Tentang Bintang Laut di Aquarium

Siang ini saya lagi iseng, ingin membicarakan tentang Starfish alias bintang laut yang mengisi aquarium laut saya. Maklum aja, keberadaan bintang laut ini, memang bukan menjadi pemeran utama dalam aquarium, tapi pemeran figuran yang muncul nya itu ya kadang diacuhkan, gapapa dong sekali sekali dibahas.

cling bersih

Bintang Laut Merah

Fromia milleporella ( Bintang Laut Merah)

Nah keberadaan bintang laut merah ini sebenarnya adalah salah satu bintang laut yang bertahan paling lama sejak aquarium air laut saya dirikan di rumah. Awalnya saya beli dua ekor, namun yang bertahan hanya satu. Tampaknya kena penyakit, sehingga terbelah.

Bintang laut merah ini makanannya micro algae dan deitrus yang ada pada aquarium. Walaupun demikian karena badannya kecil, kemampuan makannya tidak brutal, maksudnya ya ga semerta merta ada dia trus aquarium kita jadi bersih gitu. Kerjaannya jalan jalan sampai nempel nempel kaca. Harga pasarannya sih 10rban untuk bintang laut merah ini.

Fromia monilis (Bintang Laut Marble)

Nah kalau bintang laut yang ini warnanya lebih cantik dibandingkan dengan bintang laut merah

suka dibilang juga sebagai bintang laut batik. Jadi dibadannya ada coraknya seperti itu. Sifatnya sih 11-12 dengan bintang laut merah.

IMG_20160111_214100_HDR

bintang laut marble

Untuk harga sih lebih mahal daripada bintang laut merah, sekitar 20rban, mungkin karena coraknya yang menarik, dan tentu saja bintang laut jenis ini jarang jarang adanya dipasaran alias musiman.

Astropecten polycanthus (Bintang Laut Pasir)

Nah satu lagi bintang laut yang tinggal di aquarium saya adalah bintang laut pasir. Warnanya putih dan tidak semenarik bintang laut lainnya

Bintang laut ini lincah bergerak ngacak ngacak pasir. Makanannya detritus, alias kotoran dari hewan hewan lainnya, dan juga sisa sisa makanan

bintang laut pasir

bintang laut pasir

Bintang laut ini agak susah nempel dikaca dan karang, tapi ya bisa sih, mungkin karena desain badannya yang memang di desain untuk bergerak di pasir. Karena itulah saat naik ke kaca suka jatuh kalau sudah mulai tinggi. 😛

Overall bintang laut cukup menarik untuk menghias aquarium laut. Selain itu bisa juga jadi cleaner crew untuk membersihkan sisa sisa makanan dan kotoran yang ada.

Advertisements

2 thoughts on “Tentang Bintang Laut di Aquarium

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s