DIY: Ganti Klakson Dual Sound

Kebetulan hari Jumat kemarin saya mendapatkan jatah libur tambahan dari kantor, dikarenakan terlalu banyak bertugas di hari weekend. Maklum sudah tidak dapat lemburan. Trus ngapain aja hari jumat ini? Nah iseng iseng liat si カマキリ (Kamakiri) trus seperti biasa deh, jadi mikir apa yang masih kurang untuk diotak atik. Dasar emang ya gatel nih tangan. Sembari menunggu plat nomor yang belum juga terbit, tiba tiba dapet ilham untuk mengganti klakson bawaan menjadi yang lebih kencang, kalau bisa dual sound gitu biar sterio. Maklum deh klakson bawaan pabrik masih kurang priwit.

Pilihan klakson dual sound ini sebenarnya banyak sekali merk dan modelnya. Ada yang yang modelnya Keong, ada yang modelnya disk.

hella keong
hella keong

lah bedanya apa sih gan? itu lho kalo keong, disinyalir suara lebih bulet dan kencang. Namun perlu diinget klakson keong ini musuh utamanya adalah air, kalo kesemprot bisa kreyep kreyep suaranya. Alasan inilah kenapa saya selalu memilih yang tipe disk, selain lebih murah, klakson tipe disk lebih tahan air.

Denso Disk + Kabel
Denso Disk + Kabel

Nah dikarenakan dulu si Ocha sudah menggunakan klakson disk merk Hella,yang ditebus dengan harga 100rban, kali ini saya beli Denso Dual Disk, dengan harga 110rb sudah termasuk dengan kabel dan relay di FJB Kaskus. Kalau gak salah suaranya sama seperti mobil Inova 😛 Yuk mari kita pasang gan.

Yang pertama-tama perlu kita lakukan adalah copot body body di sebelah kiri. Jangan lupa jok juga diangkat gan, soalnya lokasi battery, atau accu, ada dibawah jok depan.

baut baut yang merah dicopot gan
baut baut yang merah dicopot gan

Mencopotnya gak susah kok, gunakan saja kunci L bawaan di toolkit bawaan.

nah kecopot semua bodynya
nah kecopot semua bodynya

Lanjut, mari kita persiapkan dudukan klakson yang baru. Usahakan sih arah klakson tetap menghadap ke depan, biar lebih optimal suaranya, kan mau klaksonin depan.

Gunakan dudukan klakson standar
Gunakan dudukan klakson standar

Karena kebetulan klakson standarnya juga dudukannya ga ribet, saya memutuskan untuk menyambung saja dengan dudukan klakson yang lama, jadi modelnya Y gitu ya. Next tinggal urus perkabelannya deh. Hal ini memerlukan keahlian khusus (boong deng) untuk mengulur ngulur kabel di celah celah motor.

diulur ulur gan
diulur ulur gan

Pengaturan kabel diusahakan untuk tidak terkena pada body motor, dikarenakan panas motor yang berlebih dikawatirkan menyebabkan kabel meleleh. Untuk skema pemasangan kabel, teman teman bisa coba lihat dari skemanya om salt7

skema pemasangan relay
skema pemasangan relay

untuk point A dan B adalah titik temu dengan kabel klakson standar. sisanya ikutin gambar dah, pasti bisa. Yang pasti untuk koneksi ke accu mohon dipasangnya paling akhir, agar mencegah korsleting karena human error.

terpasang
Done – terpasang

Okeeeh sekarang din din nya  uda kaya Inova. 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s