Membangun Aquarium Air Laut Sederhana

Selamat siang semua. Kemarin kan saya bahas mengenai bagaimana membersihkan kaca aquarium.” Memangnya buat apa sih om? Kok rajin amat” iya nih, soalnya saya mau belajar untuk membangun aquarium air laut kecil kecilan. Karena kecil kecilan, berarti hanya Fish Only alias ikan doang isinya. Apa aja sih peralatan yang wajib disiapkan?

1. Salinity Meter (pengukur kadar air laut)

salinity meter

salinity meter

ini merupakan alat wajib jika ingin membangun aquarium air laut. “Kenapa sih wajib?” Ya, yang namanya air laut itu bukan sekedar air + garam saja. Jadi agak sulit dan mahal membangun air laut dari air + garam ikan. Oleh sebab itu kita perlu beli air laut. Nah, alat ini berfungsi untuk mengecek kadar garam air laut yang kita beli. Idealnya untuk fish only memerlukan tingkat salintias 1.023 – 1.025. Selain itu air dalam aquarium cenderung menguap, oleh karena itu ada baiknya 2 hari sekali dicek kembali tingkat kadar garamnya. Kalau terlalu tinggi, tinggal tambahin air tawar deh, tapi jangan air pam ya, mending air mineral.

2. Filter Aquarium

Standari sih ini, gimana pun juga perawatan air laut juga memerlukan filter, tentu saja untuk menjamin kebersihan dari air laut itu sendiri. Untuk filter ini saya menggunakan filter hang on, karena memang aquarium saya kecil. Maklum deh ya.

filter hang on

filter hang on

Selain untuk membersihkan air, filter ini juga berguna untuk membuat arus di aquarium. Maklum kalau di laut ombak pasti ada dengan sendirinya kan.

Selain itu saya tambahkan filter sponge aerator. Katanya sih juga bisa untuk menyaring kotoran yang ada, tapi juga sekalian bisa jadi tempat nyender ikan nemo kalo lagi bobo 😀

filter sponge

filter sponge

3. Air Laut

Nah untuk ini hukumnya wajib, disarankan sih beli aja air laut yang sudah jadi di toko aquarium air laut. Lebih baik beli banyakan, untuk cadangan air kalau kalau kita harus melakukan penggantian air laut. Idealnya air laut ini kita filtrasi selama 4 minggu untuk mencapai siklus nitrat yang baik. Tapi ya namanya orang gak sabaran, saya masukin aja deh ikannya. hehehe

4. Ikan Air Laut & Makanannya

cling bersih

cling bersih

Nah selesai itu semua, tinggal kita pilih ikan air laut yang ingin dimasukan. Ingat ya hanya model Ikan, jangan dimasukin anemon atau invertebrata lainnya, karena peralatan diatas tidak support untuk menjaga kelangsungan hidup mereka. Untuk anemon dan lain lainnya akan dibahas di posting berikutnya ya. Pilihlah ikan yang tidak terlalu banyak, dan mudah diberi makan. Makanannya bisa berupa pelet, ataupun rebon beku. Ikan yang terlalu banyak akan membuat ikan stress. Entah kenapa ikan air laut ini lebih sering baper, alias bawa perasaan. Kalo stress bisa mati. 😛

Membuat aquarium air laut memang menyenangkan. Semoga menginspirasi 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s