Yamaha R15 vs CBR 150 lokal?

Disela sela waktu menunggu launching Yamaha R25, mungkin sudah saatnya membahas strategi motor sport kelas 150cc yang mungkin terjadi di Indonesia. Memang Yamaha R15 baru saja lahir di negara kita dan mulai didistribusikan sejak minggu ke 1 May 2014 di beberapa daerah. Saya pun sempat ditawari R15 berwarna hitam di salah satu dealer di Jakarta. Harga tidak terlalu mahal dan fitur fitur menarik cukup membuat konsumen yang ingin menjajal segment sport 150 pun melirik jagoan baru dari Yamaha ini.

yamaha r15

yamaha r15

Namun bagaimana stragetgi si kubu sayap kepak untuk menghadang si R15 ini. Issue dan bocorannya adalah akan adanya CBR150 versi lokal, tanpa embel embel “R” dibelakangnya. Basis motornya berasal dari CB150R. Memang CB150R cukup mampu bersaing dengan generasi vixion. Namun apakah mampu menghadang si R15 ini?

new honda cbr

new honda cbr

Menurut pendapat saya, CBR150 lokal harus memiliki nilai lebih dari sekedar CB150R yang diberi fairing. Kenapa? Mari kita lihat strategi desain yamaha R15.

Dibagian swing arm, yamaha R15 menyajikan upgrade yang cukup significant. Menggunakan swingarm almunium berbentuk banana. Tampilan jadi lebih keren.

swing arm r15

swing arm r15

Mudah mudahan CBR150 lokal pun akan mengupgrade swing armnya agar tidak sama seperti CB150R yang sempat mengalami kasus dibeberapa produksinya.

Next nya adalah aksesori yang ditawarkan pihak pabrikan. Tampaknya yamaha cukup pintar menambahkan beberapa aksesori yang cukup meningkatkan performance mesin, seperti ECU Daytona dan knalpot Sakura

ecu daytona

ecu daytona

Secara di negara kita banyak banget orang yang suka modif korek harian. Ya mungkin dengan ini pabrikan memberikan jalan untuk korek harian yang mudah mungkin. Mudah mudahan si sayap kepak juga menyediakan aksesoris seperti ini.

Tampaknya memang value yang dimiliki oleh yamaha R15 ini cukup mempesona, akankah sayap kepak dapat mengalahkannya? Kita tunggu saja nanti…. sambil nunggu yamaha R15 sudah terjual banyak…

Advertisements

One thought on “Yamaha R15 vs CBR 150 lokal?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s