Ngoprek HD Dyna Wide Glide 1995

Sepeti yang diposting sebelumnya, kebetulan di rumah hadir motor Harley Davidson Dyna Wide Glide terbitan tahun 1995, namun keadaannya tidak menyala. Duh motor keren keren kok mogok :P. Ya maklum saja, motor berumur hampir 20 tahun ini jarang digunakan oleh paman saya yang tinggal di Bandar Lampung. Yuk mari kita oprek supaya nyala lagi.

Hal pertama yang dilakukan pengecekan adalah di sisi karburator. Kebetulan saat di starter, memang hisapan dari karburator agak kurang. Setelah dicek secara visual, untuk intake manifold engine sebelah kiri agak basah. Jangan jangan bocor?

bokap lagi otak atik karburator

bokap lagi otak atik karburator

Langsung aja dibongkar sama bokap bagian karburator nya. Setelah dicek memang sih untuk karet karet sealnya itu agak getas. Maklum sudah hampir 20 tahun tidak pernah diperbaharui.

intake manifold HD

intake manifold HD

sebenarnya sih sparepart seperti ini pasti tersedia di Mabua, namun karena khawatir harganya yang selangit, jadi mau gak mau diakalin untuk sealnya dengan membeli O ring yang seukuran. Memang sih desain dari sananya agak beda dibanding dengan seal biasa, bentuknya mengerucut gitu.

seal manifold

Sip beres, karburator pun dirapihkan kembali dan dipasang ke tempatnya semula. 20141209_061743

Namun sayangnya motor juga masih belum bisa menyala. Apanya lagi ya? Maka setelah itu dilakukan lagi pengecekan dibagian pengapian. Sayangnya bagian pengapian tidak mengalami kendala, walau terlihat api kecil… sepertinya ini berkaitan dengan kelistrikan. Jangan jangan Accunya sudah soak kali ya. Dan ternyata memang benar…. Accunya hanya 11v, pantes aja gak ngangkat. Langsung saja diganti dengan Accu baru merk MF, 20 Ampere.

accu MF 20 Ampere

accu MF 20 Ampere

Accu ini ditebus seharga 700rb-an dengan garansi 3 bulan. hmm dan viola, motor menyala kembali. 😀

sudah bisa nyala... panjang juga ya

sudah bisa nyala… panjang juga ya

Advertisements

One thought on “Ngoprek HD Dyna Wide Glide 1995

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s