Review Lampu Led RTD 6 Sisi di Mio M3

Halo, siang ini panas banget. Iseng ah ngebahas soal lampu LED di headlamp. Semenjak kemunculan motor motor baru yang sudah menggunakan LED di headlampnya, pasti banyak juga orang orang yang ingin pakai lampu LED di motor lamanya. Simple aja alasannya, hemat listrik, lebih terang, dll dll. Ya kalo kepengen kan boleh dong, tapi gak perlu beli motor baru dulu kan? Nah sebenarnya sudah ada lampu lampu LED yang beredar dipasaran. Salah satu yang agak ngetrend adalah lampu Led RTD

lampu LED RTD 6 sisi
lampu LED RTD 6 sisi

“Mahal gak om?” harga pasaran kisaran 170-230rb, tergantung sellernya ngambil margin untung berapa. Saya mendapatkannya di harga 177rb saja.

isi kelengkapan
lampu + driver

Lampu ini panjangnya sekitar 8cman, dilengkapi dengan driver kelistrikannya. Oh ya installasi ini wajib menggunakan listrik arus DC ya. Ciri khas dari kelistrikan DC, ya lampu tidak bergantung pada putaran mesin.

isi paket
isi paket

Kelengkapan lainnya adalah dudukan untuk H4 dan dudukan lainnya entah itu soket apa, dan juga ada per. Fungsi per kayanya sih buat diletakan dimika reflektor untuk penguncian led ini lebih mantab.

pemasangan
pemasangan

Langsung aja copot lampu bohlam yang terpasang, dan rakit lagi seperti semula. Oh ya patut diperhatikan, kalau lampu ini agak keset dan susah masuk. Jadi musti diakalin dikit untuk mengamplas body lampunya. Tenang aja walau warnanya chrome, tapi bahannya plastik kok. Dan juga patut diingat bahwa gak semua reflektor bisa digunakan, pasalnya lampu agak menonjol kebelakang kira kira 2.5cm. Kalau lampunya di stang motor, kayanya musti dicek deh mentok sama spidometer apa ngga.

terpasang
terpasang

Setelah terpasang jangan lupa cek posisi lampunya, miring apa nggak. Kalau miring ya ditegakkan. lalu kabel kabel sambungkan seperti biasa, ada legendnya kok. kabel massa ke kabel massa motor, kabel lampu jauh ke lampu jauh dst.Oh ya jangan lupa, karena si Mio M3 ini sudah memakai soket soketan untuk perkabelannya, kalau mau rapih sih lebih baik beli skun terminal tembaga kecil untuk menggantikan asli standarnya.

yang kecil, lakinya ajah
yang kecil, lakinya ajah

Paling beli di toko elektronik 3 biji gak sampai 5 ribu, beli yang lakinya aja. Nanti soket kabel bawaan di lampu diganti dengan soket kecil ini. Trus yang originalnya dicopot deh pakai obeng kecil, dia ada clip nya. trus tinggal pasang deh.

“Sinarnya gimana om?”

lampu dekat
lampu dekat

Untuk kondisi gelap malam sih dasyat terangnya, warna putih tapi terang. Estimasi 3000 lumens

lampu jauh
lampu jauh

untuk lampu jauh tidak terlalu beda jauh, cuma memang lebih lebar, lebih jauh. Saat mode lampu jauh ini, seluruh led menyala. Sedangkan dalam mode lampu dekat, hanya 3 led atas yang menyala. Overall boleh juga ni lampu πŸ˜€

 

Advertisements

67 comments

  1. kang numpang tanya,

    lampu depan mio m3 kan udah dc kan?

    maksudnya mau pasang led/hid gak harus ngrubah jalur kabel/ganti kiprok tiger?

  2. kalau diaplikasikan pakai saklar bawaan mio lama bisa tdk gan?
    trus apakah pemakaian saklar mempengaruhi keawetan lampu?
    mohon pencerahannya

    • kayanya sih musti dicek dulu bentuknya sama atau tidak, tapi yang lebih ribet kita harus atur ulang kabelnya lagi. kalo ke awetan lampu sih gak ngaruh deh kayanya…toh sekarang kalo jalan kan juga musti nyalain lampu kan? paling beda beda sedikit

  3. Mas, bisa minta foto dari lawan arah saat lampu menyala? Mau beli tp takut silau bagi yg lawan arah sama ane

  4. Ane pengen pasang lampu LED RTD nih bang kira kira ada nya di mana ya bang yg jual LED nya ane pengwn pasang di mio z nih

  5. Mas, pasang lampu rtd nya gak mentok di spakbor mio m3 ya? Soalnya kipas pendingin nya keliatannya besar?
    Oia mas, mio m3 sdh dc ya? Koq di buku petunjuk kendaraan masih ac?

  6. Mas itu lampunya di tekan sampai mentok ya? Soalnya seret gtu..trus juga.apa gpp tutup karet gak di pasang mohon pencerahannya

  7. Kelistrikan mio M3 kn lampunya msi tergantung putaran mesin
    Klo psng lampu led ini ap harus di ubah kelistrikan nya
    Mohon pencerahannya boss

  8. Maaf gan mohon pencerahan nya klw lampu led 6 sisi d pasang d mio soul bs ga. Apa arus nys drubah? Gmn cara merubah ac ke dc ? Mksh sblmnya….

  9. sy juga masih bingung nih gan..,lagi nyari info sana sini.kelistrikan mio z itu apa sudah DC.hunting video di youtube,malah ada yg langsung plug & play gitu lampu standard diganti pake lampu led phi****s.

  10. Ciri2 led asli RTD tau ngga ? Soalnya ada yang packingan warna biru sama hijau,
    Nah ada juga merk lain yg produknya sama persis seperti itu kardus packing warna biru tpi bukan RTD
    Boleh kasih pencerahan gak mas bro…..

  11. Untuk Lampu LED RTD ane di mio M3 ko nyalanya ga full atau terbelah sepwrti huruf V….apa cahayanya bisa distell…mohon infonya jika bisa distell bagaimana caranya. Thanks

  12. Mas Har_leys, mohon penjelasannya, knapa skarang kipas lampu led sy berbunyi kencang ( berdengung )
    Apa penyebabnya & bagaimana mengatasinya. Trima kasih

  13. Bang mau tanya, punya saya rtd 6 sisi di beat fi kok nyala lampu melebar keatas pdhal udh bener pasangnya, apa memang sprt itu tergantung reflektornya???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s