Clownfish & Anemone Story

Selamat pagi, untung hari ini belum terlalu sibuk di kantor jadi bisa ngupdate sedikit di blog tentang marine aquarium yang sedang work in progress. Jadi ceritanya, ikan laut memang agak sedikit unik, karena interaksinya terasa sekali mood moodan nya. Kaya miara burung berkicau gitu kali ya hahaha.

ikan nemo

ikan nemo clownfish

Nah ikan laut yang saya pelihara adalah ikan Ocellaris Clownfish, alias ikan Nemo, ikan ini berwarna orange dengan strip putih di badannya. Perilakunya unik, karena ada beberapa peraturan yang harus diingat, yaitu jangan pelihara lebih dari 2 ekor dalam satu aquarium karena ujung ujungnya pada mati, sisa 1-2 saja. Dalam pertumbuhannya salah satu dari ikan nemo ini, akan menjadi betina, terutama yang dominan, sedangkan yang lainnya akan menjadi tetap menjadi jantan. Jadi mereka sequencial hermaprodytes gitu ya.

di pindahkan ke tank baru

di pindahkan ke tank baru

Setelah akhirnya saya membeli tank baru berukuran 40x30x30, akhirnya saya memutuskan juga untuk membeli seekor anemone. Kali ini anemon yang saya beli bertipe anemone carpet.

carpet anemon - liveaquaria.com

carpet anemon – liveaquaria.com

Stichodactyla gigantea, alias True Anemone Capet. Warnanya kecoklatan, dan anemone ini sifatnya aggresive lho. Harganya kisaran 35-50rb rupiah, dan beruntungnya saya membelinya dengan harga 25rb saja. Tentunya harga lebih murah disebabkan oleh anemon itu tampaknya pernah terpotong jadi ukurannya kecil.

anemon nya mojok

anemon nya mojok

Anemon ini sangat rekomended, karena  dia tidak suka manjat manjat ke kaca, jadi tidak ada tersedot ke pompa aquarium ataupun wavemaker. Selain itu dia gak susah makan, cukup dengan udang kupas saja seminggu sekali juga udah seger ngembang.

IMG_20151122_084026

Nah setelah digabungkan kedalam main tank saya, gak lama kemudian si nemo bermain main di anemon, dan menganggap si anemon ini menjadi alas tidurnya.

tidur dengan selimut anemon

tidur dengan selimut anemon

Lucu bukan? Interaksi anemon dan clownfish memang sudah menjadi cerita tersendiri. Kadang si anemon pun dibagi makanan oleh clownfish, dan juga clownfish membersihkan sisa sisa makanan yang tidak dimakan oleh anemon. Yang awet ya hubungan kalian berdua 😀 sekian dulu nanti lanjut lagi yo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s