Review Resun CY-20: Mini Canister Filter

Selamat siang, kali ini saya mau membahas soal filter Resun CY-20 yang sebenernya sudah running 2 mingguan di aquarium air laut saya.

Resun CY 20
Resun CY 20

Pengalaman memakai filter hang on, agaknya memang tidak ribet sih, tinggal gantung doang. Namun kelemahannya adalah media filtrasinya terbatas, karena memang ruang Filter Hang On cukup kecil. Mau bikin sump, apa daya ribet banget, coba cek metode canister deh. Canister itu basicnya filtrasi dilakukan di tempat container terpisah. Nah mini canister filter ini salah satunya Resun CY-20 ini. Harganya cuma 145rb belum ongkos kirim di bukalapak.com 😛

kelengkapan
kelengkapan

isinya dapet container filter, tersekat dua dimana yang satunya diletakan busa filter, dan satu ruang kosong lainnya. Lalu disediakan bio ceramic ball, sebagai filtrasi biologinya, fungsinya untuk menyimpan bakteri yang berguna untuk filtrasi, dan juga disediakan carbon aktif. Carbon aktif ini sangat disarankan dipakai kalau air keruh, dijamin cepat jernih. Sisanya dapet tutup container (disana ada pompanya kecil) selang selangan, dan pipa pipaan buat input dan output air.

media filtrasi
media filtrasi

langsung saja kita bersihkan media filtrasi yang disediakan. Ya namanya baru dari pabrik, masih berdebu dan kotor. Cucinya pakai air mengalir aja, 2-3x bilas.

selang dirakit
selang dirakit

Untuk bagian atasnya kita tinggal rakit selang selangan input outputnya berserta pipa pipaannya yang nantinya akan nempel di aquarium.

pipa pipaan
pipa pipaan

Disitu kita dikasi suction clamp biar pipa bisa nempel di kaca.

pipa output
pipa output

Arus airnya sebenernya tidak terlalu kencang, namun cukup untuk aquarium 40x30x30cm, air cukup berputar.

filter di luar
filter di luar

Nah, karena sifatnya canister, maka filter ini penempatannya di luar aquarium dan tidak menggantung. Sebenernya memang dapet sih gantungannya, tapi sayang gak bisa dipasang di tepian aquarium saya. Filter ini memakan daya 3watt, cukup kecil, dan cukup oke juga. Overall cukup puas lah dengan filter yang tidak terlalu mahal ini. Sekian 😀

Advertisements

4 comments

  1. Bos sy juga pake CY20..tapi akhir2ni sering bocor di tutup atas tempat pengisian air nya..kayaknya ngk kuat sama tekanan airnya..pusingg gw hadehh…solusi nya donk boss??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s