Mengatasi Masalah Handling Kawasaki ER6n

Jujur saja, dari awal beli motor Kawasaki ER6n hijau saya, si Kamakiri, memang saya agak cukup merasa handling motor ini agak aneh. Sukar dikendalikan dan agak melawan setangnya. Namun saya acuhkan saja, mungkin memang karakternya seperti itu kali ya, pikir saya. Namun setelah 2 tahun lebih saya memiliki motor ini, makin lama karakter mengemudi yang melawan ini cukup mengganggu bagi saya. Alhasil dari diskusi dengan sesama teman berkendara, dapat disimpulkan memang masalah utama handling dari Kawasaki ER6n yang diobral pada tahun 2014 an itu adalah ban depan yang sebenarnya tidak mumpuni.

bongkar sendiri modal standar paddock

bongkar sendiri modal standar paddock

Jadi untuk mengatasi hal ini, yang pertama dapat dicoba adalah mengganti ban depan. Kebetulan memang baru beli paddock depan, alhasil coba coba sendiri deh untuk mencopot velgnya. Kunci yang diperlukan dibilang cukup umum, namun ada beberapa kunci tambahan yang harus dibeli lagi tentunya

copot baut L di shock sebelah kanan

copot baut L di shock sebelah kanan

langkah pertama sebelum di standar paddock, kita harus mencopot baut dengan kunci L yang sesuai untuk mengendorkan kuncian as roda.

copot as roda dengan kunci khusus

copot as roda dengan kunci khusus

Untuk as roda kita harus beli lagi kunci L dengan mata sebesar baut 14, dalam kasus saya kebetulan modelnya kunci shock 14 dengan mata kunci seukuran kepala baut 14 namun solid. Dulu saya beli seharga 35rb an di bukalapak.com sih

kaliper wajib dilepas

kaliper wajib dilepas

Selanjutnya kita harus copot kaliper dengan kunci baut 12, baru deh as roda dan roda dapat dicopot dengan mudah tanpa kendala. Selanjutnya velg nya tinggal dibawa ke tukang ban untuk diganti. Kebetulan ban pilihan saya kali ini adalah bridgestone S21 dari rekomendasi teman saya Ferdata. Sebenarnya kalau mau yang lebih terjangkau bisa juga pakai ban lokal sih yg compound nya soft kali ya.

ban ready

ban ready

Untuk profile ban Bridgestone S21 ini lebih tirus dibanding ban bawaannya Dunlop Sportmax yang agak melebar. Okay tinggal kita pasang lagi ke motornya dengan langkah yang sama seperti tadi.

pasang lagi as nya

pasang lagi as nya

Jangan lupa pemasangannya dengan pengencangan baut yang pas ya

pasang lagi kalipernya

pasang lagi kalipernya

ban baru terpasang mantab

ban baru terpasang mantab

Oke setelah dipasang, tinggal dites dijalan untuk handlingnya makin lincah atau tidak. Hasil nya tentunya berbeda beda tergantung dari ban yang dipilih ya. Jika setelah ganti ban masih handling tidak enak, mungkin harus dicek untuk laher rodanya bisa jadi sudah aus. Sekian dulu

Leave a Reply

