lebih murah. Siapa tau sensasinya lebih oke. Dan masih banyak lagi.

Selain itu hal ini pun dapat dimanfaatkan untuk mendongkrak penjualan Yamaha di Indonesia. Dengan kembalinya the Doctor yang notabene lebih mendongkrak penjualan sepeda motor Yamaha dibanding si Lorenzo, ini merupakan momen yang pas untuk membangkitkan penjualan. Lihat aja video teasernya pun Valentino Rossi sendiri yang turun tangan. Pokoknya kalau mau kredit Yamaha di Bussan Auto Finance ya.

mungkin ini pertanyaan  mendasar untuk geng ijo. Nextnya gimana? Mau saingan head to head atau mau menelurkan segment yang lebih nyeleneh lagi dengan 250cc 4 silinder. Kalau dari sisi harga nanti R25 jauh dibawah Ninja 250 fi maka mau gak mau mungkin 4 silinder pun bakal lahir diam diam.

Mungkin setelah R25 dipamerkan maka persaingan di kelas 250cc akan semakin menarik. Tapi negeri ini memang lucu, pajak terlalu mahal untuk motor motor cc besar, ya semoga pajak tersebut dapat benar digunakan untuk kemajuan bangsa ya. Amien.

Advertisements

6 thoughts on “Yamaha R25: Penantang Baru dari Garputala Biru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s