Pasang Charger HP di Mio M3

Selamat pagi, selamat beraktifitas. Kebetulan hari Sabtu lalu, load kerjaan saya tidak terlalu banyak, minim aktifitas juga sehari hari, sehingga saya memutuskan untuk meyibukan diri 😀 . Ada beberapa part belanjaan saya tahun lalu rupanya belum pernah saya utak utik. Ya kita sebut saja charger handphone model USB yang katanya waterproof ini.

charger handphone 40-50rb an

charger handphone 40-50rb an

Dulu saya membelinya kisaran harga 40rb-50rban deh kalau tidak salah. Diaplikasi dimana ya? Di kendaraan tempur aja ah, si Mio M3 item. Yuk mari bongkar.

si mio mau dibongkar

si mio mau dibongkar

Pembokaran dilakukan disektor lampu depan, dengan asumsi bahwa sumber kelistrikan diambil dari kabel lampu kecil. Peletakan charger handphone ini akan diletakan di dek sebelah kanan.

rencana peletakan charger handphone

rencana peletakan charger handphone

Setelah dibongkar bagian lampu depannya, kita hanya perlu ngurut kabel aja sih. Untuk kabel positif (merah) akan disambungkan dengan kabel lampu kecil (warna biru) di soket lampu depan.

sambungkan dengan kabel biru lampu depan

sambungkan dengan kabel biru lampu depan

Jangan lupa untuk membuat sambungan yang solid dan tidak mudah copot ya. Setelah itu tutup kembali sambungan  dengan solatip kabel. Yang rapih ya biar gak gampang kemasukan air. Untuk kabel negatif (hitam) tinggal disambungkan ke body motor saja. Kali ini saya taro di baut pengikat body.

kabel negatif di baut

kabel negatif di baut

Pastikan untuk pengencangan bautnya tidak kendor. Hal ini agar tidak gampang copot sih. Nextnya tinggal ditest apakah nyala dan berfungsi dengan baik?

kalau nyala dia kedip

kalau nyala dia kedip

yo wes tinggal ditempelkan saja dengan double tape bawaannya biar paten nempelnya. Sekarang kalau saya kehabisan baterai saat berkendara, saya bisa melakukan charging di jalan. Tentunya perlu membawa kabel USB dan tinggal disambungkan saja ke charger tersebut. Lumayan kalau lembur tapi lupa charge handphone 😀

Leave a Reply

