Riding Report: Dyna Wide Glide….Blar Blar

Blaarr…..Blarrrr….. Sabtu pagi yang bikin gatel sekali. Setiap hari dan setiap pagi, mata selalu disajikan pemandangan 2 motor yang selalu menggoda untuk dikendarai… tentu saja saat tidak macet hahhaa. Kali ini saya ingin menceritakan, bagaimana sih pengalaman mengendarai Harley Davidson Dyna Wide Glide dan hal hal apa yang harus diperhatikan

1. Kenali dahulu tungganganmu

Kata orang tak kenal maka tak sayang, tapi sebenernya untuk safety riding, kadang kita wajib mengetahui sebenarnya tunggangan kita kaya apa sih? Jika disearch di google dengan keyword “Dyna Wide Glide 1995 spec” maka keluar informasi dari www.bikez.com tentang spesifikasi dari si HD kuning ini

Dyna Wide Glide 1995

Kebetulan sih warna motornya sama seperti motor yang dirumah, cak pleng mudah mudahan informasinya terpercaya.

Engine and transmission
Displacement: 1338.00 ccm (81.64 cubic inches)
Engine type: V2, four-stroke
Power: 48.00 HP (35.0 kW)) @ 4900 RPM
Torque: 86.30 Nm (8.8 kgf-m or 63.7 ft.lbs) @ 2400 RPM
Valves per cylinder: 2
Cooling system: Air
Gearbox: 5-speed
Transmission type,
final drive:
Belt

untuk mesin kita bisa lihat powernya hanya 48 HP, masih kalah sama powernya ER6n ya, tapi saat dilihat torsinya dasyat cuy 86.3 Nm di rpm 2400 pula.. Wow jambakannya pasti serem banget ya. Jadi jangan laga lagaan untuk langsung betot gas kalo begini, bisa bisa kaya naik banteng ngamuk

Physical measures and capacities
Dry weight: 272.0 kg (599.7 pounds)
Power/weight ratio: 0.1765 HP/kg

Selain power, yang wajib diketahui adalah bobot dari kendaraan ini, 272 kg Dry Weight, ya itung kasar aja 300kg normalnya. Kebayang gak beratnya? Jadi kuda kuda saat berkendara harus well prepared supaya ga jatoh. Tangan juga musti kuat untuk mengendalikan stang saat nikung atau muter… Oke ngeGym dl aaaah….

2. Pemanasan yang cukup

Pemanasan meliputi motornya dan pengendaranya… hahahaha maklum, motornya berat jadi ya fisik musti fit dan siap. Tak lupa juga untuk memanaskan motornya agar pelumasannya maksimal.

panasin dulu gan

panasin dulu gan

Ingat, karena motor ini super panas, maka diwajibkan memakai sepatu

3. Lanjut Gass

pada saat berkendara, impresi yang didapatkan cukup unik. Berat memang, namun tidak terlalu liar. Jambakan torsi memang terasa, namun bobot motor yang 300kg mampu menstabilkan tarikan yang menjambak.

mtf_bsVBm_524.jpg

Posisi kaki yang ke depan membuat gaya berkendara lebih santai, namun agak sedikit ribet saat kemacetan, tentu saja bagi yang belum terbiasa. Getaran mesin cukup berasa, namun tidak terlalu bergetar. Hal ini dikarenakan desain engine mounting yang berfungsi juga untuk meredam getaran.

Panas gak om? Kalau untuk jalan lancar panas mesin tidak terasa, tapi kalo macet macetan, area disekitar betis berasa panas, namun selangkangan aman. Memang sih lebih baik mengendarai motor ini menggunakan celana panjang. Kalau menggunakan celana pendek, siap siap saja bulu kaki rontok, dan kulit luka bakar kena mesin hahaha…

betis merah merah kepanasan

betis merah merah kepanasan

So kesimpulannya, mengendarai Harley Davidson itu gak gampang, ga semua orang bisa bawa ni motor langsung. Maklum cc gede, bobot berat. Semua musti belajar untuk menaklukan sang raja jalanan dari negri paman Sam ini. Sekian duluuu 😛 BLARRR BLARRR

foto dulu numpang narsis

foto dulu numpang narsis

Advertisements

One thought on “Riding Report: Dyna Wide Glide….Blar Blar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s