Modifikasi New Vixion untuk Kalangan Disability

Selamat siang, akhirnya punya kesempatan untuk nulis lagi. Kali ini saya ingin membahas tentang modifikasi yang dilakukan oleh salah seorang yang bekerja di gedung yang sama dengan saya. Namun rekan kita itu memiliki keterbatasan dalam berkendara. Well hal yang saya suka dia tetap terus masuk kantor setiap hari walau dengan keterbatasannya itu, salut gw bro sm lu.

Namun beberapa bulan lalu, saya melihat tampaknya dia ganti motor. Dulunya tipe bebek, namun sekarang motor laki bro. Agak penasaran saya bagaimana cara berkendaranya, karena belum pernah saya melihat motor laki di modifikasi untuk kalangan yang memiliki keterbatasan. Diam diam saya saat melakukan ritual belanja sarapan tadi pagi saya dekati motornya. Yuk mari kita simak.

New Vixion bro!
New Vixion bro!

Jelas bro ini merupakan New Vixion, namun sudah dimodifikasi sedemikian rupa, roda belakang jadi tiga. Hal ini membuktikan, kalau memang New Vixion masih menjadi raja motor batangan, atau motor laki untuk berbagai pihak. Harga yang cukup terjangkau, performa mesin yang optimal dan juga konsumsi bahan bakar yang irit menjadikan Vixion series banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia.

tampak depan
tampak depan

Jika diperhatikan, untuk urusan kaki kaki depan, tidak ada ubahan yang berarti, namun dibagian kaki kaki belakang ubahannya cukup unik.

tampak belakang
tampak belakang

Terlihat dengan seksama, pengereman cakram disematkan pada kedua roda kanan kiri, wah ini pastinya master remnya harus kuat. Perhatikan bagian muffler knalpotnya, diletakan di bawah buntut belakang, seperti MotoGP

muffler undertail
muffler undertail

Yang jadi pertanyaan adalah, bagaimana mekanisme memindahkan giginya? Karena motor ini motor kopling. Umumnya untuk motor bebek, pemindahan gigi diakali dengan cara menggunakan tuas penekan sehingga tidak memerlukan bantuan kaki untuk memindahkan gigi. Namun teryata hal ini sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga perpindahan gigi dan kopling tetap menggunakan tangan.

mekanisme persneling
mekanisme persneling

Mekanisme persneling ini menggunakan mekanisme seperti motor vespa lawas, sehingga pergantian gigi dilakukan sembari diputer puter tuas koplingnya. Nice idea dude. Salut banget saya melihat modifikasi motor ini. Keren bro. Oke sekian dulu ya. Selalu ingat untuk terus berhati hati dalam berkendara dan hargai pengendara lain. 😀

2 comments

Leave a Reply

