DIY: Update Filter Er6n pakai Ferrox Air Filter

Sudah lama rasanya males untuk nge-upgrade motor Er6n yang saya miliki. Bawaan uda punya anak kali ya. Tapi apa daya punya rejeki lebih, akhirnya bulan ini kesampaian untuk membeli filter udara untuk si Kamakiri, nama motor Er6n yang saya miliki, dengan merek Ferrox. Ferrox lagi om? bukannya kurang nyaring dan terlalu plong? ya stoknya adanya yang itu sih, gapapa lah. (stok duitnya maksudnya)

Filter udara Ferrox untuk er6n

Dalam paket pembelian, isinya hanya filter yang pake bahan stainless itu, dan sticker stickeran hahaha.

paket pembelian

Yuk dah pasang yuk. Caranya sih mudah, tinggal copot tangki aja. Tapi boleh lah saya share caranya biar yang baca gak bingung bingung amat.

pertama tama copot jok dulu

Pertama tama ya wajib untuk copot jok terlebih dahulu. Pakai kunci untuk buka jok belakang, lalu jok depan diangkat juga biar kelihatan seperti digambar. Ada 1 baut ukuran 10 di pangkal tangki, dan selang hawa 2 biji. Nanti kita wajib lepaskan itu. Tapi jangan lupa, di bagian dekat kunci kontak juga ada 2 baut pengikat, jadi kita harus lepaskan penutup tangki depan yang warnanya hitam hitam itu, dengan cara copot cover kunci (didorong keatas dan ditarik aja) dan dua baut di samping kiri kanan dekat komstir.

copot cover tangki

Setelah baut di cover dilepaskan, lalu dorong kedepan cover tangki sambil ditarik ke atas. Sistem pemasangan cover tangki ini menggunakan velcrow, di kiri kanan, dan juga ada pin dibagian tengah dan disekitar lubang kunci. Kalau sudah copot cover tangkinya, tampilan tangki jadi seperti di atas. Lanjut ya..baut baut tadi (2 di dekat lubang kunci, dan 1 di pangkal tangki) dicopot ya

jangan lupa pin selang bensin dicopot

Jangan lupa untuk melepas selang bensin, dengan cara pin selang bensin yang seperti digambar warna merah, dicungkil dengan obeng minus, sehingga melonggar seperti diatas. Selain itu cable fuel pump juga dicopot ya. Posisi cable fuel pump ada diatas soket yang warna putih itu lho.

tangki terangkat, lalu copot cover box air filter

Sesudah itu ya tinggal angkat saja tangkinya, dilepaskan dari motor. Beres kan. Di bawah tangki motor terdapat box air filter, dan juga ada modul injeksinya si Er6n. Untuk baut baut berjumlah 8 buah di sisi sisi box air filter wajib dicopot, sambil diatur untuk kabel kabelnya, soalnya kita mau angkat tutup box air filter itu. Jangan dibetot betot kabelnya ya, lepaskan dengan perlahan.

tutup box air filter sudah terlepas

Nah…gambar di atas itu adalah penampakan kalau tutup box air filter sudah terlepas. Tinggal dicopot aja filter udaranya, jangan lupa kalau air filter itu diikat juga dengan baut ya. Copot dulu bautnya baru copot air filternya.

per bandingan air filter standard dengan ferrox

Bedanya dimana antara air filter standar dan ferrox? Bahannya beda, kalau standard itu pakai kertas, kalau ferrox stainless stell. Kalau standard punya juga tulangnya dari plastik, sedangkan ferrox pakai karet latex. Selain itu ferrox punya lebih tipis dibanding yang standard. Ragu akan menyaring dengan baik? Boleh disemprotkan WD-40 di bagian stainless stellnya biar lebih nempel kotoran yang mau lewat.

ferrox filter terpasang

sudah deh tinggal direplace saja filter lama dengan filter ferrox ini. Oh ya karena sisi sisinya karet, harus dipastikan nge-plak banget ya biar gak bocor. Sisanya tinggal dipasang kembali dengan mengulangi cara bongkarnya namun urutannya dibalik ๐Ÿ˜€

Efeknya gimana om?

Jujur sih, setelah pakai PCV n pake mapping punya Leovince yang ada di webnya Power Commander, asep knalpot agak bau bensin, tanda kurang supply udara. Setelah pakai Filter ferrox ini asep knalpot jadi lebih gak berbau bensin. So far tarikan memang jadi lebih joss sih, tapi itu juga gak terlepas abis ganti filter udara, ban belakang juga diganti sama battlax xixixix

sekian ๐Ÿ˜€

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s