DIY: Upgrade Lampu Aquarium LED HPL – Part 2

Oke pemirsa, kita lanjut lagi bahas tentang upgrade lampu aquarium dengan LED HPL, special untuk marine aquarium. Setelah bahan bahan tadi dikumpulkan. Selanjutnya tinggal urusan solder menyolder serta rakit merakit.

pertama kita solder dulu mata LED HPL dengan star base heatsinknya

solder sesuai + - nya

solder sesuai + – nya

jangan sampai kebalik kutub positif dan negatifnya, untuk kutub negatif kakinya lebih menonjol, seperti pada gambar.

negatif positif

negatif positif

Setelah semua di solder, selanjutnya Led berserta Starbase nya kita tempelkan pada heatsink. Untuk memperlancar aliran panas dari starbase ke heatsink, sebelumnya di tengah tengah starbase nya kita berikan thermopaste dulu ya.

thermopaste dioles di tengah

thermopaste dioles di tengah

Lalu tinggal ditempel deh di heatsink menggunakan lem alteco atau lem korea. Untuk memudahkan, ada baiknya warna biru dan warna putih dijadikan 2 rangkaian berbeda. Tujuannya agar lampu bisa jadi 3 kombinasi warna, biru saja, putih saja atau biru putih. Selanjutnya tinggal disambung sambungkan secara seri ataupun parallel untuk rangkaian lampunya. Hal ini harus disesuaikan ya dengan adapter yang digunakan.

Kebetulan saya menggunakan adapter 30w, dengan v max 35 dan amper 750mAh. Jadi mau gak mau dalam satu rangkaian berisikan 10 led HPL secara seri, karena satu lampu LED HPL 3watt membutuhkan 3,7volt dan amper 750mAh, jadi cocok lah kalo 10 buah diserikan. Untuk yang pakai voltase 12volt harus disesuaikan ya.

hasil rangkaian + lensa

hasil rangkaian + lensa

Nah kira kira begini hasil rangkai merangkainya. Oh ya untuk pemasangan lensanya tinggal ditempel saja menggunakan lem alteco ya. Pokoknya make sure dulu lampunya nyala semua, baru deh tempelin lensanya.

hasil nyala

hasil nyala

Kalau sudah terpasang tinggal colok aja deh. Oh ya untuk konfigurasi led HPL 3wattx20 suhu lampunya agak panas ya, disarankan ditambahkan lagi kipas blower diatas heatsink+ jangan terlalu dekat dengan permukaan air supaya suhu airnya gak panas. Oke demikian hasil prakarya satu ini…selamat mencoba

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s