Mio M3 Mogok Mendadak :(

Pagi ini apes. Motor Mio M3 ane mendadak mogok di jalan manggarai. Gejalanya sih simple, tiba tiba hilang aja gas nya. Maknyus  dah 😦

dimensi ga terlalu kecil
Ni motor habis mogok 😛

Apa ya kira kira, berabe juga mana bengkel resmi jauh. Oke jangan panik. Cek satu satu deh.

  1. Cek Bensin –>Tinggal dilihat aja sih, dan ternyata kondisi penuh
  2. Cek Pompa Bensin –> Caranya matikan stop kontak, lalu buka jok, dan dekatkan telinga ke tangki motor, lalu putar kontak ke ON lagi. Kalau bunyi “Ngiiik” brarti normal, dan kondisi normal
  3. Cek Injector –> anggep aja injectornya gak masalah, gak tau sih ngeceknya gimana 😛
  4. Cek Accu & coba reset ECU ala abal abal–> lampu rem nyala normal kok, stater juga masih joss…. oke coba kendorin dulu akinya 10 detik lalu pasang lagi, eh gak ngefek juga gan.
  5. Cek Busi & Pengapian –> nah ini musti bongkar sedikit body di tengah. Copot 3 baut cacing di bawah jok dan di dek bawah, lalu copot. Copot kepala businya dan businya lalu pasang kembali kepala busi ke busi dengan menempelkan ujung businya ke head, dan di starter. Ada percikan apinya gak? –>ada kokIMG_20150714_20360920131107-cek-busi
  6. Cek kompresi –> pasang kembali busi lalu coba stater menggunakan kick stater, enteng apa nggak. Kalau enteng berarti ada yang salah dengan kompresinya –> Nah kok enteng bener ya

Oke Confirm, suspect awalnya adalah kompresi hilang. “Kok bisa om?” kebetulan untuk motor motor jaman sekarang pasti ada komponen dekompresi yang berfungsi untuk memudahkan proses starter. Kemungkinan besar part ini malfunction. Kayanya sih lokasinya menyatu dengan camshaft. “Jadi gimana dong?”

ilustrasi
ilustrasi

Special thanks untuk bapak bapak bengkel di depan stasiun manggarai sonoan dikit (500m) yang uda bantu tadi. Jadi triknya adalah, copot dulu businya, lalu diberi oli sedikit (dikasi sama bapak bapak bengkel tadi) di ruang bakar. Lalu pompa kembali piston dengan cara menggunakan kickstater sambil menutup lubang businya dengan jari. Kondisi kontak mati ya biar aman gak kesetrum busi. Kalau sudah meletup blup blup tandanya kompresi sudah normal kembali. Okey mari kita rakit lagi. dan viola 2 kali starter nyala deh.

Huasem….. bikin telat ngantor ajah 😀

Terima kasih bapak bapak bengkel tadi, maaf merepotkan

19 comments

  1. Wah sama kaya m3 ane gan 😦 sblumnya hbis jatuh pelan (standart sampingnya kurang pas waktu nyandarin) jdi motor jatuh dan mesin g mati…. Selang 3 jam ane pake jalan awalnya normal giliran mau nyalip (60km/jam) tau2 ngadat kaya hbis bensin….

  2. sempet di cek ke beres gak om?
    penasaran juga kenapa itu bias kompresi hilang padahal motor ente kan baru ya masih hitungan bulan aja

  3. minta info nya dong bro…
    Kejadian pada MIO 3 SAYA.. kadang kadang kita tarik gas bukan nya jalan… selang berapa detik baru lompat seolah olah bahan bakar gak ke pump… biasanya di ikuti lampu eco mati…kira kira apa sebabnya ya…tolong dong dibantu…

  4. Kalo MiO m3 says sudah 2 tahun Rusak di booring Dan seher sudah di ganti Tapi jarak 3 bulan kena lagi terus di ganti lagi dapat satu minggu dia Rusak lagi kena lagi sehernya.kemarin di ganti hari ini sudah mogok lagi.minta solusi barang Kali Ada yang seperti saya “”apa emang motor ini lemah di ruang injektion.

  5. M3 saya kayak mesin jahit bunyi mesinnya walau sdh saya ganti silinder full set hanya bertahan 1bulan. apa ini gagal produk yaaa

  6. Wah ane jg pernah pny pengalaman kek gitu. Mtr mio m3 ane mati mendadak pas di lampu merah. Ane starter gak idup2. Ane sempet bingung. Ane genjot kick starter jg not respon. Tp ane gak nyerah genjot terus ampe agak keringetan. Alhamdulilah mesin akhirnya hidup.Padahal ane barusan ngisi pertalit di pom bensin. Setelah ane renungkan ternyata gara2 pakai pertalit soalnya biasanya ane selalu pke pertamax.

Leave a Reply

