Tambah Akselerasi Yamaha Mio M3 125 part 2

“Gimana om, puas gak ganti roller motor Mio M3 nya?” jujur sih kurang puas. Karena e karena ada beberapa hal yang dikorbankan. Untuk tarikan awal memang membaik, namun tarikan menengah keatas memble 😛 Walaupun sebenarnya sudah dapat dikoreksi dengan pemakaian bensin Shell VPower sih. Tapi rasanya tuh gak nampol.

IMG_20150912_083523_HDR

Next step yang bisa dilakukan adalah mengganit per cvt Mio M3 dengan per racing. Mau cari versi racingnya si Mio M3 125 ini tampaknya belum ada dipasaran. Jadi harus disubstitusikan dengan per Honda Vario 125. Kebetulan diameternya sama. Namun perlu diperhatikan panjangnya 2.5cm lebih tinggi dibanding standarnya.

IMG_20150912_083335_HDRCari di dekat rumah adanya per CLD Vario 1000rpm. Itu aja udah keras banget cuy. Jadi sarannya kalau buat harian mending yang 1000rpm. Dipasang langsung plek aja. Kalau diperhatikan lebih detail, walau lebih panjang, namun ulir untuk per CLD Vario ini lebih sedikit. Alhasil kalo tertekan lebih masuk kedalem nih.

cvt system Mio M3 125
cvt system Mio M3 125

Hasilnya gimana? Motor tarikannya sih memang lebih berat (ngeden) dari sebelumnya. Awalnya agak kecewa sih, tapi memang lansung hentak dari rpm bawah. Lampu eco indicator juga mentok di 50kph. Jadi lebih boros dong? Ngga juga sih, karena kalau stop n go ya masih eco indicator juga. Tapi yang wow itu adalah topspeednya naik. Baru kali ini ni motor bisa dibawa 100kph dengan cepat. Walau begitu perlu rpm agak tinggi sih untuk mencapai kecepatan segitu, kira kira 1/2 lebih dikit bukaan grip gas lah.

Advertisements

23 comments

  1. Akhirnya m3 ane per cvtnya ane ganti ama xeon karbu( 44D) gan… 🙂 kmarin pas servis pertama.. Tarikan emang lebih manteb… Coz per xeon karbu lebih panjang(2-2,5cm) dan lebih keras

  2. Pemakaian per vario, mengganti per kampas gandanya ga om? Oh iya motor ane masih standar ting ting (pabrikan dealer) tapi sanggup sampe 110 ko om itu pun cuman stengah lebih dikit gasnya. cuman distel gasnya aja yang standard 1500 rpm ane rubah 1300 rpm .

      • Om mau nanya nih kalau mau ganti roller bagusan pake punya motor apa ya ?? Kalau aftermarket merk apa yang bagus?? Kalau mau ganti per cvt bagusan pake merk aftermarket apa ?? Atau per punya motor apa ?? Yang berapa rpm ?? Kalau kampas ganda bagisan pake merk apa punya motor apa ?? Makasih . Mohon pencerahanya .

  3. Kalau kampas ganda enakan pake punya motor apa ya om ?? Sekalian per koplingnya tdk ya ?? Kalau roller bagusan pake punya xeon rc apa xeon karbu ??

  4. Gan kampas ganda yg cocok sama punya mio m3 punya motor apa vario 110,125,150 atau mio
    Terus kalo per cvtnya cocok pake punya motor apa gan mio varis 110, 125, 150
    Kalo v-belt cocok pake punya apa gan beat vario 110,125,150 atau mio gan
    Dan kalo per kampas ganda nyeauai kan sama kampas gandanya yg dipake aja kan apa gan
    Kalo roller bisa aja kan gan pake xeon gan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s