Upgrade Pengereman Yamaha Aerox 155

Masih dalam masa liburan, kali ini saya ingin membahas tentang upgrade pengereman yamaha aerox 155. “Kenapa musti diupgrade?” jujur aja matic yamaha yang ini memang agak payah pengereman ban depannya, sama seperti mio m3 saya yang lama. Mau gak mau harus diakalin nih dengan cara lama, yaitu ganti disk brake yang gedean.

Disk Bracke Aerox by PSM

Jujur memang belum banyak pilihan untuk Aerox 155 untuk disk brake lebarnya. Saat ini baru tipe PSM ini lah yang menstate bahwa produk mereka PnP ke Aerox 155. Maklum, kalau bracket kalipernya gak sesuai males utak utiknya. Di dalam packet pembelian tersedia cakram, brecket kaliper, dan 2 baut dan mur. Disk brake PSM rata rata sudah floating pula, boleh lah kita pasang.

Aerox didongkrak dulu

Pertama tama kita copot ban depan, pakai kunci 17. Jangan lupa didongkrak biar gak jatuh. Selanjutnya tinggal dicopot saja cakram depannya. Btw baut cakram umumnya dilengkapi oleh lem, antara warna merah atau warna biru. Lem ini menyebabkan baut cakram agak sulit untuk dibuka. Untuk memudahkan melepasnya, ada baiknya baut dipanaskan terlebih dahulu dengan torch, biar lemnya kaleman dikit. Terutama jika lem yang digunakan warna merah, pakai tenaga herkules pun susah kebukanya.

dipanasin dulu biar gampang copotnya

Ternyata lemnya warna biru yang dipakai di yamaha aerox 155 ini, lebih mudah pastinya.

cakram terlepas

Jika dibandingkan, cakram PSM ini lebarnya 2 cm lebih lebar dibanding yang standard.

perbandingan cakram standar dan psm

gak terlalu lebar lebar banget, tapi lebih oke sih seharusnya. Setelah itu lanjut dipasang kembali cakram yang baru ke ban nya.

cakram terpasang

Dan jangan lupa bautnya dikencangkan yang kencang ya biar gak mudah copot. Next tinggal lepas kaliper untuk pemasangan brecket menggunakan kunci bintang.

kaliper dilepas

Oh ya baut standarnya tidak bisa digunakan karena terlalu pendek. Jadi saya beli baut lagi yang sama seperti dipaket penjualan disk PSM nya beserta mur 14 biasa yang beli di tukang bangunan. Trus tinggal dirakit seperti gambar di bawah.

brecket terpasang

Untuk pemasangannya jangan lupa untuk mengendorkan pegangan selang rem karena untuk posisi seperti ini selang rem agak ketarik kebawah. Sekian đŸ˜€

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s