Bikin Nano Aquarium Air Laut part 1

Selamat siang, lanjut lagi nih ceritanya soal aquarium air laut. Namanya orang kan gak pernah puas ya. Setelah 2 minggu running dengan Fish Onlly Tank, kayanya kurang greget nih kalo aquarium air laut kaya gini. Dengan budget terbatas, akhirnya saya memberanikan diri untuk membuat aquarium air laut nano. Dengan target isi biota coral dan ikan.

aquarium 40x30x30

aquarium 40x30x30

Langsung saja saya mencari aquarium ukuran mini. 40cm x 30cm x 30cm tampaknya sih sudah cukup imut.

pasir dasar

pasir dasar

Sebagai pasir dasar saya menggunakan pasir biasa, karang jahe (yang ternyata tidak direkomendasikan), dan pasir bali (sebenernya pasir lombok sih) yang kebetulan dulu ada saudara yang jalan jalan ke lombok dia bawa pulang niih pasir.IMG_20151121_145543

Setelah dicuci langsung saja diletakan di dasar aquarium. Nextnya pasang protein skimmer. Nah skimmer ini penting banget buat memelihara invertebrata air laut.

protein skimmer resun sk05

protein skimmer resun sk05

Untuk kali ini karena budget terbatas, saya memilih produk resun SK05 mini skimmer harganya 125rban. Fungsi skimmer ini adalah mengangkat kandungan protein berlebih pada air aquarium.  Protein ini akan dikeluarkan dalam bentuk busa. Akan kita bahas nantinya.

skimmer sudah di rakit

skimmer sudah di rakit

Sesudah itu letakan skimmer ini di dalam aquarium.

terpasang

terpasang

Jangan lupa diatur untuk level airnya agar skimmernya dapat menghasilkan busa dengan baik.

Oke sip tinggal isi air dan biarkan beberapa lama sebelum memasukan ikan. Idealnya sih butuh waktu 1 bulan agar air laut ini mature. Tapi apa daya diri ini sudah membeli ikan nemo yang kemarin di fish bowl aquarium, akhirnya saya pindahkan ke aquarium baru ini. Plus saya tambahkan karang & anemon karpet yang saya beli di pasar ikan sumenep.

ikan & anemon

ikan & anemon

Air masih cukup butek sih, mau tak mau pasang filter hang on yang kemarin sekalian… bersambung ya 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s