Membersihkan Aquarium Kotor

Halo selamat pagi. Jadi ceritanya beberapa minggu lalu, di rumah orang tua saya, saya menemukan aquarium lama yang sudah terbengkalai. Langsung saja otak berpikir “bisa nambah ikan lagi nih”. Cuma sayangnya kondisinya sudah kotor berkerak.

fish bowl kotor

fish bowl kotor

Aquarium ini berbentuk mangkok, biasanya sih disebutnya fishbowl dengan kapasitas air yang bisa ditampung mencapai 16 ltran kalau gak salah. Cukup besar sih. Trus bagaimana membersihkan noda kerak itu?

Percobaan 1: Semprot cuka makan + amplas 1000 

Langsung saja saya coba membeli cuka makan di toko kelontong seharga 4ribu. Kebetulan sih punya amplas 1000. Cari botol semprot kosong bekas, kaya bekas buat pewangi setrika baju, lalu masukan cukanya kedalam botol semprot itu. Semprot permukaan yang kotor, diamkan 5 menit lalu gosok dengan amplas 1000 dengan gerakan memutar. Hasilnya muasih kotor 😛 Padahal saya sudah ulang 3-4x 😦

Percobaan 2: Gosok dengan pasta gigi

Langsung saja saya balik lagi ke toko kelontong membeli pasta gigi merk “Pepsodent”. Lalu keluarkan pasta giginya di oleskan ke aquarium. Lalu digosok lagi dengan gerakan memutar

pakai pasta gigi

pakai pasta gigi

Sampai busanya banyak, saya diamkan sebentar, lalu saya lap dengan kertas koran sambil digosok gosok

diamkan sebentar

diamkan sebentar

Dan hasilnya juga kurang memuaskan 😛

Percobaan 4: Gunakan pembersih porcelen –> gagal juga

Percobaan 5: Gunakan pembersih jamur kaca mobil –> agak mendingan, tapi kerak masih ada

Percobaan 6: Basuh dengan Coca Cola

Percobaan berikutnya hanya dengan menggunakan Coca Cola yang kebetulan abis beli di warung kelontong yang tadi juga. Jadi Coca Colanya dibasuhkan ke lap, lalu lapnya dibuat menyeka kaca aquarium. Hasilnya jadi wet look gt. Kerak kerak perlahan memudar dan kaca jadi jernih.

cling bersih

cling bersih

4 thoughts on “Membersihkan Aquarium Kotor

  1. Lucy Santa says:

    Mau tanya dong gan. Kalo fishbowl itu bisa dipakein filter ga sih? Soalnya fishbowl saya airnya cepet bgt keruh gara2 kotorannya sih ikan. Thanks gan..

    • Har_leys says:

      untuk filter yang dipakai di fishbowl ada beberapa pendekatan, bisa pake sponge filter yang memerlukan aerator untuk proses penyaringannya, namun kurang maksimal memang, kemarin saya sempat menggunakan hang on filter, namun perlu mengakali sedikit untuk dudukan filternya, karena lingkaran fishbowl tidak nge fit untuk filter hang on, jadi musti diganjel ganjel sama sterofoam

Leave a Reply

