Tambah Akselerasi Mio M3 Part 3

Halo, selamat hari minggu. Kebetulan saya mau update sedikit informasi kembali mengenai yamaha Mio M3. Memang Yamaha Mio M3 ini termasuk kelas motor automatic yang paling murah diantara semua genre Blue Core automatic engine. Untuk kelas mesin yang sama, yang mesinnya beda beda tipis satu sama lain, sebenarnya ada beberapa jenis motor lain yang dikeluarkan Yamaha, yaitu All New Soul GT 125, Fino 125, dan Filano 125

Fino 125 Blue Core

Fino 125 Blue Core

All New Soul GT 125 Blue Core

All New Soul GT 125 Blue Core

Grand Filano 125 Blue Core

Grand Filano 125 Blue Core

Untuk mesin ketiganya benar benar mirip 11-12, jadi logikanya partnya bisa tuker tukeran kan?

engine blue core Filano

engine blue core Filano

Jadi tinggal cari pembedanya saja. Jika Mio M3 dibandingkan dengan All New Soul GT 125, memang terasa tarikan untuk All New Soul GT 125 masih lebih baik. Hal ini mungkin karena velg yang dipasang disana lebih lebar. Mungkin kalau per CVT nya dicoba di Mio M3 kondisinya lebih baik lagi ya.

Mio M3, Xeon, Vario CLD

Mio M3, Xeon, Vario CLD

Oke, sebelumnya saya sudah mencoba untuk per cvt Vario merk CLD, dan juga original yamaha Xeon karbu (23rb). Jika diperhatikan karakter per cvt nya memang lebih panjang dibanding bawaan mio M3. Akselerasi lebih cepat? tentunya. Namun kendala muncul di RPM tinggi mesin agak bergetar di bagian cvt, dan juga bensin jadi agak boros. Mungkin ini karena efek tinggi per cvt yang lebih tinggi dibandin standard punya Mio M3

All New Soul GT 125, Mio M3

All New Soul GT 125, Mio M3

Akhirnya saya coba beli per all new Soul GT 125 seharga 27rb. Jika dibandingkan dengan harga per cvt mio M3 jauh lebih murah lho, mio M3 punya 46rb. Dan agaknya per all new soul GT 125 lebih keras dibanding Mio M3. Tidak terlalu keras memang, tapi lebih keras. Jangan lupa dipadukan dengan roller punya xeon, biar sama 10gram sesuai konfigurasi All New Soul GT 125 yang memakai roller 10 gram. All hasil untuk RPM tinggi getaran cukup minim sih, tapi nanti updatenya saya akan informasikan lagi. Sekian

17 thoughts on “Tambah Akselerasi Mio M3 Part 3

  1. Endra says:

    Ditunggu kang review selanjutnya untuk penggantian per cvt dan roller xeon untuk mio m3 nya. Saya juga pengguna mio m3.. Salam kenal..

  2. idex says:

    Mana ni gan update nya, jadi penasaran soalnya ane pengguna mio m3 juga, kali aj motor ane jadi tambah maknyos hehehe..

  3. dat1200ute says:

    Mo sharing ANSGT 2015 paska ganti per CVT Xeon karbu 2010.
    Utk kondisi CVT msh full std dg rute jarak menengah yg minim stop n go n “econo drive style” konsumsi bbm 1:50an full to full isinya. utk kondisi jarak pendek dg stop n go yg gak terlalu parah 1:48
    setelah ganti per CVT Xeon karbu 2010 (roller msh std 10 gr), impresinya lumayan:
    1. mulai di kec 30 kpj terasa muncul getaran yg sblm nya baru terasa getaran di kec 45 an.
    2. akselari saat dibetot mampus, hmm… maknyus… (main feeling gan, gapake diitung waktu nya)
    3. ada penurunan konsumsi bbm jadi 1:45an utk rute jarak menengah minim stop n go n econo drive style. utk rute jarak pendek dg stop n go yg gak terlalu parah 1:41an.
    Proyek yg akan dijalankan dlm wkt dkt, mo ganti roller 12 gr. semoga impresinya gak terlalu mengecewakan dlm hal akselari n konsumsi bbm.

  4. Haidir says:

    Gan saya kan mau ganti yg racing tapi cari punya mio m3 susah, jadi saya pake punya apa kampas gandanya dan perkampas gandanya gan dan v-beltnya , vario mio beat gan

    • luthfikm says:

      kalo ane pake roller custom tadinya 8 gram cuma di peringan kira kira jadi 7,5 3 dan 7 gram (tapi ane gak nganjurin gan urkuran roller segini buat mesin ori soalnya punya ane udah jadi 150cc) 3, per kampas ganda udah nyoba pake tdr 2000rpm milik xeon carbu cuma jadi malah rusak kampasnya, kalo pake 1000rpm kayaknya bagus, cuma ane pake punya beat ori sekarang dan per cvt pake vario cld 1500rpm.

  5. Hendra says:

    Ane ANSGT 125 bluecore, harian slalu bawa beban berat -+200kg. Mohon pencerahan agar tenaga bisa lebih untuk bawa beban berat n akselerasi bs meningkat bagaimana konvigurasi cvtnya antara roller, per n vanbelt, trimakasih atas bantuanya

Leave a Reply

