Helm TDR Explorer vs Airoh J105

Selamat malam sobat. Malam ini iseng iseng saya ingin membahas tentang helm TDR Explorer dibandiangkan dengan Airoh J105. Mumpung lagi bersihin helm nya untuk mempersiapkan besok kerja kantor. Sebagai perkenalan helm TDR ini merupakan satu genre dengan helm Airoh J105, yaitu helm modular. Modular artinya helm terbagi dalam beberapa modul yang bisa dicopot pasang. Helm seperti ini tidak terlalu populer, namun biasanya merk merk terkenal punya yang model seperti ini, misal Nolan N44, INK MF1, dll dll.

TDR Explorer vs Airoh J105 tampilan depan

Harga helm ini tidak terlalu mahal mahal banget, dulu saya beli di kisaran harga 700rb-an. Sekilas sebelas dua belas kan modelnya? Memang jika diperhatikan untuk ukuran helm TDR Explorer lebih besar. Selain itu pada bagian ventilasi atasnya lebih besar dibandingkan dengan Airoh J105

ventilasi atas

Model ventilasi atas pun juga berupa air scoop, efeknya aliran udara ke kepala lebih terasa dibandingkan Airoh J105.

profile kaca TDR Explorer vs Airoh J105

untuk kaca visor, bisa kita lihat Airoh J105 memiliki bidang yang lebih luas. Memang saat memakai Airoh J105 ini pandangan tidak terasa seperti orang memakai helm, untuk TDR Explorer pandangan masih cukup luas dan tidak mengecewakan.

perbandingan TDR Explorer vs Airoh J105 dari sisi samping

Jika dilihat dengan seksama dari sisi samping, TDR Explorer lebih mirip dengan Nolan N44, modelnya sepeti semi helm cross endurance, sedangkan Airoh J105 bentuknya lebih natural. Keduanya tidak memakai flat visor. Dari sini terlihat sisi samping Airoh J105 masih lebih luas dibandingkan TDR Explorer.

penampilan sisi belakang

dari sisi belakang terlihat jelas perbedaannya, Airoh J105 lebih cenderung membulat, sedangkan TDR Explorer seperti helm helm lokal pada umumnya.

interior cukup mirip\

Bagian interior cukup mirip. Di bagian bawah TDR Explorer dan Airoh J105 menggunakan finishing kulit. Helm lock system juga menggunakan microlock. Tapi pada bagian chinguardnya TDR Explorer diberikan tambahan pelindung, agar kotoran gak gampang masuk kedalam helm.

Overall helm TDR Explorer cukup oke untuk pencinta helm modular. Bobot tidak terlalu berat, hanya 1.45kg model mirip mirip Nolan N44. Dengan harga dibawah 1 juta rupiah masih cukup oke untuk dibeli. nb: untuk TDR Explorer saya bagian chinguardnya aslinya warna putih, saya beli sparepartnya lagi warna hitam doff

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s