Tentang Sea Anemone

Selamat malam. Jujur saja, saat memulai hobby marine aquarium, saya memang tertarik dengan binatang bertentakel terutama sea anemone. Makhluk laut yang satu ini memang cantik, dan agak sulit memeliharanya. Namun gak ada salahnya sih mencoba merawat binatang satu ini. Untuk jenis jenis sea anemone yang beredaran di pasar lokal umumnya ada beberapa jenis. Diantaranya adalah sebagai berikut

1. Anemone Karpet

Anemone Karpet Tan

Anemone Karpet Tan

Anemone karpet ini merupakan anemon pertama yang saya miliki. Warnanya tan, alias coklat. ciri khasnya memiliki tentakel kecil kecil yang menari nari. Makanan kesukaannya adalah potongan udang kupas dan daging bangkai ikan laut. Perawatannya harus telaten, karena memang pada akhirnya anemon karpet saya ini hanya bertahan hingga 4 bulan. Hal ini dikarenakan kualitas air yang menurun, ditandai dengan menciutnya anemon karpet ini. Kalau anemon karpet kamu mulai menciut, sudah tandanya untuk ganti air laut ya.

2. Anemone Karpet Haddon

Gold Haddon Carpet Anemone

Gold Haddon Carpet Anemone

Anemon karpet Haddon, tidak berbeda jauh dengan karpet anemone biasa. Namun memang variasi warnanya cukup amazing. Kebetulan saya punya warnanya kuning gold ke orange orangean. Ciri khas anemone haddon ini adalah pedal disc (kaki) yang lebar dan tinggi badan yang ceper

3. Bubble Tip Anemon

Bubble Tip Anemone

Bubble Tip Anemone

Anemone Bubble Tip ciri khasnya memiliki tentakel yang besar. Warna tentakelnya cenderung transparan, bisa berwarna hijau atau biasa disebut anemon jagung, juga ada yang berwarna merah yang biasa disebut anemon genteng. Tentakelnya dapat membola sehingga cantik sekali. Anemone Bubble tip ini umumnya juga bisa diberi makan dengan udang kupas, namun makannya lebih lahap apabila dikasih cumi cumi. Untuk perawatannya termasuk mudah, cukup diberikan makananan 2-3 hari sekali. Yang perlu diperhatikan, anemone bubble tip agak hiperaktif, karena suka jalan jalan (dibanding dengan anemone lainnya) hingga menemukan tempat dan arus yang cocok. Oleh sebab itu jauhkan dari pompa aquarium agar tidak tersedot

4. Anemone Pasir

Anemone Pasir Tip Ungu

Anemone Pasir Tip Ungu

Anemon pasir tip ungu ini berwarna kuning, dengan dot ungu di setiap tentakelnya. Berbeda dengan anemone bubble tip, tentakel anemon pasir tidak transparant. Warnanya kurang begitu menarik, walaupun saat ditembak lampu biru warna fluorescence nya sih agak kehijauan. Namun anemone yang satu ini memang anemon yang kalem. Ciri khasnya anemone pasir suka hinggap di bagian bawah aquarium, terutama jika berpasir. Mungkin inilah makanya disebut anemone pasir ya. Untuk perawatannya kurang lebih sama dengan anemone bubble tip.

5. Pizza Anemone / Anemone Lengket

Pizza Anemone

pizza anemone

pizza anemone

Pizza anemone sering kali salah diidentifikasi oleh pedagang dengan nama anemone karpet hijau. Padahal sebenernya memang beda jauh sekali antara anemone karpet dan anemone pizza. Anemon pizza memiliki tentakel super kecil dan mini, sehingga menyerupai rabut ijuk yang dipotong pendek. Warnanya cenderung hijau cerah. Kelakuannya agresif seperti anemone bubble tip. Memang sih untuk anemone ini musiman penjualannya. Jadi kadang ada kadang ngga. Dan perawatannya agak cenderung sulit, karena terkadang susah makan. Jadi kalau bisa pelihara anemone pizza ini sih beruntung banget, karena paling lama di akuarium saya bertahan hanya sekitar 1 bulan. Warnanya yang cantik itu sih selalu bikin penasaran memang 😛

6 Tube Anemone Cerianthus

ceriantus & anemone pasir

ceriantus & anemone pasir

Cerianthus merupakan keluarga dari anemone juga. Nama kerennya sih tube anemone. Memiliki tentakel tentakel panjang yang sangat aktif dalam menangkap makanan kecil kecil. Warnanya beraneka ragam, ada yang pink, biru, hijau. Kebetulan yang saya punya warna pink. Cerianthus ini juga sangat musiman dijualnya. Kadang ga ada stok. Terkenal suka berpindah pindah dengan cara menggali pasir. Tidak seperti anemone yang lainnya, tube anemone cerianthus ini memiliki badan seperti pipa. Cerianthus terkenal kuat dalam menghadapi berbagai kondisi parameter air. Sekian dulu ya

 

Advertisements

2 thoughts on “Tentang Sea Anemone

  1. KAGEBE BATAM says:

    Bro anemon tube saya kaya kotor sma sponge gt baru beli, di sobek aja gmn yah biar bersihin.tp saya gk tau structure dr hewan ini

    • Har_leys says:

      wuih penasaran ane, fotoin dong om kirim via japri.. setau ane kalo anemon tube memang kulitnya bisa disobek/potong sih, tapi harus pastiin dulu anemonnya meluncur ke tube yang paling ujung ya biar gak kepotong juga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s