Tambah Akselerasi Yamaha Mio M3 125 part 1

Selamat pagi, kali ini saya ingin membahas mengenai akselerasi Yamaha Mio M3 125 yang saya miliki. Memang sih kalau dibandingkan dengan motor bluecore lainnya, seperti Yamaha New Soul GT 125, Mio M3 masih kalah soal tarikan. Agak lemot gitu. Tapi memang sih irit.

pilih warna hitam biar macho
pilih warna hitam biar macho

Gerah juga lama lama, apalagi kalau baca artikel sebenarnya mesin Yamaha Mio M3 125 sebenernya 11-12 dengan mesin Yamaha New Soul GT 125, “Cuma beda roller doang” katanya sih. Untuk Yamaha Mio M3 125 menggunakan roller dengan beban 12 gram, sedangkan Yamaha New Soul GT 125 menggunakan roller 10 gram. Bodoh bodohannya kalau rollernya diganti jadi 10 gram larinya sama kaya Yamaha New Soul GT 125 dong? Masa sih 😛

roller xeon carbu
roller xeon carbu

Karena iseng, akhirnya saya memutuskan untuk mencoba mengganti roller Mio M3 saya dengan ukuran 10 gram. Pilihannya ada banyak, dari aftermarket punya BRT, atau pake roller Yamaha New Soul GT 125, atau bisa juga pakai punya Yamaha Xeon lama alias Xeon Carbu. Harganya gak mahal untuk roller Xeon Carbu, cuma 7500 per pcs, beli 6 bang.

bawa ke beres
bawa ke beres

untuk pemasangan saya bawa aja ke bengkel resmi. “Tumben gak bongkar sendiri om?” gak punya toolsnya broh, lagian cuma 35rb ongkos servicenya aja udah gak repot 😀

bongkar bongkar
bongkar bongkar

Karena di deket rumah saya ada bengkel yamaha, alhasil gak perlu antri lama untuk melakukan service ini, orang ngantrinya nomor 1.

cvt system Mio M3 125
cvt system Mio M3 125

Nah begini nih jeroan Yamaha Mio M3 125, lanjut bongkarnya bang

harus pakai tools khusus
harus pakai tools khusus

Kalau dibandingkan untuk ukuran roller standarnya, dengan roller Xeon Carbu, gak gitu jauh beda. Hanya perbedaan di diameter lingkaran dalamnya saja, punya Xeon lebih tipis sedikit.

xeon atas, mio m3 bawah
xeon atas, mio m3 bawah

Tinggal pasang PnP ke rumah roller yang lama.

roller Xeon PnP cuy
roller Xeon PnP cuy

Selanjutnya sekalian cvt systemnya dibersihkan oleh mekanik yang menangani. Dan rakit kembali. Pengerjaan tidak memakan waktu lama, estimasi 30 menitan saja. Dengan total biaya 49rb (35rb service + 14rb grease)

 

roller lama
roller lama

oh ya, ngomong ngomong roller lama sudah mulai aus lho, padahal penggunaan baru 3700 km. Katanya sih kemungkinan besar karena motor suka membawa beban terlalu berat. Ah masa gw seberat itu. 😛

“Reviewnya gimana om?” ya memang sih untuk koreksi akselerasi cukup baik, namun tidak seekstreem yang dibayangkan, tidak juga sama dengan tarikan Yamaha New Soul GT 125 juga sih. Tapi cukup lah, cukup bikin kagok saat gas gas nya. Lebih cepet naiknya. Namun kecepatan 40-70 agak kosong tarikannya. Selain itu juga top speed lama sekali. Maklum dah selama ini topspeed paling 80kmph, mau 90kmph aja susah. Eco indicator masih menyala dengan cukup baik. Ya mungkin ada komponen lain yang harus diganti juga kali ya, misalnya per cvt mungkin? tunggu review berikutnya

31 comments

  1. oh ya, ngomong ngomong roller lama sudah mulai aus lho, padahal penggunaan baru 3700 km. Katanya sih kemungkinan besar karena motor suka membawa beban terlalu berat. Ah masa gw seberat itu.
    ———————————————————————
    Barusan saya upgrade cvt mio m3 bumbble bee saya di bengkel langganan (bukan bengkel resmi) … saya oplos roller ori mio m3 dan roller xeon karbu dan saya ganti per kanvas ganda pake pnya xeon karbu jg … pas di bongkar memang roller ori bawaan mio m3 udh ga bulet lg … bukan dikarenakan beban yg terlalu berat … tp memang kualitas bahan nya yg kurang … menurut analisa mekanik lho mas … beda jika dibandingkan kualitas roller mio karbu awal

  2. tapi saya pake roller yang mio m3 aja udah cukup 😀 tapi saya pake nya cuman 3 roller , tapi silang berbentuk segitiga , ya pas saya coba bawahan oke atasan juga ok , kata mekanik saya ya harus di coak dulu rumah roller nya biar supaya lebih enak gitu , terus ya beli roller ukuran 9gram 😀

  3. Gan saya kan mau ganti yg racing tapi cari punya mio m3 susah, jadi saya pake punya apa kampas gandanya dan perkampas gandanya gan dan v-beltnya , vario mio beat gan

  4. Jika ingin akselerasi mio m3 agan2 ngisi di putaran bawah and atas pakai roller 10gram and per cvt punya vario 150 yg 1000rpm. Di jamin nendang. Haha itu yg saya rasakan di mio m3 saya.

  5. Kang mau tanya, cvt mio sporty saya kok panas banget kenapa ya? Overheat gitu kang. Mohon dijawab ya hehe terimakasih

  6. Fino 125 sudah saya ganti roller nya dengan punya nya xeon, namun yg di rasakan tidak ada perbedaan yg begitu woooww. Apa harus gnti per CVT nya ya kang?

    • kalo mau yang wow kayanya musti banyak yang diganti pak. Paling gampang ganti motor yang wow hehehe. per CVT pakai punya soul GT ato TDR mio m3 yang 1000rpm boleh dicoba pak, tapi ya gak wow banget sih

  7. roller orsinil xeon rc berapa gram?..kalo mau d ganti sama yang racing d turunin berat gram nya.pake yang 7g apa yg 8g…terus per cvt ganti sama yg berapa rpm?

Leave a Reply

