Jakarta Bebas Sepeda Motor (ToT)

Membaca berita kompas.com hari ini, cukup bikin kepala pusing. Pasalnya salah satu artikel dalam website tersebut bertajuk pelarangan kendaraan roda dua, atau motor pada jalan jalan protokol Jakarta, kini diperluas rencananya hingga jalan jalan lain. Wait…What? Rencana ke 9 jalan lain… dan menurut ramalan ngasal nanti kedepannya kota Jakarta diharapkan benar benar bersih dari sepeda motor.

no motorcycle

Say no to motorcycle

Sedih ye dengernya…. so buat kamu kamu yang berencana untuk ganti motor baru? Mending ditunda dulu sob, kan sayang uda ganti motor trus ga boleh lewat. Nanti cuma jadi pajangan atau kepasar doang. Padahal sepeda motor juga bayar pajak juga lho. Ya tapi kita harus sadar, pajak kendaraan bermotor roda 4 lebih besar nilainya dibandingkan roda dua.

Lalu gimana nih? Jangan khawatir, masih banyak jalan menuju Roma bung, berikut saran ngasal dan asal jeplak dari saya 😛

1. Pindah Menggunakan Angkutan Umum

masih ada angkutan umum

masih ada angkutan umum

Jangan berburuk sangka dahulu kawan, pelarangan sepeda motor ditujukan untuk mengurangi kemacetan di Jakarta juga. Kalau jalanan lancar semua kan semua happy. Ga ada lagi macet macetan. Disarankan bagi pengendara motor ya harus berjiwa besar untuk menggunakan transportasi masal umum yang disediakan di Jakarta, misal Transjakarta, Commuter Line, MRP, Kopaja, Mikrolet.

Kalau jalanan lancar kan nantinya ente juga yang nikmatin keuntungannya. Yang penting siapkan diri untuk berebut angkot dengan orang orang lain. Ya namanya sifat angkutan ini masal dan umum. Harus toleransi besar besaran, dan siap untuk antri untuk mendapatkan angkot. Bangun lebih pagi untuk berangkat ke kantor. Estafet dari satu angkot ke angkot yang lain, apalagi yang rumahnya jauh dan diluar Jakarta. Siapa suruh cari kerja di Jakarta gan. Uda gitu, jangan lupa siapin duit lebih, kalo kalo naik tarif angkotnya, atau mendadak kecopetan, atau angkot yang biasa dinaekin ga ada tempat kosong, mungkin bisa naik Bajaj.

Kenalan di kreta, siapa tau jodoh - bollylogging.wordpress.com

Kenalan di kreta, siapa tau jodoh – bollylogging.wordpress.com

Lagian kalau kita naik angkutan umum, sebenarnya kehidupan sosial kita makin berkembang. Soalnya kan bisa kenal sama banyak orang, dari yang baik sampai yang buruk. Siapa tau jodoh gan, ketemu cewek cakep di kereta, asal jangan jadi korban gesek gesek basah di angkot aja deh. 😛

2. Nabung dan Kredit Mobil Murah

Nah kalau ini memang sih ada baiknya ente berencana membeli kendaraan roda 4. Ga usah yang mahal mahal, sekarang sudah ada mobil murah lho dari pabrikan ternama, misal toyota agya, daihatsu ayla, honda brio yang harganya 100jutaan. Masih kemahalan? Coba pilih datsun go yang paling murahnya hanya 80 jutaan, tapi ya jangan harap fasilitasnya selengkap mobil mobil yang lebih mahal ya.

datsun go -overdrive.in-

datsun go -overdrive.in-

Kalau dihitung hitung, cukup siapin aja 30% dari harga OTR untuk kreditnya kira kira mulai 25jtan anda bisa bawa pulang mobil baru. Dibanding beli motor motor premium, kalau mobil kan ga kepanasan, gak keujanan. Udah gitu bisa angkut 4 orang cuy. Mau bawa barang belanjaan ga usah ribet ribet ada bagasi. Ga perlu pake box lagi kan. Cuma ya itu, siapin dana lebih, karena konsumsi bensin ga bisa disamaain sama sepeda motor terutama kalau lagi macet, belum lagi tol nya, belum lagi ERP nya juga. Ya kan namanya kalau punya duit cukup ya beli mobil aja, masalanya duitnya cukup gak? 😛 Nabung makanya dari sekarang!

kancil -uniqpost.com-

kancil -uniqpost.com-

Atau mungkin beli mobnas kancil aja gan kayanya sih harganya masih dibawah 40jtan..

3. Beli Bajaj Aja deh

Bajaj BBG raschelrae.blogspot.com

Bajaj BBG raschelrae.blogspot.com

Kendaraan bermotor roda dua kan ga boleh, kalau roda tiga boleh gak ya? mungkin bisa jadi boleh gan, tapi lebih baik survey dulu sih. Soalnya walau sudah BBG dan low emision, tapi kalau tidak boleh lewat juga kan sayang duitnya. Harganya 50-60 jutaan lho. Fiturnya cukup lengkap, anti kehujanan juga, selap selip juga jago. Kendaraan ini pas banget buat orang yang ga mahir nyetir mobil, namun mahir sekali nyetir motor. Maklum kemudinya masih bentuk stang, kaya motor. Tinggal gas greng pake tangan

4. Yang Ga Punya Duit Beli Sepeda Gowes Aja

Sebenarnya dibilang paling murah sih engga, tapi ya cukup terjangkau lah, apalagi sepeda bekas. Bagi yang kemampuan ekonominya terjangkau ga ada salahnya menggunakan sepeda untuk berpergian. Selain hemat, juga menyehatkan badan lho. Bisa menguruskan badan juga. Jadi ga perlu repot repot nge gym kan. Tapi jangan lupa siapin perlengkapan keselamatan seperti lampu lampu dan mata kucing. Selain itu selalu siapkan deodoran, maklum pasti keringetan. Tapi kalau rumahnya di Bogor ngantor di Jakarta gowesnya gimana tuh gan? ya naekin kereta lah, males bener siiiih kamuuh….

udaah ah becandaannya ekekkeke…. kebayang gak kalau jakarta tanpa sepeda motor?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s