Premium Naik, Pertamax Turun, SPBU Shell Makin Diminati

Perhatian perhatian, Bensin Premium naik harganya menjadi 8500 rupiah per liter, tapi ada kabar gembira bagi kita semua… harga Pertamax kini turun menjadi 9950 rupiah. Wow….. memang sih kalau boleh jujur, kenaikan BBM pasti impact nya cukup menakutkan. Kemungkinan efek dominonya baru berasa antara bulan ke 2 sampai bulan ke 3. Biasanya harga harga barang lain pasti naik, ya minimal sembako naik deh.

Namun di Jakarta, muncul fenomena baru. Yaitu SPBU Shell yang notabene biasanya sepi, kini semakin menjadi ramai.

antrian di SPBU Shell ekonomi.kompasiana.com
antrian di SPBU Shell ekonomi.kompasiana.com

Sebenernya sih pasti yang dibeli adalah Shell Super, yang notabene Pertamina pun juga punya Pertamax, tapi kenapa seolah olah customer berpindah dari Pertamina ke Shell? Mari kita analisa ngasal dan sederhana:

1. Takaran bensin

Sudah menjadi mitos, atau kepercayaan beberapa orang, untuk takaran literan bensin yang dikeluarkan oleh mesin SPBU Shell masih lebih baik dibandingkan dengan SPBU Pertamina. Sebenernya sih ga tau deh bagusan mana takarannya, toh Pertamina pun punya jargon “Pasti Pas” nya yang selama ini  dikeluarkan. Bener nih Pasti Pas?

Pasti Pas! logo
Pasti Pas! logo

2. Pembeli BBM non Subsidi diutamakan.

Sebagian orang, jaman dulu, termasuk saya, selalu ingin diutamakan dalam perihal mengisi bensin, terutama saat mengendarai motor. Maklum kalau beli Premium, ngantrinya naujubile, padahal mau ngisi Pertamax. Ya mau ga mau ikutan antri bersama teman teman yang lain, tidak ada jalur khusus, ataupun kalau mau mengisi di pompa yang sedang kosong pun ga boleh (hanya terima mobil). Dulu sih hal kaya gini ga ditemuin di SPBU Shell. Setiap pembeli, motor atau mobil tidak dikhususkan untuk jalur pengisian pompa bensin mana. Semua dilayanin On the Fly. Tapi sih itu dulu, kini semakin ramainya ya tetep aja ngantri ngantri kaya dulu. #ElusDada

3. Kartu ClubSmart

Nah ini jadi nilai plus nan telak dari produk Shell. ClubSmart Card fungsinya adalah kita bisa mengumpulkan point dari setiap pembelian bensin, kalau tidak salah untuk 1 liter bensin Super mendapat 1 point, Vpower 2 point. Setelah point cukup bisa mendapatkan potongan harga dari total pembelian bensin, walau gak banyak sih…paling paling 5rb. Tapi nilai plusnya adalah kartu ini menambahkan asuransi kecelakaan kita secara gratis, dengan nilai tanggungan 10jt rupiah. Ya lumayan untuk ukuran gratis mah.

clubsmart
clubsmart

Pertamina sudah saatnya ngeluarin kartu serupa, Kartu Minyak Indonesia mungkin….

4. Layanan Plus Plus lainnya.

Dapat dilihat di pom bensin Shell bagi yang punya mobil kadang mendapat pelayanan plus plus, seperti misalnya kacanya dibersihin, anginnya diisiin gratis tis tis. Mungkin pembeli jadi dimanjakan ya. Di Pertamina sebenarnya sudah ada juga di beberapa SPBU kenamaan untuk layanan seperti ini. Bahkan ada juga Self Service untuk pengisian bensin lho, jadi kita tinggal beli kupon, kita isi di pompa mana saja sendiri. Disinilah IT berperan penting, untuk mengurangi tenaga kerja manusia dalam pengisian bensin konvensional.

oke sekian dulu analisa ngasalnya… mudah mudahan agak bermanfaat. 😛

Advertisements

One comment

  1. Dengan selisih harga yg 1400-an rupiah banyak yg beralih dari premium ke pertamax. Tinggal Pertamina harus meningkatkan pelayanan kepada pembeli, jagan kalah sama kompetitor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s