DIY Cegah Ciprat Berlebih Aerox 155 – part 2

Selamat malam. Kebetulan hari ini sudah liburan Lebaran. Liburnya panjang lho 1 mingguan. Oleh sebab itu boleh lah saya bahas update tentang Yamaha Aerox 155, terutama  bagian cipratan yang cukup berlebih saat melewati genangan air. Untuk ban depan boleh dilihat di artikel berikut part 1. Nah kali ini untuk ban belakang.

spakbor belakang aerox merk nemo

Untuk spakbor belakang, bisa dibeli spakbor belakang tambahan merk Nemo, seharga 140-150rb-an. “Memangnya perlu om?” ya kalau baca baca di forum, cipratan ban bisa kocar kacir ke kiri kanan, sehingga menyebalkan bagi para boncenger. Lagian kalau pake spakbor tambahan kaya gini bisa bikin mesin lebih bersih sih, seharusnya ya.

kelengkapan paket

Di paket pembelian, kita mendapatkan satu spakbor berbahan plastik, 2 buah breket dan juga baut bautnya. Masangnya cukup merepotkan memang. Pertama tama pastikan terlebih dahulu peralatannya ada, yaitu kunci 8 pas – T dan kunci 14.

copot cover radiator

Cover radiator harus dicopot terlebih dahulu. Saya menggunakan kunci T8 untuk mencopot bautnya yang berjumlah 3 buah. Selanjutnya cover karet yang dimesin dicopot dengan menarik pin karetnya hingga terlepas.

target dudukan brecket melengkung

Untuk brecket yang modelnya melengkung, kita akan letakan di baut yang dekat dengan koil. Lokasi nya berada di mesin yang ada di depannya ban belakang. Gunakan kunci pas 8 untuk melepaskan bautnya, lalu brecket  dipasang di lokasi baut tersebut dengan menggunakan baut yang sama seperti gambar di bawah.

bracket melengkung terpasang

Pastikan kabel yang melekat di baut 8 tadi juga ikut terpasang. Next-nya kita akan memasang brecket yang lurus. Nah untuk step ini agak cukup merepotkan karena pertama tama kita harus mencopot baut arm pegangan shockbreaker kanan berserta baut pegangan knalpot.

baut arm kanan dilepas

Gunakan kunci 14 untuk melepas baut baut tersebut. Total ada 4 baut, 1 baut pegangan arm, 3 baut pegangan knalpot. Nanti bracket yang lurus akan diselipkan di baut pegangan arm. Namun karena pegangan arm juga sebagai pegangan knalpot, untuk memudahkan menyelipkannya kita harus copot baut pegangan knalpotnya juga.

lokasi bracket yang lurus

Jika semua bracket sudah terpasang, selanjutnya tinggal di posisikan untuk spakbor plastiknya. Jangan lupa dikencangkan dengan baut yang disediakan dalam paket pembelian.

baut baut terpasang ke brecketnya

Oke selanjutnya tinggal dirapihkan pemasangan cover radiatornya dan selesai sudah.

selesai terpasang

Mudah mudahan mengurangi kotoran dan cipratan saat lewat genangan air dengan baik ya. 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s