Solusi Shock Yamaha Mio M3 Keras

Selamat pagi, selamat lebaran bagi yang merayakannya. Hehehe kali ini saya sudah berada di kantor, agak lowong, karena masih banyak yang cuti. Tapi ga ada salahnya masih tetap berbagi informasi. Yup kali ini kita bahas tentang shock yamaha mio M3 yang keras. Kerasnya sampai bikin pantat saya sakit saat melintas jalanan conblock. Berasa di tepok tepok pantatnya sama jok 😛

shock belakang keras ajeh
shock belakang keras ajeh

Maklum, dengan bobot 67kg mungkin kurang berat untuk menduduki jok belakang Mio M3 ini. Tapi gak juga deng, pas boncengan pun juga keras. Karena ini adalah motor tempur, yang pasti dipakai harian, mau gak mau harus segera cari solusinya nih.

Cari cari informasi sih ada 3 macem shock yang rekomended untuk memperempuk si Yamaha Mio M3 ini.

1. Shock YSS –> katanya ini juga masih agak keras, untuk boncengan yahud (300rb-an)

2. Shock KYB Zeto –> ini katanya jozz banget, lembut dan boncengan yahud (250rb-an)

3. Shock Vario / Beat original –> katanya terlalu empuk (190rb-an)

“terus pilih yang mana om?”, iseng iseng cerita sama temen kantor, Fajar Nugroho, tentang shock vario. Eh ternyata dia punya shock Vario yang original yang gak pernah dia pakai di Vario nya dari semenjak dateng tuh motor. Wuassikkk…. dikasih pinjem deh buat ujicoba. Ya kalau cocok boleh dibayarin. Memang sih kata si om Fajar, kalo shock bawaan vario memang terlalu lembut, boncengan suka gasrut ban blakang dengan spakbor. Hmmm hmmm okelah dicoba dulu aja

shock mio vs shock vario
shock mio vs shock vario

Kalau dijejerkan untuk ukuran shock dan dimensinya, antara shock standar yamaha Mio M3 dan standar Vario memiliki perbedaan panjang. Ya, punya vario lebih pendek 5mm, untuk panjang shock Mio sendiri adalah 30cm. Jadi kalau mau cari shock variasi pastikan panjangnya ga beda beda jauh dari 30cm. Untuk diameter shock variopun lebih besar, dan juga ulir pernya lebih gemuk.

lanjut bongkar
lanjut bongkar

Lanjug bongkar deh, hampir seluruh body belakang dicopotin haha. Maklum bukan ahlinya. Tadinya hanya mau bongkar body sebelah kiri, namun ternyata baut pengikat shock breaker yang atas berada di sisi kanan, jadi gak bisa dibuka dari sebelah kiri. Mau gak mau deh copot body yang sebelah kanan. Ah gapapa, gak susah kok. Oh ya  body yamaha jaman sekarang agak lentur lho.

terpasang
terpasang

Walau lebih besar diameternya, pemasangan tidak mengalami kendala. Namun yang perlu diperhatikan, boshing untuk dudukan shocknya harus diganti dengan kepunyaan mio yang diameternya lebih besar.

rakit lagi
rakit lagi

Lalu body body dipasang lagi seperti semula. Hasilnya sih untuk posisi duduk tidak ada perubahan berarti, walaupun shock standar vario lebih pendek 5mm. Untuk peredaman yang dihasilkan memang lebih baik. Cukup nyaman, terutama saat berjalan di jalan conblock, better banget. Saat boncengan pun juga aman, tidak gasrut spakbor, ah tapi hal ini sepertinya juga karena bobot saya dan pasangan tidak mencapai 120kg jika berboncengan kali ya. Kalau tikungan geol gak om? Ngga kok, stabil juga. Memang overall lebih empuk saat kena jalan bergelombang, tapi saat jalan lurus dan tikungan masih tetap stabil. Semoga menjadi solusi 😀

Advertisements

29 comments

  1. Lepas pasang bushing shocknya pakai apa gan?
    Apa di ketok2 aja pakai palu + kunci busi misalnya?
    Apa gak kalah las2an ring shocknya gan?

    Makasih gan.

  2. tanya mas bos, itu yg dilepasnya boshing besinya ya? kalo karetnya ga usah dilepas juga kan? Plis jawab ya bos, soalnya saya jg mau masang sendiri tapi beda dudukan boshingnya, biar gak repot ke bengkel, suka ga rapih pemasangan body2nya kalo di bengkel, thx bos..ditunggu replynya,,plis..pliss..

  3. kalo untuk shock depannya gmn gan? ada solusi gak?
    kalo pas perjalanan jauh lumayan nyiksa terutama telapak tangan

  4. Oia bang ane kurg tahu dibidang ginian itu vario apa ya lebih jelasnya ? Soalnya ane use meong juga tapi shocbreaker ny udah gak nyaman bnget…

  5. halo mas…. gara2 baca di sini saya memutuskan tuk ganti shock belakang MIO Z saya (pembelian akhir 2016 lalu)… begitu kerasnya shock belakang sampe seperti pantat d pukul2 kalo d jalan rusak… maklum jalur perjalanan saya tiap hari medannya ga mulus..hahaha… cari merk KYB ternyata susah di daerah saya…so ambil YSS dan sekarang sudah lebih manusiawi jika di bawa jalan…. ahaha… thx artikelnya.. menyelamatkan jiwa saya yg galau gara2 beli motor ini

  6. review mio m3 pake yss dong bang. soalnya pengalaman saya saat pake motor beat/vario itu shock nya terlalu empuk, sehingga menurut saya ketika menikung itu agak goyang. jadi ragu kalo ganti ke shock beat/vario..

  7. Versi lama
    Spacy KZL
    Vario 110 KVB
    Beat KVY
    Baru saja saya pasang KVB cuman sedikit saja lebih Empuk dr standar . Mungkin Krn masih baru x ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s