DIY: Upgrade Lampu Aquarium LED HPL – Part 1

Dasar emang ya, kalau sudah keracunan aquarium air laut memang gak bisa setengah setengah. Kalo setengah setengah kasian biotanya. Untuk aquarium air laut, secara teori kebutuhan akan pencahayaannya rata rata bersifat medium to high untuk banyak coral dan invertebrata. Kalau aquariumnya hanya ikan (fish only) sih gak perlu pencahayaan yang over.

Sembari googling sana sini, mencoba sana sini akhirnya saya menemukan beberapa opsi untuk pencahayaan lampu air laut untuk memelihara anemon dan beberapa coral.

lampu T5 HO

lampu T5 HO

Actinic light – T5HO

Simple, plug & play, tinggal beli lalu pasang. dengan kelemahan turunnya kemampuan bohlam T5 dalam kurun waktu 5 -6 bulan. Harga relatif mulai dari 500rban, untuk bohlamnya 120rban smp 150rban. Watt konsumsi cukup besar per bohlam, range 24-56watt tergantung panjang dan ukuran. Cuma memang simple, tinggal beli, dan pakai saja.

High Power Led - Wikipedia

High Power Led – Wikipedia

HPL (High Power Led) light.

Nah kalau HPL ini, memang digadang gadang menjadi alternatif pencahayaan aquarium saat ini, selainn karena lifetime nya yang relatif lama, namun juga bisa dicustom alias bisa bikin sendiri tanpa harus membeli merk yang sudah jadi. Karena kalau yang merk sudah jadi sih mahal banget, bisa jutaaan.

Apa aja sih yang dibutuhin buat DIY HPL Light Aquarium?

  • LED HPL
Led HPL

Led HPL

Untuk pemilihan LED nya, saat ini ada dua pilihan tipe, 1 Watt atau 3 Watt. Saran saya sih watt yang lebih besar lebih baik, karena logikanya pasti yang wattnya lebih besar lebih terang. Bagaimana pilihan warna yang musti dipilih? Untuk project ini saya memakai tiga macam tipe warna

– 15000K – 20000K –> Cold White 10 buah

– 455nm –> Grow Coral Blue 8 buah

– 420nm –> Indigo 2 buah

total 20 buah led dengan kisaran harga 8rban per buah.

  • Star Base
starbased led

starbased led

Nah untuk Led HPL ini kita bisa membeli star base untuk Led HPL sebagai tempat led itu bertengger saat disolder. Selain itu star base ini juga sebagai heatsink awal untuk led sebelum diletakan ke heatsink. Harganya cukup murah 600an rupiah per piece.

  • Lens

Lens_Clear_w_holder_05-600x600 Lens_Clear_w_holder_04-600x600

Fungsinya sebagai pengatur sorotan lampu led yang akan dirakit nanti, kalau saya saat ini membeli untuk ukuran  45 derajat. Harganya kisaran 2rban per pcs

  • HeatSink
heatsink almu

heatsink almu

Kalau yang ini wajib dibeli, untuk media pelepasan panas led nantinya, untuk ukurannya disesuaikan ya. saya memakai ukuran panjang 30cm untuk 10 Led

  • LED Driver
led driver

led driver

Nah led driver ini fungsinya untuk sumber listrik buat lampu led yang akan kita gunakan. Sarannya sih sesuaikan dengan jumlah lampu & jumlah mA yang dibutuhkan oleh lampu led tsb. Untuk 3watt membutuhkan 750mA per piece nya dengan jumlah voltase yang dibutuhkan kisaran 3.7volt.

  • ThermalPaste –>agar penyaluran panas antara starbase dan heat sink lebih baik
  • Kabel kabel –> pilih kabel yang bagus dan sesuai watt
  • Solder & timah –> standard tools elektro
  • Lem Alteco –> untuk merekatkan starbase dan heatsink

Okelah kita siapkan dulu alat alat dan bahan bahannya untuk memudahkan ya. Untuk ulasan perakitannya akan dibahas kemudian hari 😀

 

Advertisements

3 thoughts on “DIY: Upgrade Lampu Aquarium LED HPL – Part 1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s